Heart rate monitor (6)

Doran Gadget – Saat ini kebanyakan sportwatch atau smartwatch memiliki monitor heartrate yang berguna untuk memantau kondisi jantung saat berolahraga. Latihan menggunakan monitor heartrate ini berarti Anda melakukan latihan dengan memantau sistem kardiorespiratori agar bekerja pada upaya tertentu dalam periode waktu tertentu. Agar lebih jelas, mari simak alasan penting menggunakan monitor heartrate saat olahraga di bawah ini. 

heart rate garmin

1. Lebih Efisien

Apapun jenis latihannya, ketika Anda memilih latihan berdasarkan detak jantung maka bisa mendorong Anda untuk menemukan keseimbangan dengan tepat. Dengan begitu, segala latihan yang dilakukan menjadi lebih efisien. Dengan memantau detak jantung, Anda bisa mengetahui apakah latihan yang dilakukan bermanfaat atau harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. 

2. Membakar Kalori

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Karena dengan menggunakan fitur ini mampu membakar kalori dengan cara melatih tubuh secara lebih efektif dalam membakar lemak. Anda bisa berlatih dengan memilih cara yang bisa memberikan hasil detak jantung terbaik untuk menurunkan berat badan. Memantau detak jantung juga bisa membantu mengkalkulasikan jumlah kalori yang terbakar saat latihan dengan cara yang lebih akurat. 

Baca juga: Garmin Connect Tutorial: Cara Mengaktifkan Heart Rate Untuk Berenang

3. Hindari Cedera 

Semua kondisi tubuh bisa dipantau melalui monitor detak jantung tersebut. Ketika tubuh kelelahan maka akan ada perubahan besar pada detak jantung. Dengan memantau detak jantung secara konsisten, Anda bisa tahu kapan harus berhenti saat latihan untuk mencegah overtraining yang bisa menyebabkan Anda cedera atau terluka, bahkan hingga jatuh sakit. 

4. Motivasi 

Menggunakan heartrate monitor bisa menjadikan latihan olahraga Anda menjadi lebih menarik. Karena ada 5 zona berbeda yang bisa digunakan untuk berganti aktivitas latihan agar tidak membosankan. Pada akhirnya akan memberikan motivasi kepada Anda untuk lebih konsisten berolahraga setelah melihat hasilnya yang positif. 

5. Zona Detak Jantung 

Ada 5 zona detak jantung yang biasanya digunakan pada monitor heartrate saat olahraga. Semuanya berdasarkan HRM atau Heart Rate Maximum. Untuk mendapatkan HRM, Anda bisa menggunakan rumus (220 – (usia)). Jadi ketika Anda berusia 20 tahun, maka caranya adalah (220-20) = 200. HRM untuk orang berusia 20 tahun adalah 200. 

Baca juga: Cara Menggunakan Heart Rate Monitor Garmin (HRM) Untuk Memantau Aktivitas Jantung Dengan Akurat

5 Zona HRM Untuk Monior Heart Rate Saat Olahraga

Ada lima zona yang harus Anda ketahui. Zona 1 memiliki ukuran 50-60% dari HRM yang artinya intensitasnya sangat rendah dan sempurna untuk pemulihan. Zona 2 memiliki ukuran 60-70% dari HRM dimana zona ini yang paling baik saat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan zona 3 yang terdiri dari 70-80% dari HRM ini menjadi yang efektif digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah di jantung dan otot rangka. 

Untuk zona 4 memiliki ukuran 80-90% dari HRM yang hbisa digunakan untuk meningkatkan speed endurance dan mampu bertahan terhadap jumlah asam laktat yang tinggi. Kemudian di Zona 5 akan diambil ukuran dari 90-100% dari HRM yang bisa digunakan untuk berlatih selama beberapa menit pada intensitas yang padat ini. Namun perlu diingat untuk tidak berada di zona 5 jika Anda tidak sedang dalam race atau perlombaan. 

Dapatkan Alat Monitor Heartrate Saat Olahraga dari Garmin 

Sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai macam sportwatch dengan monitor heart rate dan berbagai fitur yang bisa mendukung aktivitas olahraga Anda. Selain memroduksi sportwatch, Garmin juga memiliki alat khusus untuk memonitor detak jantung yaitu Garmin HRM Pro dan Garmin HRM Dual. 

Kedua perangkat tersebut merupakan strap heart rate premium yang mampu mentransmisikan data detak jantung secara real-time melalui konektivitas ANT + ® dengan teknologi Bluetooth yang hemat energi. Selain mengukur detak jantung, Garmin HRM Pro juga bisa digunakan untuk mengukur dinamika lari yang bisa meningkatkan performa Anda. Seperti metrik osilasi vertikal, waktu kontak tanah, panjang langkah, rasio vertikal dan lainnya. 

Selain bisa menyimpan data detak jantung untuk berlari, perangkat ini juga bisa digunakan untuk memantau detak jantung selama berenang atau aktivitas lain. Baterainya bisa bertahan hingga satu tahun sehingga sangat nyaman untuk digunakan untuk traning penuh waktu yang membutuhkan waktu yang panjang. 

Baca juga: Monitor Heart Rate saat Olahraga itu Penting? Panduan Monitor Detak Jantung dengan Jam Garmin

Dapatkan Sportwatch dan Garmin HRM Pro di Doran Gadget 

Untuk mendapatkan perangkat sportwatch canggih yang memiliki fitur heartrate monitor dan perangkat HRM lainnya, Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Sebagai perusahaan distributor Garmin resmi, kami menjami produk yang dijual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan bonus point cashback untuk setiap pembelian yang dilakukan via aplikasi Doran Gadget yang bisa Anda unduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi call center kami di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

× WhatsApp