DJI IndonesiaBeberapa waktu lalu, DJI meluncurkan drone flagship di jajaran seri Mavic 3 yakni DJI Mavic 3 Pro. Kehadiran drone ini menjadi pelengkap dua seri sebelumnya yang mendapatkan perhatian positif dari pehobi drone, fotografer, maupun videografer. Lantas, apa saja perbedaan antara DJI Mavic 3 Pro vs Mavic 3 vs Mavic 3 Classic? Anda bisa simak selengkapnya dalam artikel yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Perbandingan Spesifikasi Kamera

sc: CineD

Perbedaan yang utama dari DJI Mavic 3 Pro vs Mavic 3 vs Mavic 3 Classic adalah dari segi kamera yang disematkan pada drone. Pada seri Mavic 3 Pro hadir dengan tiga kamera dan ini adalah drone pertama dari DJI yang mengadopsi sistem triple camera. Perbedaan spesifikasi kamera selengkapnya sebagai berikut:

SpesifikasiDJI Mavic 3 ProDJI Mavic 3DJI Mavic 3 Classic
Sensor4/3 CMOS Hasselblad Camera
1/1.3-inch CMOS Medium Tele Camera
1/2-inch CMOS Tele Camera
4/3 CMOS Hasselblad Camera
1/2-inch CMOS Tele Camera
4/3 CMOS Hasselblad Camera
ResolusiHasselblad Camera: 20 MP
Medium Tele Camera: 48 MP / 12MP
Tele Camera: 12 MP
Hasselblad Camera: 20 MP
Tele Camera: 12 MP
20 MP
ModeHasselblad Camera: Hasselblad Natural Colour Solution (HNCS)/D-Log/D-Log M/HLG/Normal
Medium Tele Camera: D-Log M/HLG/Normal
Tele Camera: Normal
Hasselblad Camera: Hasselblad Natural Colour Solution (HNCS)/D-Log/D-Log M/HLG/Normal
Tele Camera: Normal
Hasselblad Natural Colour Solution (HNCS)/D-Log/D-Log M/HLG/Normal

Keunggulan dari tiga kamera pada DJI Mavic 3 Pro tentu akan memberikan sejumlah kemudahan dan hasil terbaik, di antaranya adalah:

  • Kamera tele 70mm terlihat kecil dan membuat footage yang sinematik menjadi lebih mudah.
  • Mendukung pengambilan pada 4K/60fps yang membuat focal length yang berbeda menjadi lebih mudah dan menangkap sudut menjadi lebih baik.
  • Hasil yang lebih jernih dan lebih fokus, baik untuk foto maupun video.
  • Dengan zoom optik 3x dan mode warna D-Log M terbaru, membuat gradasi warna lebih mudah dan hasil lebih baik. Sebab, didukung dengan berbagai fitur unggulan seperti FocusTrack, Hyperlapse, dan pembesaran mulai dari 3x hingga 7x.

Baca juga: Perbandingan DJI Mavic 3 Classic vs Mavic 3

DJI Mavic 3 Pro vs Mavic 3 vs Mavic 3 Classic – Desain

sc: DJI

Berikutnya adalah dari segi desain ketiga drone. Sekilas antara DJI Mavic 3 Pro vs Mavic 3 vs Mavic 3 Classic memang terlihat sama. Meski begitu, tetap ada perbedaan jika dilihat lebih jauh. Hal itu bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

SpesifikasiDJI Mavic 3 ProDJI Mavic 3DJI Mavic 3 Classic
Bobot958 gram895 gram895 gram
DimensiDilipat (tanpa propeller): 231.1×98×95.4 mm
Tidak dilipat (tanpa propellers): 347.5×290.8×107.7 mm
Dilipat (tanpa propeller): 221×96.3×90.3 mm
Tidak dilipat (tanpa propellers): 347.5×283×107.7 mm
Dilipat (tanpa propeller): 221×96.3×90.3 mm
Tidak dilipat (tanpa propellers): 347.5×283×107.7 mm
ControllerDJI RCDJI RC-N1DJI RC-N1

DJI Mavic 3 Pro nampak memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dua seri Mavic 3 lainnya. Begitu pula dengan ukurannya, terutama pada bagian kamera depan. Hal itu karena desain tiga kamera yang membuatnya nampak lebih besar. Meski begitu, ukuran saat dilipat sangat ergonomis sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas dengan mudah saat traveling.

Perbedaan lainnya terlihat pada remote controller yang digunakan dan itu bisa didapatkan dalam paket pembelian. DJI Mavic 3 Pro Standar dilengkapi dengan DJI RC. Sedangkan untuk DJI Mavic 3 maupun DJI Mavic 3 Classic menggunakan DJI RC-N1.

Controller DJI RC memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan DJI RC-N1. Misalnya saja pada DJI RC sudah dilengkapi dengan kamera 5.5 inci dengan layar HD. Hal itu memungkinkan pengguna tidak perlu menggunakan koneksi pada smartphone saat menerbangkan DJI Mavic 3 Pro. Selain itu, layar HD-nya tetap nyaman walaupun terpapar cahaya matahari langsung. Pengguna semakin nyaman pula dengan aplikasi DJI Fly App.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mavic 3 Pro: Hadir dengan Triple Camera

Performa dan Sensor Tabrak

sc: DJI

Poin penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih drone seri Mavic 3 ini adalah dari segi performanya saat diterbangkan. Termasuk adanya sensor tabrak untuk penerbangan yang lebih aman dan nyaman. Mengenai hal tersebut, bisa dilihat dalam tabel berikut:

SpesifikasiDJI Mavic 3 ProDJI Mavic 3DJI Mavic 3 Classic
Sensor TabrakOmnidirectionalOmnidirectionalOmnidirectional
TransmisiDJI O3+: Up to 15 km
1080p/60fps Live Feed
DJI O3+: Up to 15 km
1080p/60fps Live Feed
DJI O3+: Up to 15 km
1080p/60fps Live Feed
Ketinggian6000m Max Takeoff Altitude6000m Max Takeoff Altitude6000m Max Takeoff Altitude
Lama Terbang43 menit46 menit46 menit

Walaupun ketiga drone memiliki sensor tabrak omnidirectional, namun untuk DJI Mavic 3 Pro memiliki kemampuan deteksi omnidirectional yang lebih presisi. Keunggulan ini dimungkinkan karena adanya kamera multiple sensing dengan jangkuan deteksi lebih luas. Hal tersebut memungkinkan drone mendeteksi rintangan lebih cepat di berbagai kondisi.

Kemudian, sensor rintangan DJI Mavic 3 Pro memungkinkannya untuk bermanuver lebih halus walaupun dalam kecepatan tinggi. Ini juga membuat proses perekaman video dan pengambilan gambar lebih stabil. Bahkan saat drone diterbangkan menyamping maupun mundur dengan tetap menjaga keamanannya. Hanya saja di sini lama terbang DJI Mavic 3 Pro memang sedikit lebih berkurang dibandingkan dua seri lainnya.

Baca juga: 6 Aksesoris Drone DJI Mavic 3 yang Bisa Anda Pilih

Harga DJI Mavic 3 Pro vs Mavic 3 vs Mavic 3 Classic

sc: DJI

Perbedaan terakhir DJI Mavic 3 Pro vs Mavic 3 vs Mavic 3 Classic yakni dari segi harga. Ketiga drone memiliki harga yang berbeda setiap paketnya. Adapun harga di setiap seri ini adalah sebagai berikut:

  • DJI Mavic 3 Pro Fly More Combo (DJI RC Pro): Rp53 jutaan
  • DJI Mavic 3 Pro Fly More Combo (DJI RC): Rp42 jutaan
  • DJI Mavic 3 Pro (DJI RC): Rp33 jutaan

Untuk seri DJI Mavic 3 Classic, paket yang dijual di distributor resmi DJI di antaranya:

  • DJI Mavic 3 Classic: Rp23 jutaan
  • DJI Mavic 3 Classic with RC: Rp26 jutaan

Sementara, pada seri DJI Mavic 3 harganya adalah:

  • DJI Mavic 3 Cine Premium Combo: Rp80 jutaan
  • DJI Mavic 3 Fly More Combo: Rp40 jutaan
  • DJI Mavic 3 Basic: Rp31 jutaan

Baca juga: Daftar Harga Drone DJI Terbaru di Tahun 2023

Kesimpulan

sc: DJI

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika DJI Mavic 3 Pro memiliki sejumlah keunggulan dibanding dua seri sebelumnya. Terutama di sektor kamera yang lebih lengkap. Tentu, dengan spesifikasi kamera yang unggul ini bisa jadi pilihan utama bagi kreator konten profesional yang menginginkan hasil terbaik.

Namun, jika Anda menginginkan kamera terbaik 4/3 CMOS Hasselblad dengan harga yang lebih terjangkau, maka pilihannya adalah DJI Mavic 3 Classic. Sementara itu, DJI Mavic 3 direkomendasikan bagi para pengguna di level menengah yang menginginkan kestabilan dan performa terbaik serta hasil yang maksimal.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone DJI seri Mavic 3 ini di Doran Gadget. Sebagai official store DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu dapatkan berbagai keuntungan belanja di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut via WhatsApp di sini!

Artikel terkait:

×