DJI Active Track – Membuat Video Seperti Pilot Drone Profesional

DJI mini 2 dji pocket 2 tips traveling produk dji original

DJI Indonesia Sejak teknologi drone tersedia untuk semua orang, memiliki kualitas kamera yang baik dan cukup stabil karena menggunakan stabilizer atau gimbal 3 sumbu. Semua orang sekarang dapat menangkap foto atau video pemandangan, kota dan lain sebagainya seperti pilot drone profesional dengan cara yang lebih mudah dibanding terlebih dengan adanya fitur DJI Active Track.

Di antara semua teknologi yang telah membantu kreator membuat gambar profesional, DJI Active Track mungkin terbukti paling sering digunakan dan penting. Jika Anda belum pernah mendengar DJI Active Track sebelumnya, belum mencobanya atau tidak yakin cara untuk menggunakannya. Dalam artikel ini akan mengulas cara untuk menggunakannya.

Apa itu DJI ActiveTrack?

DJI Active Track fitur active track dji jual drone original dji indonesia drone surabaya

Fitur DJI Active Track memulai debutnya dengan Phantom 4 pada Maret 2016. Memberikan fotografi udara cara yang lebih mudah dan lebih aman untuk mendapatkan gambar sinematik saat terbang.

Fitur DJI Active Track memiliki 3 varian, spotlight, Active track dan POI. Saat diaktifkan, fitur Active Track akan memudahkan Anda mengambil gambar/video. Apakah mereka sedang berjalan di sepanjang jalan, mengendarai mobil, atau bahkan berenang di laut. Sambil melacak objek, drone akan menggunakan sistem penglihatan dan penginderaannya untuk mempertahankan penerbangan yang aman.

Memungkinkan pengguna lebih fokus untuk mendapatkan gambar yang bagus. Dengan kekuatan untuk terbang dan merekam film layaknya fotografer berpengalaman atau pilot drone profesional, tidak heran fitur Active Track menjadi andalan setiap drone yang hadir setelah Phantom 4.

Bagaimana DJI ActiveTrack Bekerja

DJI Active Track fitur active track dji jual drone original dji indonesia drone surabaya

Karena fitur ini membutuhkan sinyal GPS yang kuat dan penggunaan sistem vision drone, fitur ini hanya tersedia jika Anda mengaktifkan P-mode atau mode Positioning. Pastikan drone Anda diatur ke P-mode agar bisa menggunakan DJI Active Track.

Setelah Anda berada dalam mode Active Track, ketuk atau gambar kotak di sekitar objek pada layar saat menggunakan aplikasi DJI GO 4 atau aplikasi DJI Fly. Tips bermanfaat membuat kotak mengunci objek, cobalah untuk menyertakan seluruh bagian objek di dalam kotak, sambil sedapat mungkin menjauhkan latar belakang. Ini akan membantu mempertahankan pelacakan objek Anda yang paling akurat.

Tiga Opsi untuk menggunakan Fitur Active Track

DJI Active Track fitur active track dji jual drone original dji indonesia drone surabaya

Setelah objek Anda dipilih dan dikenali, Anda dapat mulai menggunakan fitur canggih untuk membuat rekaman sinematik yang kreatif. Ingatlah bahwa Anda memiliki opsi berbeda untuk menggunakan DJI Active Track.

Trace 

Pesawat melacak target/objek pada jarak yang konstan. Anda dapat menggunakan tuas Roll pada remote control atau slider pada layar di DJI GO 4 untuk terbang mengelilingi target Anda dalam lingkaran.

Spotlight

Pesawat drone DJI tidak akan melacak objek secara otomatis, tetapi tetap mengarahkan kamera ke objek selama penerbangan. Remot dapat digunakan untuk melakukan manuver pesawat, tetapi akan dinonaktifkan. Menggunakan tuas kiri dan tuas gimbal akan menyesuaikan pembingkaian objek.

Profile

Pesawat melacak objek pada sudut dan jarak yang konstan dari samping. Seperti Trace, Anda dapat menggunakan tuas Roll pada remote control untuk terbang mengelilingi objek Anda dalam lingkaran. Selain itu, seri Phantom 4 dan seri Mavic Pro dapat menghindari rintangan saat terbang dalam mode Profil, sedangkan untuk DJI Spark tidak bisa.

Bagaimana Cara Menggunakan DJI ActiveTrack?

DJI Active Track fitur active track dji jual drone original dji indonesia drone surabaya

Sekarang setelah kita memiliki dasar-dasarnya, mari kita mulai menggunakannya. Penggunaan fitur Active Track tidak bisa terlalu ditekankan. Jika Anda mencari beberapa ide, lihat beberapa rekomendasi untuk menggunakan fitur DJI Active Track pada penerbangan Anda berikutnya.

Objek

Tentu saja, Anda bisa mulai merekam teman-teman Anda, Misal dengan masuk ke dalam mobil dan biarkan drone Anda mengikuti mobil dari belakang. Ini akan menghasilkan rekaman perjalanan yang sempurna untuk menunjukkan bahwa petualangan bukan hanya tentang tujuan, tetapi juga perjalanannya.

Lebih baik lagi, keluarlah di perairan terbuka seperti pantai atau laut. Sama seperti merekam perjalanan mobil Anda, drone dapat mengikuti dan terbang di sekitar perahu. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan footage liburan yang sempurna dengan suasana laut.

Anda juga dapat membuat footage bergerak dari objek yang diam. Jika Anda menemukan beberapa situs sejarah yang menakjubkan atau karya arsitektur, Anda bisa menggunakan fitur Active Track untuk membantu Anda membuat rekaman yang mulus, konsisten, dan level pilot drone profesional saat Anda terbang di sekitarnya.

Aktivitas

Sungguh menakjubkan jika drone dapat menyimpan objek di tengah frame tanpa harus memakai semacam alat pelacak. Ini memungkinkan Anda gunakan untuk merekam apapun dengan hasil yang sama bagusnya. Lakukan jogging, hiking, atau bahkan berenang dan dengan Active Track merekam setiap langkah Anda.

Bahkan jika objek melaju kencang di jalan terbuka dengan sepeda atau melewati ombak besar di papan selancar, ikuti instruksi menerbangkan drone diatas air agar fitur Active Track akan mengenali dan terus mengambil foto yang mengesankan untuk teman-teman Anda.

Nah buat Anda yang masih baru dalam dunia drone dan ingin mempelajari teknik menerbangkan atau memaksimalkan fitur drone. Bisa lihat video tutorial berikut.

Untuk video lainnya seputar drone DJI, Silahkan klik dan subscribe Chenal Youtube Dorangadget.

Hal-hal yang Perlu Diingat

DJI Active Track fitur active track dji jual drone original dji indonesia drone surabaya

Sebelum Anda melangkah keluar dan menggunakan fitur DJI Active Track untuk membuat video, ada baiknya mempertimbangkan beberapa tips untuk memastikan penerbangan Anda tidak hanya berjalan lancar tetapi juga aman sekaligus menghindarkan dari kesalahan pilot drone pemula.

Kecepatan Pesawat

Ingat, fitur Active Track hanya bekerja dalam mode P, yang jauh lebih lambat daripada mode Sport. Misalnya, Mavic Pro dapat mencapai 40 mph dalam mode S tetapi dibatasi hingga 22 mph dalam mode P. Pastikan objek yang ingin Anda ikuti bergerak dalam kecepatan mode-P drone.

Warna

Cara fitur Active Track dapat mengidentifikasi dan mengikuti objeknya adalah dengan memanfaatkan kontras warna objek dan latar belakang. Artinya, semakin besar perbedaan warna, semakin baik performa Active Track.

Jika Anda sedang membawa drone keluar negri dan ingin merekam di tempat bersalju, pastikan target mengenakan pakaian yang memiliki warna sangat kontras. Misalnya pakaian merah akan jauh lebih baik daripada pakaian putih.

Objek Tertutup

Jika objek Anda tidak terlihat selama pembuatan footage, seperti memasuki terowongan atau terhalang banyak pohon, drone Anda akan berhenti untuk mencegah drone menabrak mulai merekam lagi saat objek terlihat. Namun, jika objek berada di luar lokasi terlalu lama, drone bisa kehilangan penglihatan. Jika ini terjadi, gunakan fitur RTH.

DJI Active Track fitur active track dji jual drone original dji indonesia drone surabaya

Drone yang Memiliki Fitur Active Track

Fitur DJI Active Track yang sangat membantu dalam membuat video makin keren ini tidak tersedia di semua drone. Beberapa drone DJI yang memiliki fitur canggih tersebut yakni:

Penutup

Itulah beberapa hal tentang fitur Active Track DJI yang akan memudahkan Anda membuat footage lebih menarik dan lebih dramatis. Meskipun seorang pemula, menerbangkan dengan hati-hati di tempat yang aman dan berlatih terus menerus, akan membuat Anda lihai dengan sendirinya.

Jika Anda ingin beli drone DJI original, klik banner dibawah untuk melihat berbagai penawaran produk DJI. Untuk pertanyaan terkait promo dan ketersediaan produk bisa langsung menghubungi admin DJI Surabaya. Nikmati berbagai bonus dan kemudahan berbelanja dengan aman.