Doran GadgetSamsung dan Garmin menjadi dua brand besar smartwatch populer di Indonesia. Terlebih lagi keduanya selalu menghadirkan inovasi terbaik bagi para pengguna. Khususnya di fitur kesehatan dan olahraga maupun fitur tambahan lainnya. Hal itu bisa dilihat pada Galaxy Watch 5 Pro dan  Venu 2 Plus. Lalu, apa saja perbedaan dan perbandingan dari Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus? Simak ulasan selengkapnya di artikel ini Sobat Doran.

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus

Sebelum Anda memutuskan mana yang terbaik untuk dipilih, ada baiknya perhatikan dulu spesifikasi Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus sebagai bahan pertimbangan. Melansir dari laman Android Central, berikut tabel perbandingan keduanya:

 Spesifikasi  Galaxy Watch 5 Pro  Garmin Venu 2 Plus
 Sistem Operasi  Wear OS 3.5 (Android)  Garmin OS (Android, iOS)
 Layar  1.4-inch 450×450 AMOLED  1.3-inch 416×416 AMOLED
 Dimensi  45.4 x 45.4 x 15mm  43.6 x 43.6 x 12.6 mm
 Bobot  46g (tanpa band)  51g (dengan band)
 Material  Titanium bezel/case  Stainless steel bezel; fiber-reinforced polymer case
 Ketahanan Air  5ATM + IP68 / MIL-STD-810H  5ATM
 Prosesor  Exynos W920 Dual-Core 1.18GHz with 1.5GB memory  Tidak diketahui
 Penyimpanan  16GB  Hingga 650 lagu
 NFC  Samsung Pay/ Google Pay  Garmin Pay
 Mic/Speaker  Ya  Ya
 Voice Assistant  Bixby, Google Assistant  Bixby, Google Assistant, Siri
 Baterai  3 days / 12 GPS hours  9 days / 24 GPS hours
 LTE  Ya  –
 Sensor  Samsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate + Electrical Heart Signal + Bioelectrical Impedance Analysis), Temperature Sensor, Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor GPS/GLONASS/GALILEO, barometric altimeter, compass, gyroscope, accelerometer, thermometer, ambient light sensor, SpO2
 Warna  Black Titanium, Gray Titanium  Ivory, Black, Powder Gray
 Harga  Rp6.4 jutaan  Rp7.4 jutaan

Baca juga: 25 Rekomendasi Smartwatch Kesehatan Terbaik untuk Aktivitas Anda

Fitur Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus

Tak hanya mengenai spesifikasinya secara umum saja, fitur kedua jam tangan ini pun menarik untuk disimak Sobat Doran. Mulai dari segi desain, layar, ketahanan baterai, fitur untuk kesehatan dan olahraga, hingga fitur lainnya.

1. Desain dan Layar

Garmin venu 2 Plus (2)

Pertama adalah dari segi desain dan layarnya. Walaupun sekilas nampak sama, namun dimensi Samsung Galaxy Watch 5 Pro lebih besar. Di sektor layar, Garmin Venu 2 Plus menggunakan layar AMOLED yang dapat menunjukkan hingga 1.600 animasi mode olahraga. Pengguna pun bisa membuat pilihan olahraga sesuai kebutuhan.

Hal yang sama juga bisa ditemukan pada layar Samsung Galaxy Watch ini yang sama-sama menggunakan layar AMOLED. Termasuk pula dengan berbagai animasi yang menarik untuk memulai fitur Samsung Health. Kedua jam tangan ini juga tangguh dengan ketahanan air 5ATM.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Watch 5 dan Spesifikasinya

2. Daya Baterai

Kedua, berbicara mengenai ketahanan baterainya memang ada perbedaan yang cukup mencolok. Jika dilihat dari tabel di atas, Garmin Venu 2 Plus memang lebih unggul. Sebab, dengan sekali pengisian daya Anda bisa tahan sampai 9 hari pada mode smartwatch. Lalu, untuk mode GPS dapat digunakan sampai dengan 24 jam.

Sementara itu, Samsung Galaxy Watch 5 Pro memiliki ketahanan baterai yang sebenarnya cukup imersif. Yakni berada di kisaran 72-80 jam dalam sekali pengisian daya. Di sini, smartwatch Samsung cukup unggul dalam pengisian daya. Hal itu karena dibekali fitur fast charging 10W.

3. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Garmin venu 2 Plus (1)

Ketiga fitur kesehatan dan olahraga dari kedua smartwatch. Masing-masing smartwatch memiliki fitur kesehatan unggulan yakni Samsung Health dan Garmin Connect. Dimana fitur tersebut dapat digunakan untuk memantau detak jantung, kadar oksigen dalam darah, kualitas tidur, variabilitas detak jantung atau HRV dan mendeteksi level stress melalui fitur AFib. Di sini, Galaxy Watch 5 Pro cukup unggul berkat adanya sensor BIA yang dinilai lebih akurat dalam memantau suhu tubuh dan kualitas tidur.

Di sisi lain, Garmin Venu 2 Plus memiliki fitur Body Battery yang dapat memantau stamina tubuh berdasar kualitas tidur, tingkat stres, dan mode olahraga. Anda juga dapat memantau hidrasi dalam tubuh hingga siklus menstruasi bagi wanita. Kemudian, juga ada Garmin Coach yang bisa ditambahkan jadwal kapan Anda untuk memulai aktivitas olahraga spesifik. Misalnya latihan marathon dan lainnya. Inilah yang tidak dimiliki oleh Samsung, yakni mengkonversi data untuk memberikan rekomendasi olahraga yang tepat.

Baca juga: Perbandingan Venu 2 Plus vs Venu 2 vs Venu 2S, Apa Saja Perbedaannya?

4. Software dan Fitur Lainnya

Keempat dari segi software yang digunakan. Untuk hal ini, Garmin Venu 2 Plus cukup unggul berkat Garmin OS. Dimana sistem operasi tersebut kompatibel untuk smartphone Android maupun iOS. Sedangkan Samsung hanya menyematkan Wear OS 3.5 yang kompatibel untuk Android saja. Sebagai catatan, kedua jam tangan juga ini memiliki mikrofon dan speaker serta kompatibel dengan voice assistant.

Dari segi fitur penyimpanannya, Garmin memang tidak menyebutkan berapa kapasitas maksimalnya. Hanya saja mencantumkan kapasitasnya hingga 650 lagu dan dapat digunakan fitur Garmin Connect IQ. Sementara, Galaxy Watch 5 menyebutkan kapasitas penyimpanan hingga 16GB. Itu artinya, bisa menyimpan lebih banyak aplikasi dan lagu.

5. Harga Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus

Terakhir, adalah dari segi perbandingan harga Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus. Untuk pasaran di Indonesia, Garmin Venu 2 Plus dibanderol mulai Rp7.4 jutaan. Sedangkan Samsung Galaxy Watch ini memiliki harga yang memang lebih rendah yakni mulai dari Rp6.4 jutaan.

Perbedaan harga tersebut cukup wajar. Sebab, keduanya memiliki beberapa fitur yang berbeda dan kegunaannya. Jika Anda cenderung memilih dari budget dengan fitur cukup, maka Galaxy Watch 5 Pro bisa dijadikan pilihan.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 vs Watch 5 Pro, Mana yang Terbaik untuk Anda?

Penutup

Garmin venu 2 Plus (4)

Dari ulasan Samsung Galaxy Watch 5 Pro vs Garmin Venu 2 Plus, lantas mana yang terbaik? Hal itu memang kebutuhan Anda. Garmin Venu 2 Plus memiliki fitur olahraga dan kesehatan lebih lengkap. Termasuk daya baterai tangguh, oleh karena itulah direkomendasikan bagi para pecinta olahraga maupun atlet.

Sementara itu, tanpa mengesampingkan keunggulan Galaxy Watch 5 Pro, smartwatch ini memiliki segmentasi tersendiri. Khususnya bagi pengguna untuk aktivitas sehari-hari. Sebab, dilengkapi dengan aplikasi kalender yang membantu memudahkan pekerjaan, fitur musik, fitur pesan, dan berbagai fitur lifestyle lainnya.

Apapun pilihannya, pastikan Anda membeli smartwatch tersebut di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menyediakan berbagai smartwatch Garmin dan Samsung terbaru. Semua produk yang kami jual merupakan produk asli dengan garansi resmi pabrikan. Hubungi CS kami via WhatsApp di sini untuk informasi dan pembelian. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×