Doran GadgetDrone bekas masih menjadi pilihan sebagian orang untuk menunjang aktivitas mereka. Alasan utamanya adalah harga yang relatif lebih rendah dibanding drone baru. Namun, hal itu bukanlah menjadi jaminan utamanya. Oleh karena itu, agar tak salah pilih Anda simak terlebih dahulu tips membeli drone bekas ini sampai akhir ya, Sobat Doran.

Tips Membeli Drone Bekas

Berikut tujuh tips penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli drone bekas dari berbagai merk terkemuka termasuk DJI. Mulai dari perbandingan harga, penjual, sampai berbagai fiturnya.

1. Bandingkan Harga Drone

drone untuk pemula, dji mini 2, drone dji terbaik

Sebagai langkah awal, Anda bisa membandingkan harganya. Biasanya, drone yang memiliki kualitas terbaik seperti DJI dan Autel harga jual kembalinya cukup tinggi. Apalagi jika memiliki sejumlah fitur unggulan dan kamera dengan kualitas HD yang jernih.

Di sini, bandingkanlah harga drone secara online antara penjual satu dengan lainnya. Begitu pun mengenai kondisi drone, sebab drone dengan kondisi yang kurang akan membuat harganya menjadi lebih rendah. Lalu, jangan terpengaruh dengan harga yang terlalu murah Sobat Doran.

Baca juga: Daftar Harga Drone DJI Terbaru di Tahun 2022

2. Perhatikan Fitur-Fitur Drone

dji phantom, dji phantom 4, dji phantom 4 pro, drone dji 10

Selanjurnya adalah perhatikan fitur drone apakah masih berfungsi dengan baik atau perlu perbaikan. Untuk hal ini, Anda pun perlu melakukan uji coba fitur drone. Apabila berbagai fitur berfungsi dengan baik, maka layak untuk Anda pilih. Contohnya saja untuk drone DJI, beberapa hal yang perlu dicek mengenai fitur ini adalah:

  • Uji sensor drone, khususnya untuk sensor dalam menghindari rintangan.
  • Kemampuan baterai, di sini Anda bisa mengisi daya hingga 100% dan cek berapa lama waktu pengisiannya.
  • Konektivitas drone seperti GPS, Bluetooth, transmitter, dan WiFi, sampai keterbacaannya pada kartu memori SD Card.
  • Kondisi fisik drone seperti kemampuan dinamo, baling-baling, hingga remote drone berfungsi dengan baik.
  • Periksa kembali firmware yang digunakan, apakah masih menggunakan versi lama atau versi baru untuk bisa menikmati berbagai fitur terbaru.

3. Tips Membeli Drone Bekas – Sektor Kamera

drone dji

Kamera memang menjadi bagian penting pada drone. Maka dari itu, ketika membeli drone bekas, memperhatikan sektor kamera adalah hal wajib. Beberapa bagian kamera yang perlu dicek seperti sensor kamera berfungsi dengan baik, lensa tidak buram, dan lainnya. Begitu juga dengan mode kamera apakah masih berfungsi baik.

Jangan lupa untuk melakukan uji coba kualitas kamera ini. Misalnya dengan foto maupun dalam bentuk video. Jika kamera sudah dibekali dengan resolusi tinggi dan kualitas HD, VGA, dan 2MP maka drone ini dapat dikatakan aman atau dalam kondisi baik. Jika pada kondisi tersebut, layak untuk Anda pilih.

Baca juga: 8 Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2022

4. Jarak Jangkau Drone Aman

drone dji, cara klaim drone DJI

Tidak semua drone memiliki jarak jangkau yang sama. Hal itu dikarenakan perbedaan tipe, spesifikasi, fitur, dan peruntukannya. Sebagai contoh, untuk drone DJI ada yang memiliki jarak jangkau hingga 3 km, di sisi lain drone lainnya hanya memiliki jarak hanya ratusan meter saja.

Jauh dekatnya jangkauan drone tergantung transmitter maupun receiver-nya. Setelah mengecek jarak jangkau, maka lakukan uji kestabilan penerbangan. Untuk drone yang sudah mengalami crash, biasanya tingkat kestabilannya berkurang. Uji coba kestabilan bisa dilakukan di wilayah terbuka karena memiliki tingkat interface sinyal rendah.

5. Ketersediaan Spare Part

baterai drone DJI

 

Mengecek ketersediaan spare part  adalah salah satu hal wajib diperhatikan pula dalam tips membeli drone bekas yang berkualitas. Apakah spare part untuk drone tersebut masih tersedia di pasaran. Sebab, jika pabrikan tidak memproduksi seri drone tertentu lagi akan berdampak pada spare part di pasaran. Walaupun ada, biasanya harganya cukup mahal.

Kemudian, cek juga apakah spare part yang digunakan oleh pengguna sebelumnya asli atau imitasi. Termasuk, tanyakan terlebih dahulu apakah drone sudah pernah diganti spare part-nya atau belum. Jika ada kerusakan dan komponennya harus diganti, maka Anda perlu merogoh kocek kembali untuk biaya tersebut.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Baterai Drone Asli dan Palsu

6. Kenali Lebih Jauh Penjual

fitur rth drone DJI

Di era seperti sekarang, banyak penjual drone menawarkan produk jualannya di berbagai media sosial dan marketplace. Hal ini memang memudahkan para calon pembeli dalam melihat dan memilih drone sesuai kebutuhan. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda mengenal lebih jauh penjualnya.

Ingat, drone bukanlah produk murah jadi Anda pun harus jeli untuk menghindari penipuan. Lebih baik lagi jika melakukan pembelian secara COD untuk melihat kondisi barang dan melakukan uji coba. Atau dengan mencari tahu di komunitas hobi dan profesi drone. Jika membeli secara online, perhatikan pula rekam jejak penjualnya.

7. Apakah Masih Ada Garansinya?

cara menerbangkan drone dji mini 2 mavic 2 pro mavic 2 zoomdji phantom

Tips membeli drone bekas yang terakhir adalah mengecek kelengkapan lainnya. Dalam artian, tidak hanya pada fitur dan kondisi fisiknya saja. Di sisi lain perlu pula diperhatikan layanan yang masih ada di drone tersebut saat pembelian pertama. Khususnya mengenai garansi.

Dengan adanya garansi tentu akan membantu Anda sebagai pembeli selanjutnya dalam melakukan servis jika terjadi kerusakan. Namun, pastikan garansi ini masih berlaku dan syarat-syaratnya terpenuhi. Termasuk boleh tidaknya garansi diklaim oleh pembeli kedua.

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim Garansi Drone DJI

Penutup

Bagaimana Sobat Doran, sudah tahu kini tips membeli drone bekas yang berkualitas agar tak salah pilih? Namun, jika Anda ingin membeli drone DJI baru dan terbaik beserta aksesorisnya bisa mendapatkannya di Doran Gadget sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali.

Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo dan program menarik di tiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget, ya!

Artikel terkait: