Garmin IndonesiaMengukur performa latihan bagi para atlet merupakan hal penting. Dari situlah mereka dapat mengetahui seberapa baik latihan yang dilakukan sehari-hari. Salah satunya adalah menggunakan Garmin Connect yang ada di beberapa seri unggulan smartwatch Garmin seperti Forerunner dan Fenix. Lalu, apa saja fitur Garmin Connect yang wajib diketahui dan digunakan para atlet? Simak ulasannya di artikel ini sampai akhir.

Fitur Garmin Connect Terbaik

Berikut lima fitur unggulan Garmin Connect terbaik yang dapat Anda gunakan untuk latihan dan meningkatkan performa latihan, seperti dilansir dari laman TechRadar.

1. Garmin Coach

Fitur Garmin Connect yang pertama adalah Garmin Coach. Fitur ini memberikan kemudahan pengguna dalam menyusun latihan lari. Mulai dari marathon 5K, 10K, dan Half Marathon. Selain itu, dapat memantau kondisi latihan seperti pemantau detak jantung, dan lama waktu latihan. Anda pun akan mendapatkan tutorial dan tips dari para ahli.

Tak hanya menawarkan latihan lari saja, Garmin Coach juga memiliki fitur latihan sepeda yang dapat Anda pilih seperti fitur Century dengan jarak tempuh hingga 100 mil, Gran Fordo, hingga sepeda gunung.

Baca juga: Mau Beli Smartwatch Kesehatan Terbaik? Perhatikan 7 Fitur Ini!

2. Fitur Garmin Connect – Create Course

Kedua ada Create Course dimana fitur ini jadi favorit sebagian besar atlet untuk melakukan latihan dan olahraga. Sebab, di sini Anda dapat menentukan jarak saat bersepeda atau lari. Menggunakannya cukup mnudah, yakni dengan masuk menu Training > Courses > Create Course.

Setelah masuk menu tersebut akan muncul beberapa jenis course seperti Road Cycling, Mountain Biking, Gravel/Unpaved Cycling, Running, Train Running, Hiking, dan sebagainya. Di sini juga ada ‘HeatMap’ yakni fitur untuk menampilkan latihan apa yang sering dan paling umum pengguna Garmin Connect di sekitar Anda.

3. Pace Pro

Fitur Garmin Connect ketiga yakni PacePro yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan lari pengguna. PacePro bekerja secara realtime dengan menawarkan panduan berapa kecepatan ideal Anda saat lari maupun terbagi dalam beberapa split. Termasuk kecepatan dalam bersepeda.

Misalnya saja, jika Anda akan menempuh berapa kilometer dalam 5 menit, maka fitur PacePro akan memberitahu kapan Anda perlu memacu tenaga dan mulai melambat. Beberapa produk yang mendukung untuk fitur PacePro di antaranya:

  • Descent Mk2 series
  • Enduro series
  • fenix 7 series
  • Forerunner 245
  • Forerunner 245 Music
  • Forerunner 745
  • Forerunner 945
  • Forerunner 955
  • MARQ collection
  • quatix 6
  • tactix Delta series

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartwatch Garmin Terbaik Untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

4. Fitur Garmin Connect – Fitness Age

Fitur Garmin Connect keempat ada Fitness Age. Dimana pada fitur ini dapat memperkirakan usia pengguna dan tingkat kebugaran berdasarkan usia tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memilih aktivitas fisik dan olahraga yang sesuai dan membantu pengguna merasa lebih baik. Cara kerjanya adalah merepresentasikan estimasi VO2 Max.

Namun, di sini tidak terbatas usia secara fisik saja. Sebagai contoh, usia fisik pengguna adalah 35 tahun, namun karena VO2 Max yang menghitung detak jantung dan Anda memiliki tidur cukup 8 jam sehari, maka Fitness Age adalah 24 tahun. Itu artinya, kondisi tubuh Anda sama halnya seperti seseorang yang berusia 24 tahun. Anda pun dapat melakukan olahraga yang direkomendasikan berdasarkan usia tersebut.

5. Garmin Insight

Terakhir adalah fitur Garmin Insight yang menyediakan tips latihan yang lebih baik. Di sini, pengguna dapat membandingkan status dan performa dengan pengguna lain dengan usia yang sama maupun gender. Fitur Insight menyediakan informasi seperti Cycling, Floors Climbed, Running, Sleep, Steps, dan Swimming.

Misalnya saja ketika Anda bersepeda atau lari, di sini dapat dibandingkan sejauh mana jarak yang sudah ditempuh dan seberapa cepat Anda dapat memacu sepeda maupun langkah saat berlari. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan performa berdasarkan jenis latihan yang dipilih.

Baca juga: 3 Fitur Baru Smartwatch Garmin untuk Kesehatan dan Olahraga

Penutup

Setidaknya itulah lima fitur Garmin Connect unggulan yang wajib diketahui dan digunakan para atlet profesional untuk olahraga yang lebih baik. Fitur Garmin Connect tersebut dapat Anda gunakan pada smartwatch terbaik Garmin yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget.

Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, semua produk yang dijual merupakan produk asli dan memiliki garansi resmi pabrikan. Informasi mengenai produk dan pembelian hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp