Menghitung Pace Lari - FI

Doran GadgetCara menghitung pace lari penting untuk diketahui bagi para atlet maupun pecinta olahraga ini. Walaupun terlihat sederhana, dengan menghitung kecepatan rata-rata setidaknya membantu Anda untuk lebih baik dalam melakukan latihan. Apa saja yang mempengaruhi dan caranya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Mengapa Penting Mengetahui Besaran Pace Lari?

sc: Pexels

Menghitung pace lari tidak hanya melihat seberapa cepat Anda berlari dalam waktu tertentu. Lebih dari itu, ada berbagai manfaat penting mengetahui kecepatan lari rata-rata ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu melihat sejauh mana latihan Anda telah berkembang dari waktu ke waktu. Dengan membandingkan pace lari pada berbagai sesi latihan atau perlombaan, Anda dapat mengevaluasi apakah kecepatan meningkat atau tidak.
  • Merencanakan latihan lebih baik sesuai dengan intensitas dan tujuan. Misalnya, jika berusaha meningkatkan kecepatan, Anda dapat melibatkan latihan interval dengan pace yang lebih cepat.
  • Mengetahui pace membantu Anda mengelola energi dan daya tahan selama lari. Anda dapat mengatur kecepatan Anda agar tetap konsisten dan mencegah kelelahan yang berlebihan. Sehingga, membantu istirahat lebih baik dan pemulihan lebih cepat.
  • Pace yang terlalu tinggi dapat menyebabkan cedera karena stres yang berlebihan pada tubuh. Dengan memahami pace yang sesuai, Anda dapat mencegah cedera yang disebabkan oleh pelatihan yang terlalu intens.

Baca juga: Apa Itu Pace Lari dan Manfaatnya? Ini Penjelasannya!

Faktor yang Berpengaruh pada Pace Lari

Event Lomba Lari Maraton Indonesia
sc: Canva

Untuk mengetahui cara menghitung pace lari yang tepat, ada baiknya pula Anda memperhatikan pula hal-hal atau faktor penting apa saja yang bisa mempengaruhi nilai pace yang didapat. Baik itu dari segi pelari itu sendiri hingga peralatan pendukung yang digunakan di antaranya:

  • Kemampuan fisik pelari, seperti kekuatan otot kaki dan kemampuan jantung serta paru-paru dalam menyuplai oksigen ke otot selama aktivitas.
  • Teknik yang digunakan. Misalnya saja postur tubuh dan gerakan, frekuensi langkah panjang atau pendek, dan lainnya.
  • Interval dan kecepatan dalam lari, di sini kecepatan memang berbeda-beda tergantung jenisnya. Baik untuk lari jarak pendek (spirnt), menengah, hingga jarak jauh (marathon).
  • Cuaca dan suhu serta tingkat kelembapan area saat lari juga berpengaruh terhadap kecepatan lari rata-rata seseorang. Begitu pun dengan elevasi atau tingkat kemiringan medan lari.
  • Sepatu dan pakaian yang nyaman membantu lari lebih baik. Sehingga pelari tidak mudah berkeringat, lelah, dan tidak nyaman.
  • Nutrisi yang mencukupi diperlukan untuk memberikan energi selama latihan. Termasuk menjaga cairan tubuh terpenuhi dan tidak dehidrasi.
  • Faktor usia dan jenis kelamin. Biasanya, pria memiliki kecepatan lari yang lebih tinggi dibandingkan wanita dalam kategori yang sama.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

Cara Menghitung Pace Lari

sc: Pexels

Cara menghitung pace lari sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui waktu yang dicapai dan jarak yang ditempuh. Dengan begitu, rumusnya adalah:

Kecepatan = Waktu : Jarak

Perlu diketahui, untuk kecepatan lari jenis marathon biasanya dihitung dalam satuan detik. Jadi, untuk mengubah waktu ini, Anda dapat mengalikan angka desimal waktu dengan angka 60. Contohnya adalah 0.5 menit x 60 detik = 30 detik. Tingkat pace lari ini berbeda-beda tergantung pada intensitasnya seperti:

  • Intensitas Ringan: Kecepatan kurang dari 3 mph; pace lebih dari 20 menit per mil
  • Intensitas Sedang: Kecepatan antara 3 dan 4 mph; pace antara 16 dan 20 menit per mil
  • Intensitas Menengah: Kecepatan 4 hingga 5 mph; pace antara 12 dan 15 menit per mil
  • Intensitas Tinggi: Kecepatan lebih dari 5 mph; pace lebih dari 12 menit per mil

Baca juga: Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Lari yang Harus Dihindari!

Smartwatch Terbaik untuk Hitung Pace Lari

sc: Garmin

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghitung pace lari? Kini saatnya Anda mencoba sendiri untuk mengetahui performa dalam lari. Terutama untuk lari jarak jauh atau marathon. Agar lebih mudah saat menghitung pace lari, Anda bisa menggunakan perangkat pendukung tambahan seperti smartwatch.

Salah satunya adalah seri Garmin Forerunner yang dirancang khusus untuk membantu lari yang optimal. Anda dapat membelinya di Doran Gadget sebagai authorized partner Garmin di Indonesia. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu juga ada berbagai promo menarik untuk setiap pembelian di waktu tertentu. Baik pembelian secara offline maupun online melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Follow Instagram kami untuk melihat promo yang berlangsung di waktu tertentu. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>