MEMPERBAIKI DRONE

Doran GadgetBagi pemilik drone, terkadang pernah mengalami masalah pada drone. Baik itu permasalahan pada komponen maupun performanya. Namun, tak perlu khawatir karena ada cara memperbaiki drone dasar yang bisa Anda lakukan agar kembali normal. Apa saja di antaranya? Simak ulasan selengkapnya pada artikel yang dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Cara Memperbaiki Drone

Berikut beberapa kerusakan dan permasalahan yang cukup banyak dan pernah dialami oleh para pemilik drone beserta cara memperbaikinya dengan mudah:

1. Drone Tidak Menyala dengan Benar

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro
sc: Adorama

Drone tidak menyala bisa disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya saja drone terjatuh karena terhempas saat diterbangkan. Ini bisa saja terjadi karena pada saat terbang ada angin kencang dan membuatnya jatuh dan mengenai komponen utama seperti kabel power.

Kabel power tersebut menghubungkan baterai dan poweboard di PCB. Untuk memperbaikinya, Anda perlu membongkar drone perlahan. Kemudian, cek kabel powernya apakah terputus atau tidak. Jika terputus, Anda dapat menyambungkan kembali dengan menyolder menggunakan timah. Cairan solder ini dapat menempelkan kembali kabel yang putus dan coba nyalakan kembali.

Baca juga: 5 Masalah Drone yang Sering Terjadi dan Solusinya

2. Tidak Bisa Terbang Normal

mode quickshots drone dji
sc: DJI

Berikutnya adalah masalah mengenai drone tidak bisa diterbangkan. Bisa saja penyebab drone tidak dapat terbang normal dikarenakan hal yang terkadang dianggap sepele. Salah satunya terjai ketika drone diterbangkan di area yang berpasir. Agar lebih aman, gunakan landing pad  yang kuat, ini penting agar pasirnya tak masuk ke dalam baling-baling dan motornya.

Pasir yang masuk ke power maupun baling-baling akan membuat drone kehilangan daya untuk terbang. Walaupun sudah dinyalakan, propellernya tidak bisa bergerak. Mengatasinya, Anda dapat membongkar drone lalu bersihkan motor dan propeller lalu semprotkan cairan pembersih dinamo. Bersihkan pula bagian gir yang ada di dinamo dan beri sedikit pelumas untuk mencegahnya terbalik dan terpelanting.

3. Cara Memperbaiki Drone Terbang Miring

drone dji, cara klaim drone DJI
sc: DJI

Drone terbang miring juga dapat menjadi masalah yang serius jika tidak segera ditangani. Drone miring terjadi karena menabrak dinding atau objek tertentu. Saat mengalami kejadian tersebut drone bisa rusak di bagian tertentu. Khususnya di bagian baling-balingnya. Sehingga membuatnya terbangnya menjadi miring ke sisi kanan maupun kiri.

Miringnya penerbangan itu dikarenakan giroskop yang tidak bekerja optimal. Cara memperbaiki drone seperti ini yakni dengan melakukan kalibrasi ulang drone. Jika masih sama saja, cobalah bongkar drone. Cek board PCB maupun cek kabel maupun bautnya apakah ada yang terlepas sehingga menjadi longgar dan berpengaruh pada chip giroskop.

Baca juga: 5 Penyebab Drone Tidak Stabil dan Turun Sendiri Saat Terbang

4. Daya Baterai yang Cepat Habis

sc: DJI

Baterai drone adalah salah satu komponen terpenting pada drone. Tanpa baterai inilah drone tidak bisa terbang ke udara. Sebab, jika baterai tiba-tiba kehabisan daya membuat penerbangan tidak optimal. Biasanya, daya baterai ini juga dipengaruhi berbagai fitur yang diaktifkan. Semakin banyak fitur diaktifkan, maka daya kerja baterai semakin tinggi.

Namun, di sisi lain baterai yang cepat rusak bisa saja terjadi karena faktor usia pemakaian baterai. Solusinya adalah Anda bisa membeli baterai yang baru. Jangan sampai Anda memperbaiki baterai yang rusak. Hal itu akan rawan terjadi kerusakan lebih parah bahkan bisa saja baterai meledak.

5. Drone Terkena Air

drone dji, menerbangkan drone dji saat hujan (1)
sc: Phantom Rain

Masalah yang terakhir dan sering dialami yakni drone terkena air. Biasanya, kemasukan air ini dikarenakan pemilik menerbangkannya saat hujan gerimis. Bahkan, dalam kasus tertentu dan cukup parah adalah kejadian drone yang jatuh dan tercebur ke kolam. Terlebih lagi jika kolam tersebut cukup dalam. Ini akan mengenai komponen drone yang utama.

Sebagai langkah cepat awal Anda dapat mengeringkan drone tersebut. Apalagi jika drone tercebur dan masih bisa mengapung. Anda bisa memasukkan komponen yang terkena air tadi ke baskom atau wadah beras dan timbun kembali dengan beras kurang lebih dua hari. Kemudian, coba pasangkan kembali komponen tersebut dengan catatan benar-benar kering dengan sempurna.

Baca juga: Amankah Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan? Ini Jawabannya!

Penutup

Tempat Service Drone Terdekat di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Bali
sc: Doran Gadget

Bagaimana Sobat Doran, setidaknya itulah beberapa cara memperbaiki drone secara mendasar yang bisa Anda lakukan ketika mengalami masalah. Apabila cara tersebut tidak bisa dilakukan dan kerusakannya cukup parah, maka segeralah bawa ke tempat servis drone terdekat.

Jika Anda mencari tempat atau jasa servis drone DJI yang cepat, terjangkau, dan teknisi yang profesional, Doran Gadget solusinya! Kami telah hadir di lima kota besar di Indonesia mulai dari Surabaya, Jakarta, Semarang, Bali, dan Bandung. Informasi lebih lanjut mengenai servis drone di Doran Gadget, Anda bisa menghubungi admin kami via WhatsApp!

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>