Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP (5)

DJI IndonesiaMenerbangkan drone DJI dapat dilakukan melalui smartphone. Baik itu HP yang berbasis Android maupun iOS. Cara menerbangkan drone menggunakan HP ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Meski begitu, Anda harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Khususnya bagi yang pertama kali menggunakannya, ada baiknya untuk menyimak ulasannya yang telah dihimpun tim Doran Gadget.

Mengkoneksikan Drone dengan Smartphone

Cara menerbangkan drone DJI menggunakan HP, sebagai langkah awal Anda harus mengkoneksikan aplikasi dari DJI dengan HP atau smartphone yang akan digunakan nantinya. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Download Aplikasi DJI

Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP

Download aplikasi DJI seperti DJI Fly App untuk drone bagi pemula maupun profesional. Anda bisa mengunduhnya di PlayStore maupun AppStore, karena aplikasi ini kompatibel di HP dengan sistem operasi Android maupun iOS.

2. Instal Aplikasi Drone DJI

Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP (1)

Setelah didownload dan terinstal di HP, bukalah aplikasi tersebut. Jika Anda baru pertama kali menggunakannya, perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dengan membuat akun. Jika Anda sudah memiliki akun, maka tinggal login saja. Lanjutkan ke dalam menu ‘Home’. Kemudian, pilih ‘Connect Aircraft’ untuk mengkoneksikan dengan drone. Anda akan melihat beberapa model drone dalam pilihan, kemudian pilhlah sesuai dengan drone DJI yang digunakan.

Baca juga: Cara Update Firmware DJI Mavic 3 Menggunakan Software dan Aplikasi

3. Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP dengan Remote

Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP (4)

Sebelum mengkoneksikan dengan drone, dekatkan smartphone dengan remote controller drone. Kemudian, Anda dapat menghubungkan keduanya termasuk dengan menggunakan kabel remote tersebut. Untuk kabel ini, menggunakan konektor tipe Lightning untuk iPhone. Sedangkan untuk Android tipe kabel yang diperlukan adalah USB-C. Pada aplikasi, Anda pun bisa memilih instruksi video mengenai cara mengkoneksikan kabel tersebut. Lanjutkan dengan menalakan remote dengan tombol on/off.

4. Nyalakan Drone

Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP (2)

Kini, remote sudah terhubung dengan smartphone. Pilihlah ‘Camera View’ dan nyalakan drone dan remote secara bersamaan. Tombol on/off ini letaknya berbeda-beda di tiap drone DJI. Saat drone menyala, akan menyala dalam warna hijau dan bagian bawah baling-baling juga akan menyala. Tunggu beberapa saat sampai remote terhubung dengan drone.

5. Koneksi Tersambung

Cara Menerbangkan Drone DJI Menggunakan HP (3)

Saat remote sudah terkoneksi dengan drone, Anda bisa melihat kamera yang diambil dari drone pada layar smartphone. Itu artinya, koneksi sudah tersambung dengan baik. Jika Anda tidak melihat foto tangkapan drone dari smartphone, Anda dapat melihat ikon berwarna merah di bagian bawah layar mengindikasikan koneksi belum berhasil. Ketika Anda klik ikon merah tersebut, remote akan menghubungkannya kembali.

Baca juga: 5 Masalah Drone yang Sering Terjadi dan Solusinya

Aplikasi Pendukung

aplikasi drone DJI

Sebagai contoh cara menerbangkan drone dengan HP dan mengkoneksikannya, bisa menggunakan aplikasi DJI Fly App. Namun, Anda pun dapat menggunakan aplikasi DJI lainnya misalnya saja DJI Go 4 dan DJI Pilot. Akan tetapi, agar lebih mudah dan optimal dalam menggunakannya, perhatikan smartphone Anda kompatibel dengan aplikasi tersebut.

Hal ini karena DJI memiliki beberapa seri yang berbeda. Mulai dari drone untuk pemula, drone untuk profesional, hingga seri drone yang dirancang khusus untuk industri. Contohnya pada drone DJI seri Enterprise dengan berbagai fitur canggih, pada seri ini aplikasi DJI yang direkomendasikan adalah DJI Pilot.

Baca juga: 3 Aplikasi Drone DJI untuk Smartphone dan Tablet

Penutup

aplikasi dji go 4

Bagaimana Sobat Doran, cukup mudah bukan cara menerbangkan drone dengan HP ini? Kini, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Jangan lupa sebelum menerbangkannya pastikan koneksinya lancar, kemudian kondisi antara smartphone maupun pesawat drone dalam keadaan baik atau prima. Hal ini penting untuk menjaga performanya tetap optimal selama penerbangan.

Untuk mendapatkan drone DJI beserta aksesorisnya sesuai kebutuhan, Anda bisa membelinya di Doran Gadget selaku distributor resmi DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Pembelian dapat dilakukan di jaringan store kami, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×