DJI IndonesiaDJI kembali meluncurkan seri action camera terbaru DJI Osmo Action 3 pada pertengahan September 2022. Seri tersebut merupakan penerus generasi sebelumnya yakni DJI Osmo Action 2 yang rilis di bulan Oktober 2021. Tentu, ada perbedaan fitur canggih yang dimiliki di seri terbaru ini. Doran Gadget telah merangkum spesifikasi DJI Osmo Action 3 untuk Anda dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Osmo Action 3

Bagi Anda yang ingin memiliki action camera terbaru dari DJI ini, tak ada salahnya menyimak spesifikasi DJI Osmo Action 3 secara umum. Melansir dari laman resmi DJI sendiri. Berikut spesifikasinya yang perlu diketahui:

 Dimensi dan Berat  70.5×44.2×32.8 mm (145 gram)
 Ketahanan Air  16 meter tanpa pelindung, 60 meter dengan pelindung
 Fitur Touchscreen  Front Screen: 1.4-inch 326 ppi 320×320
 Rear Screen: 2.25-inch 326 ppi 360×640
 Front/Rear Screen Brightness: 750±50 cd/m²
 Dukungan SD Card  microSD (hingga 256 GB)
 Mikrofon  Ya, dukungan 3 buah mikrofon
 Micro SD yang Direkomendasikan  SanDisk Extreme 32GB V30 A2 UHS-I Speed Grade 3
 SanDisk Extreme Pro 32GB V30 A2 UHS-I Speed Grade 3
 Kingston Canvas Go!Plus 64GB UHS-I Speed Grade 3
 Kingston Canvas Go!Plus 128GB UHS-I Speed Grade 3
 Kingston Canvas React Plus 64GB UHS-II Speed Grade 3
 Kingston Canvas React Plus 128GB UHS-II Speed Grade 3
 Kingston Canvas React Plus 256GB UHS-II Speed Grade 3
 Samsung Pro Plus 256GB V30 A2 UHS-I Speed Grade 3
 Sensor Kamera  1/1.7-inch CMOS
 ISO  Photo: 100-12800
 Video: 100-12800
 Electronic Shutter Speed  Photo: 1/8000-30s
 Video: 1/8000s to the limit of frames per second
 Resolusi Foto Maksimal  4000×3000
 Mode Zoom  Digital Zoom
 Photo: 4x
 Video: 2x (> 60fps), 3x (≤ 60fps, HorizonSteady On), 4x (≤ 60fps, HorizonSteady Off)
 Slow Motion/Timelapse: Not available
 Stabilizer  EIS, RockSteady 3.0, HorizonBalancing, HorizonSteady
 Video Bitrate Maksimum  130 Mbps
 Format Foto dan Video  Foto: JPEG/RAW
 Video: MP4 (H.264/HEVC)
 Koneksi  Bluetooth, WiFi
 Baterai  160 menit

Baca juga: 8 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2022

Fitur DJI Osmo Action 3

Selain beberapa spesifiaski DJI Osmo Action 3 secara umum seperti dijelaskan di atas, Anda pun perlu mengetahui fitur canggih apa saja yang disematkan pada action camera terbaru ini. Mulai dari segi desain, performa, hingga harga yang dipasarkan.

1. Desain

Fitur yang pertama adalah dari segi desainnya. DJI mengusung dengan mengedepankan kamera untuk komponen utamanya. Jelas, ini cukup berbeda dibandingkan seri Osmo Action 2 yang masih mengusung desain modular. Bagian layar depannya cukup minimalis dengan 1.4 inci dan sudah menggunakan fitur layar sentuh. Bagian layar belakangnya sedikit lebih luas yakni 2.25 inci.

Baik layar depan maupun belakangnya sudah dilindungi oleh Gorilla Glass. Inilah yang diklaim mampu bertahan saat terjatuh dari ketinggian sampai 1.5 meter. Bagian layar ini pun terdapat lapisan hidrofobik. Dimana dengan lapisan tersebut Anda bisa mengoperasikan layar di kondisi basah maupun digunakan di dalam air sekalipun.

Baca juga: DJI Action 2 vs DJI Osmo Action – Ini Perbedaan Mendasar Keduanya

2. Spesifikasi DJI Osmo Action 3 – Kualitas Video dan Gambar

Selanjutnya adalah dari segi kualitas video dan gambar yang dihasilkan. Untuk ini, pengaturan kameranya tidak berbeda jauh dengan Osmo Action 2. Yakni memiliki sensor ultrawide 12MP. Kamera pun mampu merekam video dengan kualitas 4K di 120fps maupun 60fps. Bahkan, mampu menghadirkan kualitas Full HD 1080 pixel di 240fps.

Anda pun bisa menggunakan fitur Hyperlapse sampai resolusi 4K. Pengambilan gambar dan video semakin stabil dengan dukungan Elekctronic Image Stabilization (EIS) yang lebih baik dibanding seri sebelumnya. Begitu pun dengan fitur HorizonSteady untuk perekaman video hingga 360°. Ada pula fitur HorizonBalancing yang bisa mengoreksi kemiringan gambar sampai 45°.

3. Performa

Jika Anda ingin menggunakannya untuk fotografi dalam air, maka kamera ini layak dijadikan piilihan. Sebab, dapat tahan air hingga kedalaman 16m. Sedangkan saat dipasang dengan menggunakan pelindung khusus, action camera ini pun dapat digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 60m.

Begitu pun jika Anda suka dengan aktivitas outdoor yang menantang. Tinggal letakkan DJI Osmo Action 3 pada tripod, helm, stang, dan bagian tertentu di mobil. Pemasangan lebih mudah karena dibekali dengan sistem magnet yang dapat merekat kuat pada perangkat besi dan baja. Selain itu kamera semakin aman dengan perlindungan secara horizontal dan vertikal Inilah yang membuat performanya sangat mumpuni untuk aktivitas ekstrem sekalipun.

Baca juga: Review DJI Osmo Action: Action Camera Pertama dari DJI

4. Spesifikasi DJI Osmo Action 3 – Baterai

Bagaimana dari sektor baterainya? Pada spesifikasi DJI Osmo Action 3 ini baterainya diklaim mampu lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya yakni DJI Osmo Action 2. Yakni 160 menit untuk menghasilkan video Full HD 30fps. Walaupun bisa digunakan  di suhu  -20° Celcius, namun perangkat ini tidak bisa mengisi ulang baterai di bawah titik beku. Hal itu karena suhu yang disarankan adalah 5-40° Celcius untuk pengisian dayanya.

Perangkat baterai dibekali pula dengan fitur fast charging yang mampu mengisi ulang baterai dengan durasi total 40 menit. Ini pun cukup beralasan, sebab pihak DJI mengklaim baterai dapat terisi ulang dari 0-18% hanya dengan waktu 18 menit. Sedangkan 20% sisanya memerlukan waktu sekitar 32 menitan.

5. Harga DJI Action 3

Terakhir adalah mengenai spesifikasi DJI Osmo Action 3 dari segi harga yang dipasarkan. Dalam penjelasannya, ada dua paket yang dijual yakni Standar Combo dan Adventure Combo. Paket Standar Combo ini dijual dalam paket berisi kamera, pelindung secara vertikal dan horizontal, serta aksesoris lainnya.

Lalu, paket Adventure Combo ada keuntungan lain yakni adanya dua buah baterai ekstra, kotak baterai, hingga ekstensi rod 1.5m. Melansir dari laman Kompas Tekno adapun harga kedua paket ini adalah:

  • DJI Osmo Action 3 Standar Combo: 330US$ (atau sekitar Rp 4,9 juta)
  • DJI Osmo Action 3 Adventure Combo: 440US$ (atau sekitar Rp 6,5 juta)

Namun, harga tersebut bisa saja berupa ketika dijual di distributor resmi Indonesia. Harga dapat sedikit lebih tinggi karena adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk di tanah air.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2022

Penutup

Itulah ulasan mengenai spesifikasi DJI Osmo Action 3 yang dirilis beberapa waktu lalu.  Kini, Anda bisa mendapatkan produk action camera terbaik dari DJI hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali kami menjual produk DJI original dengan garansi resmi.

Dapatkan informasi produk dan pembelian melalui CS kami di WhatsApp di sini. Pembelian juga dapat dilakukan website dan aplikasi Doran Gadget. Follow juga Instagram kami untuk mendapatkan promo dan program menarik lainnya yang berlaku di waktu tertentu.

Artikel terkait:

× WhatsApp