Survei Garmin_ 5 Tren Kebugaran Paling Diminati 2023

Garmin IndonesiaLaporan Kebugaran Garmin 2023 dirilis beberapa waktu lalu. Data yang diperoleh Garmin menyoroti apa saja yang menjadi favorit masyarakat untuk menjaga kesehatan, kebiasaan olahraga, dan kebugaran. Cara kerjanya adalah dengan menghitung data yang masuk pada aplikasi Garmin Connect. Apa saja tren olahraga yang menjadi favorit masyarakat di tahun 2023 kemarin? Simak ulasannya!

Laporan Kebugaran Garmin 2023

Berikut olahraga yang sempat menjadi tren di tahun lalu sebagaimana dilansir dari laman resmi Garmin:

1. Lari dan Jalan Kaki

sc: Pexels

Lari dan jalan kaki jadi tren olahraga ringan yang banyak dilakukan masyarakat di sepanjang 2023. Data yang tercatat pada aplikasi Garmin Connect memperlihatkan data aktivitas lari dan jalan kaki hingga 5.577 langkah harian yang dilakukan pengguna jam tangan Garmin.

Jumlah tersebut meningkat secara signifikan jika dibandingkan data yang pernah dirilis Garmin tahun 2017 lalu. Jumlah langkah rata-rata hariannya hanya 3.513 saja. Sementara, di tahun 2022 mengalami peningkatan 20%. Ini terjadi seiring maraknya tren dari lomba lari di tanah air dan antusiasme masyarakat yang tak kalah tinggi.

Baca juga: 6 Fitur Kesehatan Garmin untuk Keseharian Anda

2. Tenis Lapangan Kembali Populer

Laporan Kebugaran Garmin 2023 - Tenis
sc: Freepik

Tidak hanya olrahaga lari saja, olahraga lapangan seperti tenis mengalami peningkatan. Berdasarkan data Garmin Connect, para penggunanya banyak menghabiskan waktu untuk gerakan tertentu seperti service dan smash ketika bermain tenis lapangan. Olahraga ini mengalami peningkatan hingga angka 76% bila dibandingkan data dari tahun 2022.

Tenis lapangan mulai diminati masyarakat saat menjelang masa pandemi berakhir. Inilah yang membuat lapangan tenis mulai ramai dikunjungi. Di samping itu, tenis lapangan bermanfaat terhadap kesehatan organ kardiovaskular. Walau begitu, tenis lapangan juga masuk dalam aktivitas olahraga menengah hingga berat. Oleh karena itu, pastikan tubuh dalam kondisi fit untuk melakukannya.

3. Laporan Kebugaran Garmin 2023 – HIIT

sepeda statis garmin
sc: Garmin

Walaupun bagi sebagian orang olahraga dengan intensitas tinggi adalah hal berat, justru menurut Laporan Kebugaran Garmin 2023 banyak yang mencobanya. High Intensity Interval Training (HIIT) bisa Anda lakukan dengan durasi mulai dari 10-30 menit. Bagi remaja dan anak-anak, jenis olahraga ini sangat baik untuk membentuk massa dan kekuatan otot.

Selain itu, HIIT juga baik untuk kesehatan jantung. Termasuk juga dalam penyerapan oksigen ke otot. Anda dapat mencoba latihan ini misalnya dengan menggunakan sepeda statis kurang lebih 30 menit. Hambatan dalam latihan sepeda statis bisa Anda setting tinggi dan secara perlahan akan melambat. Latihan akan dianggap satu putaran bila menyelesaikan 4-6 pengulangan di dalam satu kali latihan.

Baca juga: Tips Memantau Kesehatan Tubuh dengan Fitur Jam Tangan Garmin

4. Alat Kebugaran Semakin Diminati

02. olahraga indoor
sc: Oddity Central

Faktor lain yang menyebabkan beberapa olahraga diminati tahun 2023 ialah masyarakat semakin meminati alat kebugaran. Tak sedikit dari mereka pergi ke pusat kebugaran atau gym, lalu menggunakan beberapa peralatan olahraga yang ada. Hal itu membuat penggunaan alat kebugaran yang tercatat di aplikasi sekitar 19% di aplikasi.

Beberapa peningkatan juga terlihat untuk aktivitas yang melatih kekuatan. Misalnya saja aktivitas eliptikal maupun menaiki tangga. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan seseorang dengan usia 18-64 tahun setidaknya perlu melakukan aktivitas aerobik berintensitas sedang. Paling tidak selama 150-300 menit. Termasuk melatih penguatan otot sedang sekitar 2 hari maupun lebih seminggu.

5. Kepedulian terhadap Kesehatan Mental

01. olahraga indoor (1)
sc: Yoga Baron

Terakhir, Laporan Kebugaran Garmin 2023 mencatat selain olahraga masyarakat juga peduli terhadap kesehatan mental. Untuk menjaga mental dengan baik, para pengguna sering melakukan pilates maupun yoga. Dengan begitu, tubuh menjadi rileks, kekuatan dan fleksibilitas pun meningkat.

Garmin Connect merekam data pertumbuhan sampai dua digit untuk aktivitas pernapasan ini. Adapun smartwatch Garmin yang sering digunakan untuk mencatat aktivitas yoga dan pernapasan salah satunya adalah seri Garmin Venu 3. Selain baterainya mampu hingga 14 hari penggunaan, dapat merekam aktivitas tidur pengguna serta mendeteksi kapan harus istirahat maupun mengisi energi.

Baca juga: 10+ Smartwatch Garmin Terbaik untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

Olahraga Lebih Baik dengan Perangkat Garmin

garmin jakarta, garmin di jakarta, garmin venu, harga jam garmin, smartwatch garmin, garmin watch (5)
sc: Garmin

Bagaimana Sobat Doran, apakah Anda sudah menerapkan salah satu dari tren olahraga versi Laporan Kebugaran Garmin 2023 di tahun lalu. Jika sudah, sebaiknya selalu konsisten untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, apabila belum melakukannya ada baiknya untuk mencobanya mulai hari ini.

Nah, untuk menunjang olahraga dan memantau kesehatan secara realtime gunakan perangkat terbaik dari Garmin. Raih kesempatan mendapatkan harga terbaik dan promo menarik lainnya untuk setiap pembelian produk Garmin di Doran Gadget. Pilih gadget favorit Anda dengan cara klik di sini!

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>