Garmin Watch Tidur tidak hanya sekadar mengistirahatkan tubuh. Lebih dari itu, sebenarnya ketika kita tidur maka hal tersebut terdapat sebuah koneksi antara sel otak dan saling mengorganisir satu dengan lain. Misalnya saja sel tubuh yang melakukan perbaikan, energi tubuh yang dipulihkan, maupun hormon dan molekul serta protein yang lebih baik.

Kualitas tidur seseorang memang dipengaruhi oleh beberapa fase dan faktor lainnya. Seperti kondisi fisik dan sebagainya. Agar tidur lebih berkualitas dan lebih baik, Anda dapat memantaunya menggunakan fitur smartwatch Garmin. Apa saja? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Fitur Smartwatch Garmin Membantu Tidur Berkualitas

Setidaknya, ada 8 fitur smartwatch Garmin yang dapat Anda manfaatkan dalam memantau kualitas tidur lebih baik sepanjang hari. Melansir dari laman Garmin International, berikut di antaranya:

1. Sleep Score

Fitur Garmin Sleep Score

Pertama adalah Seleep Score yang jadi fitur pemantau tidur andalan Garmin. Fitur ini bekerja dengan melihat kualitas tidur pengguna. Dengan kata lain, jika Anda ingin mengetahui kualitas tidur, maka harus mengenakan jam tangan Garmin Anda. Cara kerjanya adalah dengan melihat enam faktor penentu kualitas tidur. Seperti fase tidur, detak jantung, tingkat stress, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Fitur Garmin Sleep Score dan Sleep Insight

2. Body Battery Energy Monitoring

Selanjutnya yakni Body Battery Energy Monitoring. Fitur smartwatch Garmin ini dapat memantau sumber energi yang ada dalam tubuh secara realtime. Dengan didukung oleh Firstbeat Analytic, sensor pun jadi lebih akurat dalam memantau aktivitas fisik, tingkat stress, istirahat dan tidur, dimana hal itu bisa berdampak pada energi tubuh. Terdapat skala 1-100 sebagai indikator untuk menandakan apakah tubuh Anda memiliki energi yang cukup atau kurang. Semakin tinggi skornya, semakin baik pula energi yang ada dalam tubuh seseorang.

3. Fitur Smartwatch Garmin – Resting Heart Rate

Fitur unggulan ketiga yakni Resting Heart Rate (RHR) yang menggunakan sensor Garmin Elevate untuk memantau detak jantung. Sensor ini berada di bagian bawah jam tangan dan akan muncul lampu dengan warna hijau yang menunjukkan aliran darah. RHR dapat mengukur detak jantung per menit saat tubuh beristirahat.

Smartwatch Garmin akan mengukur RHR saat tubuh tidur dan sebelum Andan terbangun. Normalnya, pada orang dewasa RHR ini antara 60-100 detak jantung per menitnya. RHR ini akan menunjukkan kualitas tidur dan tingkat stress. Namun, untuk mengetahui skor terbaik, Anda pun perlu menggunakannya saat tidur.

Baca juga: Heart Rate Monitor Garmin Tidak Akurat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Heart Rate Variability (HRV) Status

Selanjutnya atau nomor empat yakni Heart Rate Variability (HRV) Status. Dimana fitur tersebut dapat menghitung variasi detak jantung dan durasi panjangnya. Terkadang detak jantung dan durasinya memang berbeda-beda dan dapat berubah dengan cepat. Perubahan ini dikarenakan berbagai faktor seperti kapan Anda rileks, stress, dan ketika merasakan nervous.

Dengan menggunakan HRV, setidaknya menjadi panduan awal untuk melacak tingkat stres, tidur, dan Body Battery. Namun, analisis ini pun memerlukan waktu dan Anda perlu menggunakan smartwatch Garmin ini secara rutin kurang lebih selama 3 minggu. Kemudian, saat Anda tidur dengan mengenakan jam tangan Garmin, maka fitur ini akan bekerja dengan optimal.

5. Pulse OX

Selain detak jantung, fitur smartwatch Garmin juga akan menghitung oksigen di dalam darah. Dengan kadar oksigen yang cukup di dalam darah, maka sirkulasinya pun menjadi semakin lancar dan tidur Anda semakin nyaman. Meskipun jam tangan Garmin tidak bertujuan sebagai tolok ukur medis, setidaknya dengan fitur ini pengguna akan mengetahui oksigen dalam darah, kesehatan jantung, paru-paru, dan organ penting lainnya dalam tubuh.

Baca juga: SpO2 Adalah Fitur Penting Smartwatch, Ini Fungsi dan Pengertiannya

6. Training Status

Keenam adalah Training Status biasa digunakan oleh para atlet untuk mendapatkan hasil latihan terbaik. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan menganalisis fitur data kesehatan harian seperti HRV, VO2 Max, dan beberapa hasil latihan Anda. Dengan begitu, data akan memunculkan kondisi kebugaran. Terdapat 10 kategori status yang dapat dipilih dari kondisi memuncak sampai tegang. Kondisi baiknya tubuh tergantung pada beberapa faktor seperti kualitas tidur dan latihan yang dilakukan.

7. Fitur Smartwatch Garmin – Recovery Time

Fitur smartwatch ketujuh ada Recovery Time. Dimana fitur tersebutakan menampillkan data seberapa lama waktu yang Anda perlukan untuk beristirahat dan memulihkan energi kembali dari aktivitas satu ke aktivitas lainnya. Secara alami, data kualitas tidur dapat digunakan sebagai patokan utama dalam pemulihan tubuh ini. Apabila tidur malam memiliki kualitas buruk, maka waktu pemulihan yang muncul dan disarankan akan menjadi lebih panjang.

8. Real-time Stamina

Terakhir, fitur smartwatch Garmin dalam memantau tidur adalah Real-time Stamina. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memantau kapasitas stamina dalam tubuh apakah dalam kondisi baik atau sebaliknya. Adapun skornya adalah 0-100%, jika semakin tinggi angkanya maka semakin baik. Dengan melihat notifikasi pada Real-time Stamina, Anda pun dapat mengetahui kapan waktu untuk tidur dalam waktu yang cukup untuk menjaga stamina tetap baik.

Baca juga: Mau Beli Smartwatch Kesehatan Terbaik? Perhatikan 7 Fitur Ini!

Penutup

Fitur Garmin Sleep Score (5)

Itu dia Sobat Doran beberapa fitur smartwatch Garmin yang bisa Anda gunakan untuk membantu tidur lebih baik dan berkualitas. Anda bisa mendapatkan jam tangan Garmin terbaik hanya di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Raih pula kesempatan meraih promo dan program menarik di saat tertentu untuk pembelian smartwatch Garmin. Pembelian bisa dilakukan di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Follow juga Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp