DJI IndonesiaBeberapa waktu lalu DJI kembali merilis action cam terbarunya, Osmo Action 4. Dimana kemunculannya merupakan generasi penerus dari seri Osmo Action 3 yang rilis pada tahun 2022 lalu. Pihak pabrikan menyematkan sensor lebih besar dan pembaruan fitur baterai di seri ini. Seperti apa review DJI Osmo Action 4 ini dan apa saja pembaruan fitur yang disematkannya? Simak ulasannya lebih lanjut dan lengkap dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Osmo Action 4

Review DJI Osmo Action 4 (1)
sc: Camera Jabber

Berikut spesifikasi DJI Osmo Action 4 secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya:

Dimensi 70.5×44.2×32.8 mm
Bobot 145 gram
Ketahanan Air 18 meter (tanpa case pelindung)
60 meter (dengan case pelindung)
Jumlah Mikrofon 3
Dukungan SD Card microSD (up to 512 GB)
Layar Touchscreen Ya
Sensor Kamera 1/1.3-inch CMOS
Lensa Kamera FOV: 155°
Aperture: f/2.8
Focus Range: 0.4 m to ∞
Format Foto JPEG/RAW
Format Video MP4 (H.264/HEVC)
ISO Photo: 100-12800
Video: 100-12800
Fitur Stabilisasi RockSteady 3.0
RockSteady 3.0+
HorizonBalancing
HorizonSteady
Ketahanan Baterai 160 menit
Koneksi USB-C, Bluetooth, Wi-Fi

Baca juga: Perbandingan DJI Action 2 vs DJI Osmo Action 3

Fitur DJI Osmo Action 4

Ada sejumlah pembaruan fitur DJI Osmo Action 4 ini. Terutama dari segi kamera dan fitur tambahan lainnya. Melansir dari berbagai sumber terkait seperti PC Mag, Pocket Lint, Slash Gear, dan lainnya berikut beberapa di antaranya

1. Desain dan Layar

Review DJI Osmo Action 4 (3)
sc: Slash Gear

Fitur DJI Osmo Action 4 yang pertama yakni dari segi desain dan layar. Memang, desain utamanya tidaklah jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Yakni memiliki bobot yang ringan hanya sekitar 145 gram saja. Pengguna semakin nyaman dalam melakukan pengaturan mode hanya dengan sentuhan tangan pada layar berkat fitur touchscreen.

Keunggulan dari desain ini adalah, Anda dapat menggunakan action cam untuk merekam underwater. Sebab, memiliki ketahanan hingga 18 meter tanpa pelindung. Sementara, jika menggunakan case pelindung maka dapat digunakan hingga kedalaman 60 meter.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

2. Ketahanan Baterai

Review DJI Osmo Action 4
sc: Pocket Lint

Selanjutnya adalah mengenai ketahanan baterai. Komponen ini memang menjadi hal penting. Terlebih lagi kamera aksi sering digunakan untuk aktivitas outdoor. Oleh karena itu, baterai dengan ketahanan yang lama memang menjadi pertimbangan utama para pengguna.

Adapun ketahanan baterai DJI Osmo Action 4 mampu hingga 160 menit waktu penggunaan. Di samping itu, pihak pabrikan juga menyematkan fitur pengisian daya cepat (fast charging) yang diklaim mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit saja.

3. Review DJI Osmo Action 4 – Fitur Kamera

Review DJI Osmo Action 4 (4)
sc: Man of Many

Bicara mengenai review DJI Osmo Action 4, sektor kamera menjadi sangat penting. Di seri terbaru ini DJI mengusung sensor gambar lebih besar 1/1.3 inci. Bandingkan dengan DJI Osmo Action 3 sebesar 1/1.7 inci. Ukuran sensor itu serupa dengan sensor drone DJI Air 3. Salah satu keunggulan dari sensor besar ini adalah, kualitas gambar yang lebih baik dan lebih tinggi walaupun berada pada kondisi minim cahaya (low-light).

Kemudian, aperture f/2.8 yang dimilikinya setara dengan 2.4 mikron dan memberikan hasil gambar yang lebih detail dan tajam. Walaupun begitu, DJI masih mempertahankan cakupan sudut pandang (FoV) pada lensa Action 4 di kisaran 155°. Ini hampir setara dengan bidang pandang mata manusia. Untuk perekaman video juga tersedia 4K 120fps. Pengguna juga dapat memilih opsi mode warna 10-bit D-Log M. Terutama digunakan dalam grading pada proses post production.

Baca juga: 7 Action Camera dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Fitur Lainnya

Review DJI Osmo Action 4 (5)
sc: Tech Verse

Selain fitur kamera, fitur pendukung DJI Osmo Action 4 ini juga tidak kalah keren. Misalnya saja adanya fitur 360° HorizonSteady dan RockSteady 3.0 membuat kamera lebih stabil dari getaran dan guncangan saat digunakan. Termasuk saat digunakan dalam merekam pada resolusi 4K/120fps pun memiliki kualitas bagus.

Kamera juga dapat terintegrasi dengan WiFi dan memiliki fitur Voice Control. Anda lebih leluasa merekam objek baik vertikal mupun horizontal. Terlebih adanya fitur kalibrasi dengan memanfaatkan sensor suhu warna. Sehingga, warna yang terekam nampak seperti aslinya baik indoor, outdoor, maupun underwater. Pemasangannya juga sangat mudah berkat sistem quick release dengan magnet.

5. Harga DJI Osmo Action 4

Review DJI Osmo Action 4 (2)
sc: Cined

Terakhir adalah mengenai harga yang dipasarkan. Di Indonesia sendiri, kamera DJI ini dijual dalam dua paket yang berbeda. Yakni Adventure Combo dan Standard Combo. Masing-masing paket dijual pada kisaran:

  • DJI Osmo Action 4 Standard Combo: Rp6 jutaan
  • DJI Osmo Action 4 Adventure Combo: Rp7.7 jutaan

Harga tersebut bisa saja berubah di negara atau regional lainnya. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk. Sehingga, berpengaruh pada harga yang dipasarkan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2023

Penutup

sc: Doran Gadget

Dari review DJI Osmo Action 4 di atas dapat disimpulkan jika action cam ini lebih baik dibanding seri sebelumnya. Terutama mengenai besaran sensor gambar untuk menghasilkan hasil yang lebih optimal. Begitu pun dari segi pengisian daya baterai mampu diandalkan dalam berbagai kondisi.

Kini, Anda bisa memiliki kamera aksi ini dengan membelinya di Doran Gadget. Sebagai authorized store DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan dalam setiap pembelian di waktu tertentu. Baik pembelian langsung di store, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi dan konsultasi seputar produk hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×