dji mini 2

Doran GadgetDrone DJI memiliki jarak terbang yang berbeda pada setiap serinya. Selain dari fitur dan teknologi yang digunakan, jarak terbang drone DJI dipengaruhi oleh mode sinyal yakni CE dan FCC. Lalu, apa itu mode sinyal tersebut dan bagaimana cara mengubah mode sinyal CE ke FCC? Doran Gadget merangkumnya untuk Anda.

Apa Itu Mode Sinyal CE dan FCC?

Cara Mengubah Mode Sinyal CE ke FCC

Sebelum beranjak ke cara mengubah mode sinyal CE ke FCC pada drone DJI, ada baiknya Anda untuk mengetahui tentang kedua mode sinyal tersebut. FCC sendiri merupakan singkatan dari Federal Communications Commision. Dimana komisi tersebut mengeluarkan sertifikasi standar mengenai regulasi penggunaan frekuensi radio. Terutama dalam hal interferensi elektromagnetik yang digunakan di kawasan Amerika Serikat maupun produk yang dikeluarkan dari negara tersebut.

Sementara, CE adalah singkatan dari Conformite Europeene. Sama halnya dengan FCC, fungsinya adalah untuk mengatur dan sertifikasi produk mengenai penggunaan transmisi sinyal radio. Hanya saja, aturan ini diberlakukan untuk negara-negara di Eropa. Termasuk pula penggunaan di luar Amerika Serikat seperti di beberapa negara Asia dan Indonesia misalnya.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

Perbedaan Keduanya

menghubungkan remote dji mavic 3 (1)

Dari ulasan di atas, terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya. Pertama adalah dari segi kekuatan sinyal yang digunakan untuk pengoperasian dan penerbangan. Untuk mode FCC jarak maksimal dapat mencapai 8000 meter (8km), sedangkan pada mode CE jarak maksimalnya hanya 5000 meter (5km).

Kedua, FCC digunakan untuk area penerbangan drone di Amerika sendiri. Jika di luar itu, para pengguna dapat mengaktifkan mode CE. Inilah yang membuat interferensi sinyal semakin banyak. Akibatnya, drone dalam mode ini hanya dapat terbang di jarak maksimal 500 meter (5km).

Pada sebagain besar drone DJI, biasanya diproduksi untuk penggunaan mode CE. Hal itulah yang memungkinkan drone DJI dapat digunakan di berbagai negara. Termasuk di luar Amerika Serikat. Namun seperti disebutkan di atas, mode FCC memang membuat kinerja drone lebih baik dengan jarak terbang cukup jauh. Sebab, mode FCC dapat dioperasikan pada rentang frekuensi 2.4 atau 5.8 GHz. Sedangkan CEE terbatas pada 2.4 GHz.

Baca juga: 5 Masalah Drone yang Sering Terjadi dan Solusinya

Cara Mengubah Mode Sinyal CE ke FCC

Drone dji

Melihat dari fakta di atas, terkadang para pengguna ingin mendapatkan jarak terbang yang optimal dengan mengubah mode CE ini ke FCC. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Fake GPS Location atau Floater yang bisa diunduh di Google Play. Terutama untuk beberapa drone DJI yang dapat dioperasikan via smartphone. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Install aplikasi tersebut di Android (disarankan dalam hal ini adalah Floater).
  2. Jalankan developer Settingsnya dengan langkah Settings > System > Information > Developer Settings/Developer options.
  3. Buka aplikasi lalu lakukan pengaturan Floater.
  4. Luncurkan Floater dan pilih lokasi seperti di Amerika Serikat seperti gurun. Pada setting aplikasi, lanjutkan dengan klik Settings > GPS Settings > Clear GPS Data.
  5. Kemudian, Anda bisa klik ‘Play’ dan mulai simulasi berdasar lokasi yang sudah dipilih tadi. Lanjutkan dengan minimize Floater dan luncurkan aplikasi DJI GO.
  6. Tunggu beberapa saat hingga ada pesan tentang pengubahan wilayah dan klik ‘OK’. Setelah itu tutup aplikasi DJI GO.
  7. Matikan simulasi pada lokasi Floater dengan klik tombol ‘STOP’ dan bersihkan memori cache pada aplikasi.
  8. Lakukan seting aplikasi pada simulasilokasi pada BRAK dan nyalakan kembali aplikasi DJI GO.
  9. Jika Anda ingin mengubah setting kembali, klik ‘CANCEL’ agar tetap dalam mode FCC.
  10. Saat Anda klik ‘OK’ Anda akan melakukan setting lagi dari awal seperti semula.

Sebagai catatan: cara mengubah mode sinyal CE ke FCC pada drone DJI  di atas di luar tanggung jawab dari pihak pabrikan maupun distributor resmi. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada drone terkait pengoperasian dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut, maka klaim garansi maupun retur tidak berlaku pada DJI maupun distributor resmi yang ada di Indonesia.

Baca juga: 3 Aplikasi Drone DJI untuk Smartphone dan Tablet

Penutup

01. drone dji, dji untuk pemula

Itulah ulasan singkat mengenai cara mengubah mode sinyal CE ke FCC pada drone DJI. Ingat, saat mengaktifkan mode tersebut yang paling penting adalah faktor lokasi dimana drone dioperasikan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda perhatikan dengan cermat sebelum menerbangkannya. Selain itu, sebelum menggunakannya ada baiknya Anda konsultasikan dengan drone expert untuk mencegah hal yang tak diinginkan dan drone tetap aman selama digunakan maupun diterbangkan.

Untuk mendapatkan drone DJI terbaik sesuai kebutuhan, pastikan Anda membelinya di distributor resmi DJI yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Jakarta di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan.

Informasi lebih lanjut mengenai produk dan pembelian, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa untuk ikuti akun Instagram Doran Gadget untuk mendapatkan informasi promo yang ada.

Artikel terkait:

×