DJI MINI 2 – 9 Tips Menerbangkan Drone DJI di Atas Air Dengan Aman

Dorangadget.com – Menerbangkan drone DJI Mini 2 di atas air untuk mengambil gambar sunset atau sunrise memang sangat menyenangkan sebagai rekreasi. Namun menerbangkan drone di atas air memiliki risiko lebih besar. Seperti ombak yang besar, perahu bergoyang, angin yang kencang bahkan burung. DJI selaku produsen pesawat drone sendiri tidak menyarankan. Namun jika Anda sangat ingin melakukannya harus mengikuti tips berikut agar meminimalisir hal tidak diinginkan.

Berikut tips menerbangkan drone di atas Air:

1. Matikan Vision Positioning System atau VPS

Setiap drone DJI sudah pasti dilengkapi dengan VPS, teknologi ini berfungsi untuk memetakan permukaan dibawah drone untuk membantu pemosisian drone. Ketika terbang diatas air, cahaya matahari yang memantul dari permukaan air bisa mengganggu teknologi ini. Makanya Anda harus mempertahankan drone untuk terbang minimal 2 meter di atas air.

Jika Anda harus menerbangkan drone lebih rendah lagi, maka sangat dianjurkan untuk mematikan fitur VPS agar drone tetap stabil saat melayang. Saat terbang dibawah 2 meter, drone harus terbang pada kecepatan sedang. Ketinggian drone juga harus Anda pantau agar pesawat tidak masuk dalam air.

2. Rencanakan Angel Dengan Matang

Tidak bisa dipungkiri jika menerbangkan drone pada tempat berbahaya sangat memacu adrenalin dan memungkinkan mendapatkan gambar yang istimewa. Namun perencanaan yang tepat bisa meminimalisir kecelakaan saat menerbangkan Drone DJI Mini 2 atau drone DJI lainnya. Seperti sudah merencanakan lokasi pengambilan gambar, objek, angel dan lain sebagainya. 

3. Aktifkan Jarak Penerbangan Maksimal

Hal lain yang menggoda untuk dicoba saat menerbangkan drone di atas air yakni terbang sejauh mungkin. Namun untuk lebih amannya, sebaiknya Anda menerbangkan drone sejauh jarak pandang saja. Jika memang harus terbang jauh, aktifkan jarak terbang maksimal melalui DJI GO 4. Aktifkan fitur tersebut, masukkan jarak baru namun tetap pastikan tidak melebihi jangkauan remot kontrol.

4. Lakukan Praktek Menerbangkan Drone DJI Mini 2

Sebelum Anda mulai menerbangkan drone diatas air, jika Anda masih pemula, sebaiknya berlatih dulu di tempat luas seperti lapangan. Kuasai berbagai cara menerbangkan Drone DJI MINI 2 atau drone lain yang Anda kuasai dengan maksimal seperti lepas landas, manuver dan pendaratan. Dengan begitu Anda akan lebih percaya diri dan penerabangan akan lebih aman.

Ketika hendak lepas landas, ada dua pilihan untuk memulainya. Lepas landas drone dari tanah atau dari atas perahu/kapal. Terbang dari atas tanah tidak berbeda dengan menerbangkan drone biasanya. Namun jika lepas landas dari atas kapal, Anda harus lebih berhati-hati, usahakan tunggu kapal benar-benar diam dan stabil.

Baca: Cara Menerbangkan Drone DJI – 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

drone untuk pemula, dji mini 2, drone dji terbaik

5. Perbarui Home Point Secara Manual

Saat terbang di atas daratan, Home Point biasanya adalah tempat pesawat mulai lepas landas. Drone akan menggunakan GPS dan kompas untuk merekam lokasi Home Pointnya tersebut. Ketika Anda lepas landas dari perahu, hal ini akan cukup menyulitkan drone karena perahu akan terus bergerak.

Oleh karena itu, perlu dilakukan mengatur ulang titik awal yang bisa dilakukan dengan dua cara.

  • Pertama, buka aplikasi DJI GO 4, geser kiri pada layar utama dan tekan Home Point.
  • Kedua, buka pengaturan umum dengan cara klik tiga titik di pojok kanan atas.
  • Lalu klik  Main Controller Settings kemudian klik Home Point yang menggunakan icon orang dengan titik point.

6. Hindari Hambatan

Saat menerbangkan Drone DJI MINI 2 di atas air, hambatan juga tetap akan ada dan membahayakan. Berikut beberapa hambatan dan gangguan yang mungkin Anda temui saat menerbangkan drone di atas air.

  • Benda yang Mengganggu Kompas dan GPS

Sinyal GPS dan kompas sangat dibutuhkan drone dalam pengoperasiannya. Untuk menghindari sinyal kompas dan GPS, pastikan Anda terbang menghindari hal yang mengganggu sinyal. Seperti mercusuar, kapal kontainer dan lain sebagainya yang menggunakan WiFi, magnet juga antena.

  • Benda-Benda Sekitar Lokasi

Benda-benda alami yang bisa mengganggu Anda menerbangkan drone seperti pohon yang menjulang tinggi, kawat atau kabel kecil yang mungkin tidak terlalu terlihat mata. Awasi juga burung yang terbang bebas, juga sarang serangga yang mungkin saja tertabrak drone.

  • Air

Ketika Anda menerbangkan drone di atas air dengan posisi rendah, drone bisa saja terciprat air atau terkena ombak yang datang tiba-tiba. Sebagai pilot drone, Anda harus memiliki reflek yang bagus untuk menyelamatkan drone.

  • Kapal Lain

Keberadaan kapal lain juga akan mengganggu Anda dalam menerbangkan drone. Jangan terbang terlalu dekat dengan kapal lain karena bisa saja menabrak atau mengganggu sinyal GPS. Atur ketinggian lebih tinggi sebagai bentuk pencegahan.

Baca: DJI Mini 2: Drone Untuk Pemula Terbaik dan Powerfull

drone dji terbaru dji mini 2

7. Menerbangkan Drone Gunakan Mode Intelligent Flight Mode 

Dengan menggunakan mode tersebut, memungkinkan Anda untuk membuat rekaman layaknya seorang profesional dengan sedikit gesture jari. Salah satu fitur yang akan sangat membantu yakni Course Lock, yang memungkinkan Anda mengatur jalur terbang sebelumnya.

8. Perhatikan Kecepatan Angin

Perhatikan angin yang berhembus, karena angin yang kencang akan membuat pesawat drone kurang stabil juga membuat konsumsi baterai lebih banyak. Angin yang berhembus lebih sulit untuk dihindari dan semakin jauh drone terbang, semakin kencang pula angin yang berhembus. Jika Anda merasakan angin kencang di darat, besar kemungkinan angin di atas jauh lebih kencang.

9. Usahakan Terbang Dengan Baterai Full

Menerbangkan drone di atas air memang berbahaya, namun terbang dengan baterai yang tidak full di atas air jauh lebih berbahaya. Dengan berbagai hambatan yang ditemui seperti pepohonan dan angin kencang, akan cukup menguras baterai. Dengan terbang diatas air juga menyebabkan drone harus mendarat di tempat yang benar-benar aman.

promo drone dji mavic mini 2 menerbangkan drone dalam ruangan

Penutup

Menerbangkan drone DJI Mini 2 di atas air memang berbahaya, maka diperlukan persiapan yang cukup dan jam terbang yang tinggi. Sebagai pilot, Anda dituntut untuk fokus pada drone, tidak hanya pada gambar yang diinginkan. Dengan mengikuti tips tersebut, semoga membuat Anda lebih merasa aman saat menerbangkan drone di atas air.

Untuk Anda yang mencari drone untuk pemula, DJI MINI 2 bisa menjadi solusi karena memiliki body ringkas dan harga terjangkau. Drone DJI Mini 2 juga sudah mendukung resolusi 4K dengan gimbal 3 Axis point yang membuat gambar tajam dan halus. Baterai yang besar menjadikan Mini 2 sebagai drone murah waktu terbang lama yang diminati banyak orang.