DJI IndonesiaDJI Agras T20 saat ini dikenal sebagai drone pertanian yang umum digunakan untuk area yang menengah dan cukup luas. Drone tersebut juga merupakan pengembangan dari seri sebelumnya yakni DJI Agras T16. Lalu, seperti apa spesifkasi DJI Agras T20 ini beserta fitur-fitur unggulan yang dimilikinya? Anda bisa simak ulasan selengkapnya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Agras T20 – Secara Umum

Berikut beberapa spesifikasi DJI Agras T20 secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya yang dilansir dari laman resmi DJI International:

 Bobot Drone  21.1 kg (tidak termasuk baterai0
 Bobot Maksimal Take-Off  47.5 kg
 Kapasitas Baterai  18.000 mAh
 IP Rating Baterai  IP54
 FOV Kamera FPV  Horizontal: 98°
 Vertical: 78°
 Resolusi Kamera  1280×960 30fps
 Kapasitas Penyemprotan  20 liter
 Model Radar  RD2428R
 Model Controller  RM500-AG
 Bluteooth  Bluetooth 4.2
 Sistem Navigasi  GPS, GLONASS

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone Pertanian DJI untuk Aktivitas Agraria

Fitur DJI Agras T20

Setelah mengetahui spesifikasi DJI Agras T20 di atas secara umum, penting pula ketahui berbagai fitur unggulan yang dimilikinya. Melansir dari laman resmi DJI dan Drone Nerds berikut beberapa di antaranya:

1. Sistem Penyemprotan

Sistem penyemprotan jadi hal penting pada drone pertanian. Dimana drone ini mampu membawa tangki dengan kapasitas hingga 20 liter cairan untuk pemupukan dan lainnya. Kemudian, sistem penyemprotannya menggunakan empat pompa diafragma dan empat sensor elektromagnetik. Pompa tersebut dibekali pula dengan nozzle TeeJet.

Berkat fitur Spreading System 2.0 tersebut DJI Agras T20 dapat menyemprot area sekitar 12 hektar per jam. Adapun cakupannya area sekali semprot sekitar 6.5 meter dengan kecepatan 6.5 meter/detik. Bahkan, hal itu diklaim mampu 70 kali lebih cepat dibandingkan penyemprotan manual. Sedangkan untuk ketinggian ideal penyemprotan di atas lahan adalah dua meter.

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

2. Sensor Keamanan Penerbangan

Keunggulan lainnya dari spesifikasi DJI Agras T20 ialah sensor keamanan penerbangan yang ditingkatkan. Hal itu dapat dilihat seperti adanya radar digital omnidirectional. Dimana memiliki kemampuan untuk mendeteksi rintangan secara horizontal dari berbagai arah. Termasuk untuk penggunaan di berbagai kondisi medan area pertanian.

Berkat kemampuan tersebut, drone ini mampu beradaptasi dalam kondisi lingkungan apapun selama 24 jam seminggu. Tentu saja kemampuan itu didukung dengan ketahanan air dan debu IP67. Lalu, terdapat kamera FPV yang dapat memantau penyemprotan dan penggunaan secara realtime. Ada pula dua buah lampu khusus yang membuat penggunaan di malam hari lebih aman dan nyaman.

3. Spesifikasi DJI Agras T20 – Baterai

Bagaimana dengan kapasitas baterainya? DJI Agras T20 memiliki baterai dengan tipe Smart Baterai berkapasitas 18.000 mAh. Saat digunakan untuk penerbangan dengan membawa bobot 27.5 kilogram, drone mampu mengudara hingga sekitar 15 menit.

Baterai pintar yang disematkan ini pun bisa digunakan pada suhu 0° sampai dengan 40° Celcius. Untuk garansinya, pihak DJI sendiri mengklaim garansi hingga 600 kali siklus penggunaan. Selain itu, baterai Agras T20 memiliki IP54 untuk ketahanan air dan debu.

Baca juga: Amankah Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan? Ini Jawabannya!

4. Sistem Kendali dan Controller

Untuk sistem pengendaliannya, DJI Agras T20 menggunakan remote Agras Smart Controller 2.0 dan terintegrasi dengan aplikasi DJI Agriculture. Controller ini memiliki layar 5.5 inci dengan tipe ultra-bright yang nyaman digunakan, bahkan di bawah terik matahari sekalipun. Penggunaannya semakin optimal berkat dukungan AI Intelligent Agriculutral Engine.

Performa penerbangan semakin baik berkat adanya fitur 3D Flight Route Solution. Selain itu didukung dengan pemindaian area lahan dan target penyemprotan Phantom 4 RTK. Fitur ini juga memudahkan pengguna mengidentifikasi area pertanian. Pada mode Orchard, rute penerbangan 3D ini bisa mengidentifikasi area berdasarkan ketinggian tumbuhan. Begitu juga untuk mode P4 Multispectral yang mampu mengidentifikasi kondisi tanaman.

5. Harga DJI Agras T20

Terakhir adalah mengenai harga DJI Agras T20. Untuk penjualannya sendiri, termasuk di Indonesia terdapat dua paket yang bisa dipilih yakni Standar Combo dan Generator Combo. Adapun untuk paket Standar Combo dibanderol sekitar Rp164.9 jutaan yang terdiri dari:

  • DJI Agras T20 (1 unit)
  • Smart Conrtoller (1 unit)
  • Intelligent Flight Baterai (1 unit)
  • Intelligent Battery Station (1 unit)

Sedangkan untuk paket Generator Combo dijual seharga Rp180.9 jutaan yang terdiri dari unit:

  • DJI Agras T20 (1 unit)
  • Smart Conrtoller (1 unit)
  • Intelligent Flight Baterai (1 unit)
  • D6000i Multifunctional Inverter Generator (EU)

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim Garansi Drone DJI yang Perlu Anda Tahu

Penutup

Setidaknya, itulah ulasan mengenai spesifikasi DJI Agras T20 untuk kebutuhan agrikultur berskala sedang dan menengah. Anda bisa mendapatkan drone pertanian terbaik ini hanya di Doran Gadget selaku official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, Anda juga berkesempatan meraih promo harga terbaik untuk promo dan program tertentu. Download aplikasi Doran Gadget untuk memudahkan Anda dalam berbelanja. Informasi lebih lanjut mengenai produk hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami sekarang juga.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait: