Fitur Garmin Sleep Score

Garmin IndonesiaKualitas tidur yang baik dan cukup menjadi indikator kesehatan yang baik. Semakin hari pun banyak yang menyadari pentingnya hal itu. Sebuah studi pada tahun 2015 menyebutkan bahwa masyarakat di Amerika Serikat memiliki jam tidur kurang dari dari 6 jam per malamnya.

Jumlah itu meningkat dari tahun1985 ke 2021 di angka 38,6 juta menjadi 70,1 juta orang. Maka dari itu, untuk membantu memantau kondisi tidur yang baik bisa menggunakan Garmin Sleep Score. Bagaimana cara perhitungannya? Simak ulasannya berikut Sobat Doran.

Tidur Lebih Baik dengan Garmin Sleep Score

Fitur Garmin Sleep Score (5)

Garmin Sleep Score merupakan salah satu fitur yang disematkan pada jam tangan Garmin untuk menjaga kualitas tidur penggunanya. Perhitungannya sendiri menggunakan beberapa aspek misalnya aktivitas pengguna, tingkat respirasi, dan saturasi oksigen. Aspek ini berpengaruh pada tingkat kedalaman tidur.

Skor perhitungan kualitas tidur ini berupa angka mulai dari 0-100. Semakin tinggi angka skor tidur Anda maka, hal itu akan lebih baik, Anda pun bisa melihat kualitas tidur ini dengan mudah melalui aplikasi Garmin Connect.

Beberapa smartwatch Garmin yang dilengkapi fitur ini di antaranya adalah seri Venu 2, Fenix 6 dan Fenix 6 Solar, Tactix Delta Series, Enduro, dan MARQ Series. Selain itu juga hampir di beberapa seri Forerunner seperti Forerunner 745 dan Forerunner 945.

Baca juga: Suhu Terbaik untuk Tidur Menurut Para Ahli

Bagaimana Garmin Sleep Menghitung Skor Tidur?

Dalam menghitung skor tidur pengguna, smartwatch Garmin memiliki tiga aspek pengukuran yang utama. Yakni dari durasi tidur, kualitas tidur, hingga metrik recovery. Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing aspek tersebut.

1. Durasi Tidur

Fitur Garmin Sleep Score (1)

Durasi tidur yang ideal menurut National Sleep Foundation adalah 7-9 jam di malam hari. Namun, hal itu bisa saja tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Terkadang ada yang lebih dari waktu yang direkomendasikan. Apabila Anda kurang tidur, maka berpotensi pada gangguan kesehatan, seperti meningkatnya berat badan dan mengakibatkan obesitas, tekanan darah tinggi, dan gangguan jantung.

Garmin Sleep Score akan menghitung durasi tidur Anda selama satu hari. Jadi, pada jam tangan Garmin Anda akan muncul berapa lama waktu tidur dalam format jam dan menit. Contohnya adalah pada gambar di atas.

2. Garmin Sleep Score Menghitung Kualitas Tidur

Fitur Garmin Sleep Score (2)

Selain durasi tidur, dalam menghitung angka pada Garmin Sleep Score adalah kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik dapat dirasakan ketika bangun pagi badan merasa bugar kembali. Kualitas tidur ini berkontirbusi pada Garmin Sleep Score.  Kualitas tersebut dihitung berdasarkan berapa kali Anda terbangun di malam hari, berapa lama waktu yang Anda habiskan setelah terbangun tidur di tengah malam dan sebelum bangun pagi hari.

Kualitas tidur dihitung pula berdasar Rapid Eye Movement (REM), yakni ketika Anda tidur dan mengalami mimpi. Begitu pula dengan Deep Sleep yakni ketika gelombang otak berada pada kondisi paling lambat selama tidur. Termasuk detak jantung maupun kecepatan napas, jadi Anda pun akan lebih rileks.

Baca juga: Tidur Lebih dari 9 Jam Tiap Malam Bisa Menjadi Hal Buruk

3. Metrik Recovery

Fitur Garmin Sleep Score (4)

Aspek yang ketiga untuk menghitung skor pada Garmin Sleep Score adalah metrik recovery. Pada aspek ini, untuk menghitung skor tergantung pada tingkat stres seseorang dan kondisi tubuh melalui seperti halnya fitur Body Battery. Selain itu, metrik pemulihan ini juga bisa dipengaruhi oleh detak jantung. Ketiga itulah yang berpengaruh pada kedalaman tidur Anda yang dihitung oleh jam tangan Garmin.

Garmin Sleep Insight

Fitur Garmin Sleep Score (3)

Garmin Sleep Insight memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk mendapatkan waktu tidur lebih baik. Khususnya bagi pengguna yang sering mengalami insomnia. Maka, fitur Sleep Insight bisa membantu mengurangi kesulitan tidur dengan memunculkan tips-tips sesuai skor durasi dan kualitas tidur. Sehingga, Anda dapat tidur yang lebih berkualitas dan dampaknya adalah, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Bagaimana dengan tidur Anda hari ini? Untuk menjaga kualitas tidur yang lebih baik, pastikan Anda melakukan olahraga dan mendapatkan asupan gizi yang baik. Selain itu, hindari aktivitas berat saat jam istirahat seperti begadang. Lalu selalu pantau kualitas tidur menggunakan jam tangan Garmin yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget.

Semua produk yang kami jual adalah barang original dan memiliki garansi resmi dari pabrikan. Raih kesempatan promo untuk pembelian di saat-saat tertentu. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan promo Garmin, bisa hubungi CS kami di WhatsApp atau follow akun Instagram dan Telegram Doran Gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp