drone untuk traveling dji mini 2 dji mavic 2 zoom dji mavic 2 pro dji mavic air 2

DJI IndonesiaMasalah drone tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para penggunanya. Sebab, apabila masalah ini cukup besar berpotensi pada kerusakan drone dan bisa saja drone terjatuh saat dioperasikan. Namun, hal itu dapat dicegah dan diminimalisir dengan mengetahui penyebabnya.

Masalah Drone yang Sering Muncul

Penyebab masalah drone yang kerap kali muncul biasanya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal drone itu sendiri. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa permasalahan yang sering muncul dan cara mengatasinya.

1. Permasalahan Pada Baling-Baling

drone dji mavic mini

Baling-baling merupakan salah satu bagian terpenting agar drone dapat terbang dengan baik. Meski begitu, baling-baling atau propeller juga rentan terkikis karena hal tertentu. Termasuk mengalami kerusakan ringan seperti tercuil, hingga patah maupun bengkok saat terkena benturan.

Maka dari itu, periksa secara berkala kondisi baling-baling saat akan diterbangkan. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan sekecil apapun. Gantilah baling-baling ketika terdapat masalah.

2. Sinyal GPS yang Terhalang

Kamera Drone DJI

Hampir semua drone termasuk drone DJI, dilengkapi dengan sistem GPS yang sudah terintegrasi. Namun, dalam pengoperasiannya terkadang sinyal GPS drone bisa mengalami masalah seperti terhalang atau bahkan hilang. Permasalahan tersebut biasanya dikarenakan penerbangan berada di yang cukup luas, atau melebihi jarak jangkau sinyal.

Begitu juga dengan faktor geografis, seperti gedung-gedung tinggi, perbukitan dan pegunungan bisa menghalangi sinyal GPS drone. Mengatasinya, cobalah untuk menerbangkan di area terbuka dan saat cuaca dalam kondisi cerah.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

3. Masalah Drone – Arah Terbang yang Tidak Normal

drone dji, cara klaim drone DJI

Sinyal GPS yang hilang atau terhalang menjadi masalah drone yang tak kalah seriusnya. Sebab, hal itu dapat membuat arah terbang menjadi abnormal. Ini disebabkan kalibrasi kompas tidak sesuai. Biasanya, selain karena sinyal GPS terhalang, faktor lainnya adalah drone terganggu sumber magnetik maupun frekuensi radio.

Maka, sebaiknya hindari meletakkan drone dengan sumber elektromagnetik yang cukup kuat. Misalnya saja adanya sinyal dari kabel listrik maupun tower sinyal seluler. Jangan lupa juga untuk memperhatikan remote controller drone. Pastikan kalibrasi dan setting-nya sudah benar.

4. Masalah Pada Baterai

baterai drone dji

Permasalahan krusial lain ialah pada baterainya. Drone umumnya memiliki waktu terbang selama 30-40 menit di udara. Namun, terkadang terdapat masalah pada baterai sehingga berpengaruh terhadap durasi penerbangan. Apabila hal itu dibiarkan, permasalahan baterai bisa membuat daya semakin menurun bahkan tidak dapat berfungsi.

Agar daya baterai tetap prima, sebaiknya lepas charger saat mengisi daya ketika sudah penuh. Kemudian, saat baterai telah digunakan hingga lebih dari 80% Anda perlu menghentikan pengoperasian drone dan isi daya kembali menggunakan charger original. Jangan lupa untuk selalu merawat dan menyimpan baterai drone di tempat yang aman.

5. Lensa yang Buram dan Mengembun

drone dji, menerbangkan drone dji saat hujan (3)

Masalah terakhir ialah lensa yang buram atau mengembun. Misalnya pada drone DJI Mavic series ketika digunakan. Penyebab utama masalah ini biasanya adalah faktor cuaca yang dingin, sehingga lensa mengembun. Begitu juga dengan menerbangkan pada ketinggian tertentu.

Untuk mengeringkannya, Anda bisa menghangatkan suhu di area drone saat tak digunakan. Ini bisa dilakukan dengan blower, dan pastikan berada pada jarak aman sekitar 30cm dan lakukan perlahan. Cara lainnya adalah, masukkan drone di tempat yang kering dan mampu menyerap kelembapan dengan bahan kimia seperti silica gel. Lalu, tutup tempat tersebut dalam beberapa saat.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Lensa Drone Mengembun

Penutup

beli drone dji, dji mavic mini 2 dji phantom

Masalah drone di atas meski tidak sering terjadi, namun hal itu cukup mengganggu operasional. Terlebih pada saat drone diterbangkan untuk merekam objek-objek penting. Oleh karena itu, ada baiknya selalu menggunakan spare part dan aksesoris drone original dari seperti aksesoris drone DJI yang bisa Anda dapatkan di authozied dealer DJI Surabaya, DJI Semarang, dan DJI Jakarta di Doran Gadget.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi dari pabrikan. Informasi mengenai pembelian dan pemesanan, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa ikuti kamu di Instagram dan Telegram untuk informasi promo menarik di waktu tertentu.

Artikel terkait:

×