Doran Gadget – Ada sebuah event marathon yang sedang banyak dibicarakan di dunia olahraga, disebut Maybank Bali Marathon 2022, event satu ini menjadi perbincangan banyak pihak karena akhirnya diadakan lagi setelah terputus karena covid. Event yang berlangsung sejak tahun 2012 ini dikabarkan akan dihadiri para pelari dan atlit yang berasal lebih dari 50 negara di dunia.

Apa Itu Maybank Bali Marathon 2022? 

Untuk merayakan hari jadi Maybank Marathon yang sudah memasuki umur satu dekade, PT Bank Maybank Indonesia Tbk mengumumkan kembali mengadakan Maybank Marathon 2022 di Indonesia. Tidak hanya itu, untuk Maybank Marathon 2022 kali ini diberikan titleElite Label’ oleh Maybank Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan pada 28 Agustus 2022 di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali. Sedangkan untuk Race Park Collection Day yang merupakan event hiburan bagi para pelari akan dibuka mulai dari 26-27 Agustus 2022 di Taman Bhagawan, Benoa, Bali.

Maybank Bali Marathon 2022 ini disebut sebagai ajang lari marathon pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan label ‘Elite’ dari badan atletik dunia, World Athletic. Maybank Indonesia juga telah memastikan seluruh aspek penyelenggaraan ‘Elilte’ Maybank Marathon 2022 kali ini telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh badan atletik dunia termasuk dengan keterlibatan para atlet lari elite nasional. 

Ada dua pilihan jarak yang bisa ditempuh para pelari, untuk pelari marathon akan menempuh total 42.195 km sedangkan untuk yang mengikuti half marathon akan berlari sejauh 21.1 km, dan 10K. Ada juga kategori tambahan untuk peserta anak-anak yaitu Children Sprint dan peserta kategori Wheelchair. Acara ini didominasi oleh peserta dari dalam negri dan 50 negara lain yang diantaranya terbanyak dari Malaysia, Jepang, Inggris, Australia, Singapura, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Keuntungan Mengikuti Garmin Run Club Bagi Pelari

Perlengkapan Lari untuk Maybank Bali Marathon 2022?

Untuk memaksimalkan performa lari Anda dalam acara Maybank Bali Marathon 2022 yang akan datang, berikut ini adalah beberapa perangkat lari yang bisa Anda gunakan untuk memantau kondisi kesehatan tubuh dan kenyamanan saat berlari nanti. Selengkapnya di bawah ini. 

1. Heart Rate Monitor

Heart rate monitor (6)

Menggunakan perangkat HRM menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa dibuat. Dengan mengetahui HRM, atlit atau pelari bisa mengetahui detak jantung yang mereka miliki saat sedang berlari. Bisa menggunakan alat seperti chest strap run, atau menggunakan smartwatch untuk bisa memonitor detak jantung Anda. 

Dengan mengontrol kemampuan kerja jantung ini, Anda bisa membuat keputusan kapan waktu untuk melambat saat berlari agar tidak berlebihan dan kehabisan stamina. Mengetahui kapan waktu untuk recovery juga bisa memberikan Anda kesempatan lebih untuk tidak tumbang di tengah jalan saat melakukan marathon.

Baca juga: Garmin Forerunner 255 vs Forerunner 245: Mana yang Tepat untuk Lari Anda?

2. Pakaian yang Nyaman

tips lari, diet sehat, gaya hidup sehat, jam tangan garmin

Merupakan sebuah hal paling penting bila Anda harus melakukan lari marathon berkilo-kilo. Karena lari merupakan aktivitas yang menguras tenaga, karena itu memiliki pakaian yang nyaman baik itu baju, celana, sepatu, dan topi wajib diperhatikan. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan tidak panas. Kemudian untuk sepatu juga pilihlah sepatu khusus lari yang kuat dan berkualitas untuk menunjang performa Anda. 

3. Waist Pouch dan Armband

tips lari, diet sehat, gaya hidup sehat, jam tangan garmin

Waist pouch atau tas pinggang ini cocok digunakan saat berolahraga misalnya untuk menyimpan ponsel gadget untuk memonitor detak jantung. Kemudian ada juga Armband yang biasanya digunakan pada lengan atas untuk memonitor detak jantung. Keduanya sama-sama memudahkan untuk menyimpan beberapa perlengkapan penting sat sedang melakukan marathon. 

Baca juga: Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari

4. Headset Bluetooth 

01. Headset bluetooth, JETE Open Ear 2

Menggunakan headset bluetooth atau TWS sebagai peneman lari marathon agar tidak bosan sambil mendengarkan musik memang bisa jadi pilihan terbaik. Meskipun jika sedang melakukan marathon pilihan terbaik adalah headset bluetooth open ear seperti milik JETE Open Ear 2. Karena jika memilih TWS meskipun tahan air masih ada kemungkinan lepas dari telinga saat digunakan untuk berlari. Sedangkan headset bluetooth JETE Open Ear 2 juga sudah anti lepas dan memiliki fitur IPX untuk tahan air dengan kapasitas penyimpanan musik besar hingga 1225 lagu sehingga Anda tidak perlu membawa perangkat lain seperti ponsel untuk bisa mendengarkan musik sembari berlari. 

5. Smartwatch untuk Maybank Bali Marathon 2022

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah smartwatch. Bagi Anda pelari yang ingin terus memantau performa lari, memliki sebuah smartwatch khusus lari adalah sebuah kewajiban. Karena kebanyakan sportwatch telah dilengkapi fitur-fitur yang bisa memantau performa lari mulai dari detak jantung, kadar oksigen, stamina, dehidrasi, menata pola tidur, memberitahu kapan waktu untuk berhenti dan bekerja maksimal sesuai dengan kondisi tubuh dan lainnya. Karena itulah, smartwatch dengan banyak fitur olahraga menjadi salah satu yang paling wajib dimiliki jika Anda ingin mengikuti Maybank Bali Marathon 2022. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Jam Tangan Lari Terbaik 2022

Penutup

Itulah penjelasan dari Maybank Bali Marathon 2022 dan perlengkapan yang Anda butuhkan untuk mengikuti acara Maybank Bali Marathon 2022. Bagi Anda yang mencari smartwatch, headset bluetooth, hingga heart rate monitor, kini Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Lakukan pembelian melalui aplikasi Doran Gadget demi kemudahan transaksi online yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

>