Drone DJI Mavic 2

DJI IndonesiaMeski dibekali dengan kualitas dan spesifikasi yang mumpuni, drone DJI terkadang memiliki masalah yang tak dapat diduga. Misalnya saja lensa kamera pada seri DJI Mavic mengembun saat digunakan. Drone yang mengembun bisa disebabkan berbagai faktor. Biasanya adalah faktor cuaca dengan suhu yang lebih dingin.

Termasuk ketika menerbangkan drone dalam ketinggian tertentu, suhu udara pun semakin rendah dan berpotensi terjadi pengembunan. Lalu, bagaimana cara mengatasi lensa drone mengembun ini? Doran Gadget telah merangkumnya untuk Anda.

Mengatasi Lensa Drone Mengembun

Sebenarnya, ada beberapa cara yang direkomendasikan mengatasi lensa drone mengembun yang kerap digunakan oleh pemilik drone DJI. Di satu sisi, ada cara yang efektif namun cara lainnya masih diragukan karena dikhawatirkan bisa merusak lensa dan kamera drone tersebut. Berikut pertanyaan seputar mengatasi lensa drone mengembun yang sering muncul dan perlu Anda ketahui.

1. Apakah Boleh Menghangatkan Suhu?

mengatasi lensa drone mengembun (3)

Solusi yang kerap dipertanyakan untuk mengatasi lensa drone yang mengembun ialah dengan menghangatkan suhunya. Caranya dengan menggunakan korek api atau blower dengan jarak tertentu. Memang, untuk sementara waktu langkah ini akan membuat embun menghilang.

Namun, perlu diingat jika Anda terlalu dekat menggunakan korek api atau blower membuat suhu sekitar lensa menjadi panas dan bisa mengurangi tingkat sensitivitas.  Oleh karena itu, jika Anda memilih cara ini pastikan benar-benar aman dan tidak dalam jangka waktu lama dan jarak antara lensa kamera dengan benda tersebut berada pada jarak aman kurang lebih 30 cm serta dilakukan dengan perlahan.

Baca juga: Amankah Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan? Ini Jawabannya!

2. Mengatasi Lensa Drone Mengembun dengan Melepas Sensor, Bolehkah?

Cara selanjutnya yang juga menjadi pertanyaan mengatasi embun di lensa drone adalah dengan melepas sensor dan UV filternya. Bagi sebagian besar drone expert cara seperti ini tidak dianjurkan. Meski embun akan hilang, ini akan bersifat sementara saja.

Akan tetapi, ketika Anda melepas UV filter dan melepas sensor maka masalah lain akan muncul. Yakni, bisa saja lensa dan kamera tersebut rusak karena Anda membongkarnya. Dengan begitu, Anda akan kehilangan garansi resmi dari DJI.

3. Mengatasi Lensa Drone Mengembun Menggunakan Beras

mengatasi lensa drone mengembun

Cara mengatasi lensa drone mengembun dengan menggunakan beras dirasa cukup aman. Hal yang sama kerap dilakukan untuk mengatasi pengembunan pada lensa kamera DSLR maupun pada smartphone. Di sini, yang harus diperhatikan adalah melakukannya pun harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Caranya adalah masukkan drone DJI ke dalam wadah dengan ukuran yang cukup dan telah diisi beras. Lalu, tutuplah wadah tersebut hingga benar-benar kedap udara dan angkatlah drone setelah didiamkan beberapa saat. Kemudian, bersihkan dengan kain halus dan bersih setelah proses tersebut. Terutama bagian kamera dan sudut-sudutnya agar tidak ada beras dan bagian lainnya yang masuk dalam komponen drone.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

4. Menggunakan Bahan Kimia

Berikutnya, selain menggunakan beras rekomendasi lainnya adalah dengan menggunakan bahan kimia penyerap kelembapan. Misalnya silica gel yang berbentuk padat. Bahan ini dikenal aman menyerap kelembapan karena tidak membuat karat dan reaksi kimia lainnya.

Caranya pun sama seperti menggunakan beras pada poin sebelumnya. Anda perlu meletakkan bahan kimia ini ke dalam wadah khusus dan masukkan drone DJI. Tutuplah wadah tersebut selama beberapa saat dan angkat kembali drone. Periksa kembali tingkat kelembapannya.

5. Perhatikan Tempat Penyimpanan

mengatasi lensa drone mengembun (2)

Terakhir, perhatikan tempat menyimpan drone DJI milik Anda. Terutama pada tingkat kelembapan suhunya. Sebisa mungkin pastikan cukup kering untuk menghindari kelembapan yang berlebih. Tak ada salahnya bila menyimpan drone di sebuah box dengan menambahkan bahan kimia seperti silica gel ini saat menutup box dengan rapat.

Baca juga: Drone DJI Mana yang Cocok untuk Anda? Ini Panduan Memilihnya!

Penutup

Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi lensa drone mengembun. Tingkat kelembapan udara di mana Anda menoperasikan juga berpengaruh pada proses pengembunan tersebut. Jadi, pastikan drone DJI selalu dalam kondisi yang sejuk dan tidak terlalu lembap untuk hasil video dan fotografi yang maksimal.

Selain itu, diskusikan pula dengan drone expert bila ingin melakukannya. Sebab, kerusakan dan kondisi drone berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan cara terbaik dan aman agar drone tetap awet.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk original dari DJI yang dapat dibeli di authorized dealer DJI Surabaya seperti Doran Gadget. Semua produk yang kami jual selain asli juga memiliki garansi resmi dari pihak pabrikan. Jadi, barang dijamin aman dan nyaman termasuk pada proses pengiriman hingga sampai di tangan penerima. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×