Doran GadgetKota Bandung dikenal sebagai tujuan wisata favorit di Indonesia. Selain itu, disebut sebagai kota pelajar karena memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama. Tidak hanya itu saja, di kota ini juga terdapat beberapa tempat keren untuk lari.

Bagi masyarakat Bandung atau Anda yang memiliki rencana liburan ke Kota Kembang, jangan lewatkan untuk mencoba tempat lari di Bandung yang hits dan kekinian ini. Setidaknya sekali seumur hidup, Sobat Doran.

Rekomendasi Tempat Lari di Bandung

Berikut beberapa tempat yang hits dan kekinian di Bandung untuk jogging atau olahraga lari di akhir pekan Anda:

1. Taman Balai Kota

Tempat Lari di Bandung - Taman Balai Kota
sc: LunarV2 Trip

Balai Kota saat ini tidak hanya sekadar sebagai kantor pemerintahan saja. Sebagai salah satu fasilitas publik, di sini juga terdapat taman. Taman Balai Kota Bandung dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track yang nyaman dengan beragam tanaman yang membuatnya semakin asri.

Taman yang berada di Jalan Wastukencana No.2, Bandung ini juga memiliki tematik. Seperti Taman Badak dan Taman Dewi Sri. Kemudian juga ada spot menarik untuk keluarga. Sebut saja taman bermain untuk anak, gembok cinta, taman labirin, dan lainnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Jogging Terbaik di Jakarta

2. Kiara Artha Park

Tempat Lari di Bandung - Kiara Artha Park
sc: Indonesia Traveler

Selanjutnya ada Kiara Artha Park yang cukup hits bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. Konsepnya adalah taman kota modern dan dekat dengan pusat aktivitas seperti hunian, pusat bisnis dan komersial, dan lainnya dengan luas 12.9 hektar.

Saking luasnya, Kiara Artha Park dibagi menjadi beberapa taman tematik. Mulai dari Kampoeng Korea, Taman Asia Afrika, dan Taman Lampion. Bangunan yang menjadi ikoniknya adalah air mancur menari. Untuk bisa masuk dan jogging di sini, Anda harus membayar Rp10 ribu untuk hari kerja dan Rp15 ribu saat weekend.

3. Taman Tegallega

Tempat Lari di Bandung - Taman Tegallega
sc: InfoBDG

Tempat lari di Bandung dengan area luas lainnya adalah Taman Tegallega. Seperti namanya, dalam Bahasa Sunda ini artinya lapangan yang luas. Tak heran, sebab luasnya sendiri sekitar 19 hektar. Di sini terdapat berbagai fasilitas olahraga seperti lapangan untuk sepakbola hingga jogging track yang asri dengan pepohonan rindang.

Ada juga taman tematik dengan lampion dan karakter dinosaurus. Kemudian juga ada Monumen Bandung Lautan Api. Dimana monumen setinggi 45 meter ini dibangun untuk mengenang perjuangan masyarakat Bandung dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

4. Stadion GBLA

Tempat Lari di Bandung - GBLA
sc: Pikiran Rakyat

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) adalah salah satu stadion kebanggan masyarakat Bandung dan Jawa Barat. Dengan areanya yang sangat luas, banyak dijadikan sebagai tempat lari favorit di akhir pekan. Lokasinya sendiri berada di daerah Gedebage, Bandung.

Uniknya, di sekitar stadion juga dekat dengan area persawahan. Jadi, Anda dapat lari sembari menikmati dua pemandangan sekaligus. Yakni, bangunan stadion megah dan hamparan persawahan hijau yang luas. Kerennya lagi, untuk lari di sini tidak dipungut biaya alias gratis.

5. Tempat Lari di Bandung – Saraga ITB

Tempat Lari di Bandung - Saraga ITB
sc: SaragaITB

Meski lokasinya berada di dalam kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Sarana Olahraga (Saraga) dapat digunakan oleh masyarakat umum. Tak heran jika tempat ini tak pernah sepi dijadikan tempat olahraga baik oleh mahasiswa maupun masyarakat.

Hal itu karena memiliki lintasan lari yang beragam. Di antaranya terdapat delapan jalur, dimana empat jalur digunakan untuk sprint dan empat jalur lainnya digunakan untuk jogging dengan mengelilingi lapangan sepakbola. Lokasinya berada di Jalan Siliwangi Dalam 3, Bandung.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat Jogging di Surabaya

6. GOR Saparua

Tempat Lari di Bandung - Gor Saparua
sc: Tirto.id

Berbicara tempat hits untuk lari di Bandung yang tak pernah sepi dari dulu sampai sekarang, Gor Saparua jadi salah satunya. Di era ’80-an dan ’90-an, kawasan ini selalu ramai menjadi tempat nongkrong anak muda di Bandung dan sekitarnya karena sering diadakan konser musik dan pertunjukan seni lainnya.

Di samping itu, juga menjadi tempat olahraga favorit. Beberapa fasilitas olahraganya antara lain lapangan sepakbola, kolam renang, lapangan voli, lapangan basket, dan jogging track tentunya. Tertarik mencobanya? Langsung saja menuju Jaalan Banda No28, Bandung.

7. Kota Baru Parahyangan

Tempat Lari di Bandung - Kota Baru Parahyangan
sc: Keluyuran

Dikenal sebagai kompleks perumahan elite, kawasan Kota Baru Parahyangan di Padalarang, Bandung memiliki berbagai fasilitas olahraga untuk masyarakat. Misalnya trek lari Hotel Mason Pine di kawasan tersebut.

Tak sampai di situ saja, di sini juga terdapat fasilitas olahraga lainnya seperti Bale Pare untuk bersepeda. Juga ada Bumi Pancasona Sport Club yang menyediakan sarana yang lebih lengkap. Mulai dari lapangan badminton, lapangan futsal, hingga kolam renang.

Baca juga: Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Lari yang Harus Dihindari!

8. Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Tempat Lari di Bandung - Stadion UPI
sc: Wikipedia

Selain Saraga ITB, fasilitas olahraga di kampus yang bisa digunakan masyarakat umum adalah Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Trek lari di tempat ini berada di area gymnasium UPI. Tersedia bangku yang ada di pinggiran lintasan untuk beristirahat setelah melakukan lari.

Gymnasium UPI juga memiliki beberapa fasilitas olahraga lainnya yang berstandar internasional. Seperti softball, baseball, tenis, lapangan voli, lapangan basket, lapangan sepakbola, dan lapangan tenis. Ada pula tempat yang dikhususkan untuk berlatih atletik maupun teater terbuka.

9. GOR Pajajaran

Tempat Lari di Bandung - Gor Pajajaran
sc: Bandung Tourism

Gelanggang olahraga legendaris di Bandung selain Gor Saparua. Gor ini mulai diresmikan dan digunakan masyarakat sejak tahun 1974 silam. Sampai kini, Gor Pajajaran sering dijadikan sebagai lokasi lomba atlet di tingkat provinsi maupun daerah. Ini karena memiliki trek lari dengan standar profesional.

Walaupun digunakan untuk berlatih, namun masyarakat umum bisa menggunakannya. Dengan catatan tidak mengganggu atlet yang berlatih. Lokasi Gor Pajajaran ada di Jalan Pajajaran No.37, Cicendo, Kota Bandung.

Baca juga: Olahraga Lari Membuat Otot Kaki Ramping, Benarkah?

10. Tempat Lari di Bandung – Lapangan Gasibu

Tempat Lari di Bandung - Lapangan Gasibu
sc: PegiPegi

Lapangan Gasibu memiliki trek lari yang khas dan ikonik, yakni berwarna biru yang menyegarkan mata. Trek ini merupakan trek sintetis, dengan begitu membuat siapa saja yang lari di sini aman dan nyaman. Jadi, tak perlu takut kotor. Ada pula berbagai fasilitas umum lainnya seperti taman cantik dan air mancur.

Dulunya, area sekitar lapangan ramai dengan pedagang. Namun, setlelah dialihfungsikan sebagaimana mestinya, lapangan ini pun banyak dikunjungi masyarakat untuk berolahraga. Terutama di akhir pekan. Adapun lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung.

11. Stadion Si Jalak Harupat

Tempat Lari di Bandung - Jalak Harupat
sc: Detik

Stadion Si Jalak Harupat jadi salah satu stadion yang cukup megah dan memiliki kualitas yang baik di Jawa Barat. Namanya sendiri terinspirasi dari julukan pahlawan nasional Otto Iskandadinata. Inilah yang membuat stadion ini menjadi ikonik bagi masyarakat.

Pembangunan stadion dimulai pada Januari 2023 dan berhasil diselesaikan pada April 2005. Stadion ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan para pemain sepakbola di Bandung. Meski begitu, masyarakat umum bisa menggunakannya.

Baca juga: 7 Komunitas Lari Surabaya yang Bisa Anda Ikuti

12. Taman Lansia Bandung

Tempat Lari di Bandung - Taman Lansia
sc: Orami

Berada di tengah kota, tempat lari di Bandung ini mudah diakses. Lokasinya berada di sebelah Gedung Sate dan dekat Museum Zoologi. Seperti namanya, taman ini sering digunakan untuk tempat berolahraga lansia. Namun, masyarakat umum pun dapat menggunakannya.

Daya tarik tempat ini adalah tempatnya yang asri dan tidak terlalu ramai. Trek larinya pun nyaman untuk dilintasi. Untuk mengunjunginya, Anda bisa langsung menuju Jalan Cisangkuy, Bandung Wetan, Bandung.

13. Serlok Bantaran

Tempat Lari di Bandung - Serlok Bantaran
sc: Memora.id

Sejak direvitalisasi, Serlok Bantaran menjadi lokasi favorit masyarakat untuk berolahraga dan menikmati wisata alam. Sebab, saat berlari Anda akan diiringo suara aliran dari sungai Cikapundung. Tentu ini menambah keasriannya dan lebih dekat dengan alam.

Misalnya saja dengan melewati Gang Enom di sekitaran kawasan ini. Di samping itu, anda juga bisa mengajak keluarga untuk berwisata edukasi. Mulai dari melihat kerajinan bambu, daur ulang dari limbah plastik, hingga konservasi ikan native di sekitar bantaran sungai.

Baca juga: Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari

14. Taman Hutan Raya

Tempat Lari di Bandung - Tahura Juanda
sc: Pikiran Rakyat

Berikutnya adalah Taman Hutan Raya yang ada di sepanjang Dago Pakar hingga Maribaya. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini memiliki trek lari yang lengkap dengan tanaman di sisi kanan dan kiri yang membuatnya lebih sejuk dan asri.

Selain itu, trek larinya juga menantang karena memiliki ukuran yang tidak begitu lebar dan jalurnya ada yang menggunakan paving dan tanah. Jika ditotal, jarak tempuhnya sekitar 10 kilometer. Cocok untuk Anda yang ingin mencoba latihan lari marathon.

15. Stadion Siliwangi

Tempat Lari di Bandung - Siliwangi
sc: Detik

Terakhir, tidak hanya Stadion Si Jalak Harupat dan Gelora Bandung Lautan (GBLA) saja, stadion lainnya yang jadi favorit sekaligus bersejarah di Bandung adalah Stadion Siliwangi. Lokasinya berada di Jalan Lombok, Sumur Bandung, Bandung.

Hal tersebut karena dari stadion inilah banyak pemain Persib dibesarkan. Bahkan sering digunakan untuk berlatih. Masyarakat umum kini pun bisa menjajal berlari di tempat ini. Terutama saat pagi maupun sore hari.

Baca juga: 5 Perlengkapan Lari yang Stylish dan Bikin Nyaman

Lengkapi Gadget untuk Lari Terbaik Anda

sc: Freepik

Bagaimana Sobat Doran, keren bukan rekomendasi tempat lari di Bandung tersebut? Saatnya Anda mencobanya di akhir pekan ini. Agar semakin nyaman saat lari, Anda bisa menggunakan beberapa perangkat pendukung.

Mulai dari smartwatch, pod untuk lari, hingga perangkat audio seperti headset open ear dan TWS untuk mendengarkan lagu favorit dan menambah semangat dalam berlari.

Dapatkan gadget untuk lari terbaik hanya di Doran Gadget. Selain barang original, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan di setiap pembelian di store, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

×