7 Fitur Penting Pemantau Kesehatan Garmin di Masa Pandemi

garmin, fitur pemantau kesehatan

Garmin WatchMenjaga kondisi kesehatan menjadi hal utama di masa pandemi. Kondisi tubuh yang fit akan membuat Anda lebih nyaman beraktivitas dan tak mudah sakit. Untuk lebih mudah dalam memantau kondisi kesehatan tubuh, salah satunya bisa melalui smartwatch Garmin. Anda pun bisa memantau kondisi kesehatan tubuh kapan saja dan di mana saja melalui tangan Anda. Apa saja fitur yang bisa digunakan?

Fitur Jam Tangan Garmin

Berikut beberapa fitur kesehatan jam tangan Garmin yang bisa Anda gunakan untuk memantau kondisi tubuh di masa pandemi seperti sekarang. Mulai dari fitur oximeter untuk memantau kadar oksigen, tingkat dehidrasi, hingga energi dalam tubuh.

1. Pemantau Kesehatan Health Stats

Jam tangan garmin

Pertama adalah fitur pemantau kesehatan HealthStats yang salah satunya terdapat di smartwatch Garmin Forerunner 45. Fitur ini terdiri dari beberapa kategori berdasarkan kinerjanya. Termasuk bagi Anda yang berolahraga di dalam rumah menggunakan Garmin Tacx Boost. Adapun kategori ini di antaranya adalah:

  • PulseOx yakni fitur oximeter Garmin yang dapat digunakan dalam memonitor kadar oksigen pada darah. Dengan begitu, semakin banyak oksigen yang ada maka tubuh pun akan semakin baik. Khususnya, bagi Anda yang memiliki gejala sesak nafas fitur ini sangat direkomendasikan.
  • Heart Rate yang merupakan fitur pemantau detak jantung secara otomatis. Anda dapat menggunakannya pada pergelangan tangan dan fitur akan bekerja secara otomatis.
  • Respiration yakni fitur yang dapat memberikan informasi mengenai pernapasan saat melakukan kegiatan. Dengan begitu, fitur ini juga bisa digunakan mengukur tingkat kedalaman tidur Anda.

2. Mengukur Stress Level

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Di masa pandemi, seseorang bisa saja mengalami stres dan tekanan tertentu. Hal ini sangat penting untuk Anda hindari untuk menjaga imunitas tubuh tetap terjaga dan baik. Selain berolahraga dan menjaga kadar oksigen melalui oximeter Garmin, Anda perlu memiliki manajemen stres yang cukup. Untuk itu, fitur Relax Reminder hadir bertujuan mengukur level stres. Cara kerjanya sangat mudah yakni melalui aktivitas pernapasan. Dengan begitu, Anda pun bisa mengantisipasi rasa stres yang berlebih di kemudian hari.

3. Mengecek Energi Tubuh dengan Body Battery

smartwatch terbaik

Masa pandemi pun mengharuskan Anda untuk rajin berolahraga untuk menjaga kebugaran agar tetap fit. Untuk berolahraga sebaiknya jangan dilakukan secara sembarangan. Penting pula untuk melihat level dan kadar energi tubuh. Untuk itu Anda tak perlu khawatir, karena Garmin dilengkapi dengan fitur Body Baterry dalam melihat kondisi tubuh dalam keadaan prima maupun kurang baik.

Fitur ini mempermudah Anda untuk memgatur aktivitas olahraga, Mengapa demikian? Tanpa perencanaan yang matang, berpengaruh pada hasil akhir. Alih-alih tubuh menjadi sehat, justru jika berolahraga saat lelah akan memperburu kondisi tubuh. Beberapa smartwatch yang mendukung fitur ini di antaranya adalah Fenix 6 dan Garmin Instinct.

4.  Garmin Move Alert

Jam tangan garmin

 

Berikutnya adalah fitur Move Alert. Seperti namanya, fitur tersebut akan menghitung banyak pergerakan yang Anda lakukan. Fitur juga akan memberikan gambaran apakah tubuh Anda kurang gerak. Pada saat itulah yang perlu dilakukan adalah terus bergerak dalam kadar tertentu. Move alert akan memberitahu setiap 15 menit sekali ketika diaktifkan melalui getaran pada jam tangan. Smartwatch yang mendukung fitur ini di antaranya adalah Garmin Vivoactive.

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartwatch Garmin Terbaik Untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

5. Cek Cairan Tubuh di Hydration Tracking

tips bersepeda, jam tangan garmin

Fitur yang tak kalah menarik adalah Hydration Tracking. Dimana pada fitur ini, Anda bisa melihat dan memantau berapa banyak kadar cairan di dalam tubuh. Tubuh pun akan tetap selalu tetap terhidrasi sepanjang hari. Begitu pula untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari kadar cairan tubuh harus tetap stabil.

Dengan adanya fitur Hydration Tracking dapat memunculkan data apakah cairan tubuh Anda sudah cukup atau perlu ditingkatkan. Smartwatch yang mendukung fitur Hydration Tracking ini adalah Garmin Forerunner 245 dan Garmin Venu SQ.

6. Menstrual Cycle Tracking

01. garmin , smartwatch garmin

Tak hanya memiliki fitur kesehatan tubuh pada umumnya, Garmin pun dilengkapi fitur kesehatan yang khusus dirancang bagi wanita. Salah satunya adalah Menstrual Cycle Tracking. Dimana Anda bisa mengaktifkannya untuk memantau siklus menstruasi. Caranya sangat mudah dengan dihubungkan langsung melalui Garmin Connect. Fitur ini juga mampu membuat perubahan positif dan mempersiapkan hal penting ketika masa menstruasi tiba. Beberapa smartwatch garmin yang memiliki fitur ini adalah Garmin Lily, Garmin Venu SQ, dan juga Garmin Venu.

7. Garmin Coach dan Breathwork Activities

Jam tangan garmin

Terakhir adafitur Garmin Coach yang bisa Anda gunakan untuk megetahui target latihan lari Anda. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan tips sehat seputar olahraga dari ahlinya melalui fitur ‘Personal Coach’ melalui jam tangan  Forerunner 245 dan juga Forerunner 45. Lalu, fitur Breathwork Activities untuk mengetahui pencapaian Anda dalam latihan olah napas.Tujuannya adalah pikiran menjadi lebih baik, lebih konsentrasi, hingga menurunkan tingkat stres dan membuat respirasi oksigen yang baik. Setelah itu, Anda bisa mengecek kadar oksigen menggunakan fitur oximeter Garmin yakni PulseOx yang sudah dijelaskan di atas.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jam tangan dari Garmin menjadi smartwatch terbaik yang direkomendasikan untuk Anda di masa pandemi seperti sekarang. Khususnya dalam memantau kesehatan tubuh lebih terjaga dengan baik seperti adanya oximeter yang bisa memantau napas Anda bekerja dengan baik.. Selain memantau kesehatan tubuh melalui fitur jam tangan tersebut, penting bagi Anda untuk menjaga nutrisi tubuh agar tetap prima.

Kini, mendapatkan smartwatch Garmin di masa pandemi cukup mudah meski hanya di rumah saja. Anda bisa melakukan pembelian di secara online di Doran Gadget yang menjual barang asli. Selain itu, raih juga kesempatan mendapatkan harga khusus pada promo tertentu . Informasi lebih lanjut, bisa join melalui channel Telegram Doran Gadget di smartphone Anda.