DJI IndonesiaMemasuki awal bulan November 2022, DJI kembali merilis drone terbaru mereka di jajaran Mavic 3 Series, yakni seri Classic. Drone ini melengkapi dua drone seri tersebut untuk fotografi dan pembuat film.

Namun, di seri Classic memiliki harga yang lebih terjangkau. Lalu, apa saja perbandingan dan perbandingan DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3? Simak ulasannya yang sudah dirangkum tim Doran Gadget berikut.

DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3 Secara Umum

UPDATE FIRMWARE DJI MAVIC 3

Ada beberapa poin pembeda antara DJI Mavic 3 Classic dengan seri Mavic 3 Standard dan Mavic 3 Cine. Melansir dari laman Heliguy, selengkapnya Anda dapat melihat pada tabel di bawah ini:

 Spesifikasi  Mavic 3 Classic  Mavic 3 Standard  Mavic 3 Cine
 Bobot  895 gram  895 gram  899 gram
 Dimensi  221 x 96.3 x90.3 mm (dilipat tanpa baling-baling)
 347.5 x 283 x 107.7 mm (tak dilipat tanpa baling-baling)
 221 x 96.3 x90.3 mm (dilipat tanpa baling-baling)
 347.5 x 283 x 107.7 mm (tak dilipat tanpa baling-baling)
 221 x 96.3 x90.3 mm (dilipat tanpa baling-baling)
 347.5 x 283 x 107.7 mm (tak dilipat tanpa baling-baling)
 Hasselblad Camera  4/3 CMOS, Effective pixels: 20 MP  4/3 CMOS, Effective pixels: 20 MP  4/3 CMOS, Effective pixels: 20 MP
 Kamera Tele  Tidak  1/2-inch CMOS: 28x hybrid zoom  1/2-inch CMOS: 28x hybrid zoom
 Apple ProRes  Tidak  Tidak  Apple ProRes 422 HQ
 Apple ProRes 422
 Apple ProRes 422 LT
 Resolusi Video  5.1K @ 50 fps;
 4K @ 120 fps for HD slow-motion videos
 5.1K @ 50 fps;
 4K @ 120 fps for HD slow-motion videos
 5.1K @ 50 fps;
 4K @ 120 fps for HD slow-motion videos
 Penyimpanan  8GB  8GB  1TB
 Sensor Tabrak  Omnidirectional  Omnidirectional  Omnidirectional
 Lama Terbang  46 menit  46 menit  46 menit
 Harga  Rp26.3 jutaan (dengan RC)  Rp31.4 jutaan (Basic)  Rp80.6 jutaan (premium combo)

Baca juga: Harga dan Spesifikasi DJI Mavic 3 Classic di Indonesia

Fitur DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3

Selain spesifikasi umum, dalam perbandingan DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3 perbedaan dapat dilihat di beberapa segi lainnya. Namun, perbedaan-perbedaan tersebut sebenarnya tidak begitu mencolok. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Sektor Kamera

Perbedaan yang cukup mencolok di antara ketiga varian seri Mavic 3 adalah pada segi kameranya. Pada seri DJI Mavic 3 Classic tidak dibekali dengan kamera telephoto. Ini memang berbeda dengan Mavic 3 Standard dan Cine yang memiliki fitur tersebut dengan aperture f/4.4 dan dapat digunakan untuk hybrid zoom hingga 28x. Sementara, pada seri Classic dapat digunakan untuk pembesaran hingga 3x walaupun sama-sama menggunakan kamera Hasselblad.

Hal lainnya yang absen pada DJI Mavic 3 Classic adalah tidak dibekali dengan fitur gimbal lock seperti halnya seri Standard dan Cine. Pembeda utama lainnya adalah, Mavic 3 Cine dilengkapi dengan Apple ProRes 422 HQ Codec. Dimana fitur tersebut merupakan standar tinggi di dunia perfilman untuk kualitas video HD baik.

Baca juga: 8 Drone DJI dengan Kamera Terbaik Saat Ini

2. Desain

Berikutnya di sektor desain DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3. Ketiga drone di seri ini sebenarnya tidak banyak perbedaan yang mencolok. Misalnya saja di segi dimensi drone saat dilipat maupun tidak dipilat. Saat drone dilipat tanpa baling-baling dimensinya 221 x 96.3 x90.3mm dan 347.5 x 283 x 107.7 mm jika tidak dilipat tanpa baling-baling. Hanya saja perbedaannya tipe Cine lebih berat dibanding Classic maupun Standard yakni 899 gram.

3. DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3 – Controller

menghubungkan remote dji mavic 3 (1)

Ketiga tipe untuk seri Mavic 3 kompatibel dengan controller utama DJI. Seperti DJI RC, DJI RC Pro, dan DJI RC-N1. Walaupun kompatibel dengan ketiga controller tersebut, namun untuk penjualan dalam satu paket berbeda-beda yakni:

  • Mavic 3 Classic: DJI RC-N1 atau DJI RC
  • Mavic 3 Standard: DJI RC-N1
  • Mavic 3 Cine: DJI RC Pro

Meski begitu, untuk controller DJI Pro dan DJI RC dapat dibeli secara terpisah bila Anda ingin menggunakannya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Menghubungkan dan Menggunakan Remote DJI Mavic 3

4. Ketahanan Baterai

Begitu pula jika melihat perbandingan DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3 seri Standard maupun Cine di segi baterai, ketiganya tidak ada perbedaan mendasar. Yakni sama-sama menggunakan tipe baterai LiPo 4S dengan kapasitas 5.000 mAh. Dimana hal itu dapat memberikan waktu penerbangan sampai 46 menit dan hovering time 40 menit. Baterai tersebut memiliki bobot 335.5 gram dan dapat dioperasikan pada suhu -10°C sampai dengan 40°C.

5. Transmisi dan Fitur Pintar Lainnya

Terakhir yakni perbandingan di segi fitur-fitur pendukung lainnya. Misalnya untuk fitur keamanan, transmisi, dan mode pintar untuk pengambilan gambar. Ketiganya pun tidak terdapat perbedaan berarti. Untuk fitur keamanan, selain sensor tabrak omnidirectional dilengkapi juga dengan Advanced RTH, APAS 5.0, dan penerbangan yang lebih presisi.

Sementara itu, mode pengambilan gambar yang dapat dipilih di antaranya ActiveTrack 5.0, MasterShots, QuickShots, Hyperlapse, Panorama, dan High-Speed QuickTransfer. Lalu, untuk sistem transmisi video menggunakan O3+. Dengan begitu, ketiga tipe drone mampu untuk diterbangkan sampai jarak 8 kilometer (CE).

Baca juga: 6 Aksesoris Drone DJI Mavic 3 yang Bisa Anda Pilih

Mana yang Tepat untuk Anda?

Dari ulasan di atas, mana seri Mavic 3 yang tepat untuk Anda? Perlu diketahui, ketiga drone tersebut memiliki target audiens yang berbeda-beda. Bagi pemula dan pengguna atau konten kreator di tingkatan semi-pro, maka drone DJI Mavic 3 dan Mavic 3 Classic  sangat direkomendasikan. Hal itu karena pengoperasian yang lebih mudah dengan teknologi terbaru untuk fotografi maupun pembuatan film di udara.

Begitu pun jika patokannya adalah harga, DJI Mavic 3 Classic menjadi pilihan tepat sebab memiliki harga yang ekonomis dibanding seri Standar maupun Cine. Hanya saja, pada seri Classic tidak dilengkapi dengan kamera tele. Dengan begitu, apabila pengguna menginginkan kamera tersebut, maka harus membelinya secara terpisah.

Sementara itu, untuk pengguna di tingkat profesional, pembuat film di level high-end, maupun konten kreator di tingkat top-level pilhannya adalah DJI Mavic 3 Cine. Sebab, drone ini memiliki berbagai keunggulan di berbagai sektor khususnya kamera. Misalnya dukungan untuk Apple ProRes dan penyimpanan internalnya hingga 1TB SSD.

Baca juga: 5 Drone Terbaik untuk Content Creator

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai perbandingan DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3 yang perlu diketahui sebelum membelinya. Apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali.

Kami menjual produk DJI original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo dan program menarik untuk pembelian drone beserta aksesorisnya. Baik pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan pembelian hubungi CS kami di sini. Follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×