Doran Gadget – Sensor optical untuk perangkat heart rate monitor menggunakan sensor kecil dengan cahaya infrared yang bisa mengukur perubahan yang terjadi pada pembuluh darah kapiler dibawah kulit saat darah mengalur melalui area pergelangan tangan. Karena menggunakan sensor, maka selalu ada kemungkinan jika heart rate monitor Garmin menjadi tidak akurat saat digunakan. 

Apa Penyebab Heart Rate Monitor Garmin Tidak Akurat?

heart rate garmin

Meskipun Garmin menggunakan teknologi sensor terbaik untuk heart rate monitornya, namun tentu saja pasti ada keterbatasan ketika menggunakan sebuah teknologi yang pada akhirnya mampu menyebabkan beberapa hal seperti pembacaan sensor detak jantung yang tidak akurat dalam kondisi tertentu. 

Ada beberapa penyebab mengapa heart rate monitor Garmin menjadi tidak akurat, simak selengkapnya di sini. 

  • Dalam beberapa kasus, sensor optik bisa tidak menyala ketika pergelangan Anda memiliki tato. Karena tinta, pola, dan saturasi dari beberapa tato mampu menghalangi cahaya untuk mencapai sensor dan menyulitkan membaca denyut jantung. 
  • Kemudian bisa terjadi kesalahan atau ketidak akuratan ketika Anda tidak memakai arloji dengan benar. Bahkan saat berenang pun, ada kemungkinan untuk sensor tidak bisa membaca akibat tekanan air yang membuat rongga antara kulit dengan sensor jam di dalam air. Memakai jam terlalu ketat juga mampu membatasi aliran darah sehingga hasil yang diberikan juga tidak akurat. 
  • Sensor heart rate monitor rentan terhadap hal sekecil apapun yang menghalangi lampu sensornya. Jadi kotor karena debu, keringat, atau partikel-partikel kecil lainnya bisa menghasilkan perhitungan yang tidak akurat. 
  • Aktivitas olahraga seperti mengangkat beban, memegang raket tenis atau bulutangkis, hingga mendayung merupakan aktivitas yang menyebabkan penekukan pergelangan tangan sehingga menciptakan efek yang mirip dengan memakai jam tangan terlalu ketat dan membatasi aliran darah sehingga membuat perhitungan hasil yang tidak akurat. 

Baca juga: 6 Keunggulan Garmin Bike Trainer untuk Pesepeda

Cara Mengatasi Heart Rate Monitor Garmin Tidak Akurat?

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah cara mengatasi hear rate monitor Garmin yang tidak akurat. Simak selengkapnya! 

  • Bersihkan sensor optik heart rate dengan maksimal. Pastikan untuk membersihkannya setiap selesai latihan, terutama jika saat berolahraga Anda menggunakan tabir surya, lotion, atau lainnya yang mampu meninggalkan partikel-partikel yang menempel. Gunakan air hangat dan deterjen ringan pada kain lembut untuk menyeka sensor di bagian belakang perangkat. Pastikan membilas perangkat untuk menghilangkan residu sabun dan keringkan. 
  • Pakai arloji dengan benar, jangan terlalu longgar dan jangan terlalu ketat. Sensor optik harus tetap bersentuhan dengan kulit Anda setiap saat. 
  • Lakukan sedikit pemanas sebelum memulai aktivitas agar saat menggunakan heart rate monitor darah sudah banyak yang mengalir di jaringan pada bagian belakang pergelangan tangan untuk hasil yang lebih akurat. 
  • Saat berenang pastikan sensor detak jantung optik tetap bersentuhan dengan kulit Anda. gunakan jam tangan secara pas, dan tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar agar tidak menciptakan celah antara sensor dan kulit. 
  • Gunakan jam tangan garmin pada tangan yang bebas tato untuk hasil pengukuran yang akurat. 

Baca juga: 10 Jam Garmin Best Seller di Bawah 5 Juta

Penutup

Itulah penyebab dan cara mengatasi heart rate monitor Garmin yang tidak akurat. Bagi Anda yang ingin membeli smartwatch Garmin, Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua barang yang kami jual merupakan barang original selaku official store Garmin JakartaGarmin Surabaya, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp