DJI IndonesiaSpesifikasi DJI Mavic 3 jadi perbincangan menarik bagi para pecinta drone fotografi. Pasalnya, produk terbaru dari DJI ini hadir dengan triple camera pada bagian depannya. Tentu hal tersebut juga  menjadi drone pertama DJI dengan tiga kamera terbaik besutan Hasselblad. Penasaran seperti apa fitur unggulan yang dimilikinya? Simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Mavic 3 Pro

sc: Peta Pixel

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai spesifikasi DJI Mavic 3 Pro secara umum, Anda dapat melihat tabel di bawah ini. Mulai dari segi desain dan hal penting lainnya seperti dilansir dari laman resmi DJI.

Dimensi 231.1×98×95.4 mm (dilipat tanpa baling-baling)
347.5×290.8×107.7 mm (tidak dilipat tanpa baling-baling)
Bobot Mavic 3 Pro: 958 gram
Mavic 3 Pro Cine: 963 gram
Kecepatan Maksimum Max Ascent Speed: 8 m/s
Max Descent Speed: 6 m/s
Max Horizontal Speed (di atas laut,tanpa angin): 21 m/s
Waktu Penerbangan 43 menit (flight time)
37 menit (hovering time)
Jarak Terbang Maksimum 28 km
Sensor Kamera Hasselblad Camera: 4/3 CMOS, Effective Pixels: 20 MP
Medium Tele Camera: 1/1.3-inch CMOS, Effective Pixels: 48 MP
Tele Camera: 1/2-inch CMOS, Effective Pixels: 12 MP
Format Foto: JPEG/DNG (RAW)
Video: MP4/MOV (MPEG-4 AVC/H.264, HEVC/H.265), MOV (Apple ProRes 422 HQ/422/422 LT)
Sensor Rintangan Omnidirectional
Sistem Transmisi O3+
Jarak Jangkau Transmisi FCC: 15 km
CE: 8km
Suhu Pengoperasian -10° to 40° C

Baca juga: DJI Mavic 3 vs Mavic 3 Enterprise vs Mavic 3 Thermal – Ini Perbedaannya!

Fitur dan Keunggulan DJI Mavic 3 Pro

Setelah Anda mengetahui spesifikasi DJI Mavic 3 Pro, penting pula untuk mengetahui berbagai fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Melansir dari berbagai sumber seperti Tech Radar, Camera Jabber, Pocket-Lint, dan Tech Advisor, berikut di antaranya:

1. Desain

sc: CineD

Pertama adalah dari segi desainnya. Sekilas, drone terbaru ini memang mirip dengan pendahulunya yakni DJI Mavic 3. Bobot saat take-off sekitar 985 gram dan dirancang dengan durabilitas yang tinggi untuk berbagai keperluan. Dengan bobot yang tidak terlalu berat, membuat manuver lebih baik.

Saat dilipat, drone pun sangat ringkas dan tidak memakan tempat saat dibawa maupun dimasukkan ke dalam tas khusus. Adapun pembeda utama dari segi desain antara DJI Mavic 3 Pro dengan pendahulunya adalah unit kameranya yang lebih besar. Ini dapat dilihat pada bagian depan drone.

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari bagian moncongnya untuk menjaga gimbal dan baling-baling lebih aman. Sebenarnya, model desain ini sudah ada di DJI Mavic 3, namun khusus untuk terdapat pengembangan dengan menyesuaikan kapasitas kamera yang dimiliki DJI Mavic 3 Pro.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mavic 3E dan Mavic 3T – Drone untuk Industrial

2. Kamera

sc: Camera Jabber

Selanjutnya kita beralih ke sektor kamera. Penggunaan triple camera  semakin mumpuni berkat adanya modul gimbal mekanis 3-axis yang mampu meredam guncangan dan terdapat fungsi utama seperti tilt, roll, dan pan. Ditambah lagi dengan fitur pengunci gerakan seperti FocusTrack, QuickShots, Mastershots, dan lainnya.

Kamera pertama merupakan telefoto dengan ukuran lensa 70mm dan ini masuk pada kategori medium yang beresolusi 48MP (F/2.8). Kamera ini didukung dengan adanya 3x optical zoom yang mampu merekam hingga 4K/60fps. Termasuk merekam video dengan 10bit D-Log dan dapat menghasilkan gambar hingga resolusi 12MP.

Sedangkan pada kamera utamanya, terdapat sensor 4/3 CMOS Micro-Four Thirds 20MP Hasselblad. Lensanya berukuran 24mm wide-angle dengan variabel aperture f/2.8-11. Ini juga mampu untuk merekam video hingga 5.1K sampai dengan 50 FPS DCI 4K. Kemudian untuk 4K hingga 120 FPS maupun 1080p 200 FPS.

Kamera lainnya adalah kategori telefoto 12 MP dan sensor ½ inci. Meski sama dengan Mavic 3, lensa kameranya lebih besar dengan ukuran 166mm dan aperture f/3.4. Berkat ukuran lensa lebih besar, tentu ini mendukung untuk 7x optical zoom dan perekaman video 4K 60 FPS. Begitu pula dengan video 10-bit dalam format Apple ProRes maupun 8-bit untuk format H.264/H.265.

3. Spesifikasi DJI Mavic 3 Pro – Baterai

Spesifikasi DJI Mavic 3 Pro
sc: Pocket-Lint

Ketiga yakni dari segi baterai dan ketahanannya. DJI Mavic 3 Pro menggunakan baterai tipe Li-ions 4S dengan kapasitas 5000 mAh. Baterai dapat diisi penuh selama sekitar 96 menit menggunakan kabel data DJI 65W Portable. Sedangkan jika menggunakan DJI 100W USB-C Power Adapter dan DJI Mavic 3 Series 100W Battery Charging Hub, memerlukan waktu sekitar 70 menit untuk mengisi penuh baterai.

Lalu, untuk ketahanan baterainya sekitar 43 menit waktu penerbangan maksimum. Dengan catatan, kecepatan konstan 32km/jam dan kondisi tanpa angin. Selain itu, beberapa fitur seperti APAS dan AirSense dinonaktifkan. Sementara, untuk hovering time dapat bertahan hingga 37 menit dengan kondisi yang sama.

Selain dengan menonaktifkan beberapa fitur, ketahanan baterai pada drone juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dimana drone diterbangkan. Termasuk pula pembaruan firmware pada perangkat drone. Begitu juga dengan kecepatan drone saat terbang di udara.

Baca juga: Cara Update Firmware DJI Mavic 3 Menggunakan Software dan Aplikasi

4. Fitur Pendukung

sc: Gizmochina

Tidak hanya unggul dalam hal kamera saja, DJI Mavic 3 Pro juga dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan untuk penerbangan yang lebih baik dan aman. Hal ini bisa dilihat dari adanya sensor omnidirectional hingga 12 sensor. Berkat sensor tersebut, drone mampu menghindari rintangan atau objek dari berbagai arah dan ini dapat dilakukan secara otomatis saat drone terbang.

DJI juga menyematkan sistem AirSense yang telah diperbarui dan DJI Advance Pilot Assistance System (APAS) 5.0 untuk drone terbang lebih baik. Termasuk pengembangan teknologi ADS-B. Teknologi ini dapat membantu drone menghindar dari objek saat berada dekat dengan pesawat terbang maupun helikopter.

Dukungan O3 Plus Transmission yang dimiliki, mampu digunakan untuk melakukan live video feed hingga 1080p dalam radius sampai dengan 15 kilometer. Di samping itu, terdapat fitur Waypoint Flight. Dimana fitur ini mampu mengingat rute penerbangan drone dan didukung dengan Advanced Return to Home. Begitu pun dengan fitur Cruise Control yang memudahkan pilot untuk menerbangkan drone tanpa kontrol.

5. Harga DJI Mavic 3 Pro

sc: DJI

Terakhir adalah mengenai harga DJI Mavic 3 Pro. Drone ini mulai dijual mulai bulan Mei 2023 dengan beberapa paket penjualan yang berbeda. Perbedaan paket bundling drone ini juga membuat harganya berbeda pula. Melansir dari laman Tech Radar, adapun harga yang dijual dalam setiap paket adalah:

  • DJI Mavic 3 Pro with DJI RC Controller: 2.199$ (sekitar Rp32 jutaan)
  • DJI Mavic 3 Pro Fly More Combo with DJI RC: 2.999$ (sekitar Rp44 jutaan)
  • DJI Mavic 3 Pro Fly More Combo with DJI RC Pro: 3.889$ (sekitar Rp57 jutaan)
  • DJI Mavic 3 Pro Cine Premium Combo: 4.799$ (sekitar Rp70 jutaan)

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja mengalami sedikit perubahan di distributor lokal di berbagai negara. Termasuk di Indonesia apabila nantinya drone ini sudah dipasarkan di tanah air. Hal itu dikarenakan adanya penyesuaian pajak dan kebijakan fiskal atas barang impor. Sehingga, berpengaruh pada harga yang dipasarkan untuk konsumen.

Baca juga: DJI RC Kini Kompatibel untuk Drone DJI Mavic 3

Penutup

sc: DJI

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai spesifikasi DJI Mavic 3 Pro, drone untuk profesional dengan triple camera terbaik dari DJI. Anda bisa mendapatkan drone DJI sesuai kebutuhan di Doran Gadget. Sebagai official store DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, dapatkan keuntungan berbelanja di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi mengenai produk dan pembelian hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568. Follow juga Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku di waktu tertentu.

Artikel terkait: