Garmin WatchSebagai gadget yang penting untuk olahraga, terutama bagi profesional dan atlet, Garmin terus memperbarui fitur-fitur unggulannya. Di tahun ini, ada tiga fitur baru smartwatch garmin yang mulai disematkan di jam tangan keluaran terbarunya. Apa saja fitur baru tersebut dan apa saja manfaatnya bagi para pengguna? Simak ulasannya di artikel berikut seperti dilansir dari laman resmi Garmin International.

Fitur Baru Smartwatch Garmin

Berikut beberapa fitur baru smartwatch Garmin yang bisa Anda gunakan untuk memantau kesehatan dan olahraga sehari-hari sebagaimana dilansir dari website resmi Garmin International.

1. Heart Rate Variablitiy (HRV)

Fitur yang pertama adalah Heart Rate Variability (HRV). Secara umum, ini bisa diartikan sebagai variasi jeda dari tiap detak jantung Anda. Perlu diketahui, detak jantung memiliki kecepatan yang tidak sama. Namun, detak jantung yang bervariasi ini adalah indikator jantung sehat dan normal.

Data detak jantung yang ada dan terekam pada HRV smartwatch Garmin, bisa digunakan untuk mengukur kondisi fisik. Misalnya saja tingkat stres, bodi baterai untuk melihat kadar energi dalam tubuh, dan berapa jumlah oksigen yang diperlukan (VO2 maks). Selain itu, fitur baru smartwatch Garmin HRV juga pun dapat digunakan untuk melihat kualitas tidur pengguna.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Monitor Heartrate Saat Olahraga

2. Fitur Baru Smartwatch Garmin – Garmin Training Status

Kedua ada fitur pemantau aktivitas olahraga yakni Garmin Training Status. Fungsi fitur ini untuk memantau seberapa efektifkah aktivitas latihan yang dilakukan oleh pengguna. Seperti halnya analisis HRV, data yang direkam merupakan data harian untuk melihat kondisi tubuh dari seberapa sering Anda berlatih secara spesifik. Saat fitur ini mengumpulkan data yang cukup, pengguna akan dapat melihat satu dari 10 kategori yang ada sebagai berikut:

 Status Keterangan
 Peaking Kondisi ideal untuk berolahraga dan menambah level Anda ke tingkat yang tertinggi.
 Productive Kondisi dimana Anda melakukan peningkatan dalam latihan dan olahraga. Baik itu dalam bersepeda, lari, dan olahraga lainnya serta aktivitas HRV normal.
 Maintaining Kondisi dimana Anda memiliki dukungan yang cukup baik untuk melakukan aktivitas latihan terkini.
 Strained Kondisi pengguna cukup terbatas karena beberapa faktor. Misalnya saja karena beban olahraga yang cukup berat. Dalam hal ini, dianjurkan untuk rehat sejenak untuk melakukan aktivitas latihan kembali.
 Unproductive Tingkat kebugaran Anda menurun dan bukan semata-mata dikarenakan aktivitas olahraga berat. Tetapi karena faktor lain seperti tingkat stres, nutrisi, dan kualitas tidur.
 Overreaching Aktivitas latihan dan olahraga lebih tinggi dari normal. Ini akan berdampak pada menurunnya performa dan ketidakseimbangan status HRV.
 Recovery Aktivitas olahraga dan latihan kurang dari normal dan aktivitas Anda menurun secara drastis.
 Detraining Tingkatan olahraga dan latihan menurun karena ada jeda dari aktivitas olahraga reguler.
 No Status Kondisi dimana Anda tidak memiliki informasi apapun dan tidak mendukung pada device yang digunakan
 Paused Pengguna mengaktifkan fitur pause atau jeda pada seting di smartwatch.

Dengan adanya data yang diambil dan dianalisis, ini cukup penting untuk Anda melakukan pengaturan. Misalnya ketika data menunjukkan Anda sudah berolahraga hingga batas maksimum, akan memberitahukan waktu untuk beristirahat sejenak. Dengan begitu, Anda bisa memulihkan tenaga untuk beraktivitas kembali.

Baca juga: Fitur Garmin Terbaru: Garmin Real-time Stamina

3. Garmin Training Readiness

Fitur baru smartwatch Garmin ketiga yakni Garmin Training Readiness. Fitur ini memiliki fungsi untuk membantu pengguna untuk melakukan olahraga secara efisien. Ada skor-skor tertentu yang menunjukkan apakah olahraga dan latihan yang dilakukan sudah efektif atau justru tidak optimal. Adapun skor yang bisa dijadikan pedoman adalah sebagai berikut:

 Skor Tingkatan Keterangan
 1-24 Poor Kondisi tubuh dalam kondisi sangat rendah. Jika pengguna dalam kondisi skor ini, maka dianjurkan untuk beristirahat.
 24-49 Low Kondisi tubuh dalam kondisi rendah. Pengguna dianjurkan untuk berolahraga dan beraktivitas namun tidak dalam aktivitas berat
 50-74 Moderate Kondisi tubuh dalam kondisi cukup baik. Di sini, Anda bisa melakukan olahraga atau aktivitas yang cukup berat sekalipun.
 75-94 High Kondisi tubuh dalam kondisi baik dan pengguna dapat melakukan aktivitas dengan maksimal.
 95-100 Prime Kondisi tubuh dalam kondisi prima dan inilah yang menjadi kondisi terbaik untuk melakukan aktivitas olahraga dan latihan.

Baca juga: 7 Fitur Penting Pemantau Kesehatan Garmin

Penutup

Itu dia Sobat Doran tiga fitur baru smartwatch Garmin di tahun ini. Adapun smartwatch Garmin yang sudah dibekali dengan fitur ini di antaranya adalah seri Forerunner 955 Solar, Forerunner 955 Standar, dan Garmin Forerunner 255S Music. Namun, tak menutup kemungkinan jika nantinya Garmin menyematkan fitur tersebut di jam tangan seri lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan jam tangan Garmin dengan kualitas terbaik, pastikan membelinya di toko terpercaya. Seperti Doran Gadget sebagai toko resmi Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Anda pun bisa melakukan pembelian di website maupun melalui aplikasi kami. Informasi lebih lanjut hubungi CS dengan cara klik di sini. Follow Instagram Doran Gagdet untuk melihat promo yang ada.

Artikel terkait:

× WhatsApp