Doran Gadget Jam tangan menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Bahkan, saat ini tidak hanya sekadar penunjuk waktu saja, namun untuk memantau kesehatan. Seiring pemakaiannya, jam tangan terkadang kotor dan terdapat noda. Khususnya di bagian strap dan kacanya.

Tak perlu khawatir, sebab dengan menerapkan cara membersihkan jam tangan karet dengan benar, maka jam tangan akan lebih awet. Bagaimana langkahnya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Cara Membersihkan Jam Tangan Karet

Ada beberapa cara membersihkan tali jam tangan yang menggunakan karet. Anda dapat menggunakan beberapa peralatan yang mudah ditemukan di rumah. Berikut di antaranya yang perlu diketahui:

1. Persiapkan Peralatan yang Diperlukan

Sebelum melakukan pembersihan jam tangan karet ini, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Di sini, ada peralatan utama untuk membersihkan dan bisa Anda dapatkan di rumah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Air bersih
  • Sikat gigi dengan bulu halus
  • Lap atau kain bersih
  • Karet penghapus

Anda bisa memilih salah satu bahan di atas. Kemudian, yang tak kalah penting lagi adalah pastikan permukaan atau area membersihkan jam tangan ini bersih. Tujuannya agar debu tidak menempel dan mengotori strap karetnya.

Baca juga: Langkah dan Cara Menghubungkan Smartwatch ke iPhone

2. Membersihkan dengan Karet Penghapus

Karet penghapus menjadi salah satu cara membersihkan jam tangan karet yang praktis. Karet ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda dalam kategori ringan. Contohnya debu yang menempel maupun keringat. Termasuk juga noda coretan atau goresan dengan kadar tertentu dan dapat dibersihkan.

Caranya pun sangatlah mudah. Di sini Anda tinggal menggosokkannya saja penghapus tersebut di bagian strap yang berdebu dan kotor. Lakukanlah secara perlahan sampai sela-sela strap kotor tersebut. Jika masih ada kotoran yang menempel, ulangilah sekali lagi sampai benar-benar hilang dan jam kembali bersih.

3. Cara Membersihkan Jam Tangan Karet dengan Kain

Selain menggunakan karet penghapus, Anda pun dapat melakukannya menggunakan kain bersih. Usahakan gunakan kain yang tidak berserat agar tetap nyaman. Kain ini juga terbuat dari bahan yang halus. Misalnya kain untuk membersihkan layar laptop atau membersihkan kacamata.

Anda cukup memberi kain ini dengan kain yang bersih. Kemudian, bersihkan bagian kotor tersebut menggunakan kain basah tadi. Agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan air bersih hangat. Dengan begitu, noda akan lebih mudah terangkat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch untuk Berbagai Jenis Olahraga

4. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Siapa sangka jika minyak kayu putih juga bisa Anda jadikan alternatif cara membersihkan jam tangan karet. Khususnya untuk jam tangan dengan strap warna putih dan cerah agar lebih cerah dan tidak menguning. Namun, perlu diingat jika cara ini digunakan untuk jam tangan tertentu. Sebab, ada jam tangan yang memudar bila menggunakan kayu putih ini.

Untuk mengetesnya, Anda bisa meneteskan minyak kayu putih ini di tangan lalu oleskan sedikit. Jika warnanya tidak memudar, maka Anda dapat membersihkan dengan cara meneteskan minyak kayu putih di kain bersih atau kapas. Lalu, gosoklah ke strap tersebut. Untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih, strap dapat dibilas menggunakan air hangat.

5. Hal yang Perlu Dihindari

garmin jakarta, garmin di jakarta, jam tangan garmin murah, smartwatch garmin, store garmin di semarang

Terakhir, ada pula hal-hal penting yang perlu dihindari agar jam tangan tetap awet, tidak mudah rusak dan tidak membuat iritasi di tangan. Oleh karena itu, saat membersihkannya, jangan gunakan beberapa bahan kimia yang berbahaya seperti:

  • Cairan untuk pewarna rambut
  • Cairan pembasmi serangga
  • Krim dan lotion pelembab
  • Minyak atau oli yang mengandung bahan keras, seperti oli mesin
  • Sabun dan deterjen
  • Hand sanitizer

Anda juga dapat menggunakan lap isopropil alkohol 70%. Namun, ini hanya cocok untuk strap yang terbuat dari logam maupun bahan silikon dengan jumlah secukupnya. Hal yang sama berlaku pula untuk membersihkan kaca jam tangan.

Baca juga: 5 Merk Smartwatch Terbaik dan Banyak Diminati

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan Sobat Doran cara membersihkan jam tangan karet ini? Kini, Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk selalu membaca buku panduan dan ketentuan pabrikan agar jam tangan tetap awet dan tidak mudah rusak. Dapatkan jam tangan terbaik dari brand ternama seperti JETE, Garmin, Samsung, Apple, dan Xiaomi hanya di Doran Gadget.

Produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Raih kesempatan mendapatkan promo potongan harga dan lainnya untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa untuk ikuti Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo yang berlaku.

Artikel terkait:

>