Doran GadgetSelama ini, kamera kerap kali dijadikan pertimbangan dalam memilih smartphone yang bagus. Namun, tanpa mengesampingkan spek lainnya seperti daya baterai dan kapasitas penyimpanannya. Banyak anggapan jika semakin besar megapiksel atau MP kamera, maka semakin baik kualitas fotonya.

Apakah anggapan tersebut benar? Lalu, berapa MP kamera yang bagus untuk fotografi dan video, Khususnya pada smartphone? Artikel kali ini akan membahas mengenai hal tersebut Sobat Doran. Jadi, simak sampai tuntas ya!

Berapa MP Kamera yang Bagus?

Megapiksel (MP) bisa diartikan sebagai kapasitas penginderaan gambar yang ada di kamera digital. Megapiksel ini artinya adalah satu juta piksel atau kotak kecil yang menyatu layaknya potongan mozaik saat menyusun foto. Resolusi foto ini ditentukan berapa banyak piksel yang tedapat di sebuah kamera.

Jika pertanyaannya adalah berapa MP kamera yang bagus? Hal itu sebenarnya relatif, Sebab, kualitas foto tidak hanya ditentukan besar kecilnya MP saja melainkan fitur lain seperti sensor yang dimilikinya. Namun, keunggulan dari kamera MP besar seperti 16MP, 24MP, maupun 48MP adalah kualitas fotonya lebih baik saat foto dicropping. Sebab, foto akan tetap terlihat tajam dan tidak blur.

Sebagai contoh, melansir dari MacWorld yang membandingkan kamera dari Samsung Galaxy S5 dan S6 dengan resolusi kamera 16MP dengan Samsung S7 sampai S9 dengan resolusi 12MP. Di sini, kamera dengan resolusi 12P bisa lebih unggul. Hal itu karena 16MP ukuran pikselnya lebih kecil dibanding 12MP. Selain itu, piksel kecil dapat menimbulkan noise lebih besar di foto.

Kemudian, kamera dengan MP besar berpengaruh pada ukuran foto yang disimpan. Biasanya ukuran file mencapai 2-4MB. Jika kapasitas penyimpanan ponsel terbatas, tentu ini akan berpengaruh pada performanya. Jadi, dengan kata lain berapa MP kamera yang bagus ini tentu relatif. Memang, MP yang besar kualitasnya lebih bagus namun dengan catatan, itu bukan satu-satunya penentu foto yang bagus.

Baca juga: 15 Rekomendasi HP Kamera Terbaik Untuk Anda yang Instagramable

Cara Memilih Kamera yang Bagus untuk HP

Setelah mengetahui berapa MP kamera yang bagus, maka Anda pun perlu mengetahui bagaimana cara memilihnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan, Sobat Doran.

1. Memiliki Fitur Autofokus

Pertama, kamera HP memiliki fitur autofokus. Ini adalah fitur untuk mengunci dan memfokuskan objek yang dibidik. Apabila tidak ada fitur tersebut, hasil foto dan video pun akan buram. Walaupun smartphone sudah dibekali dengan megapiksel kamera tinggi, jika tidak ada fitur ini besar kemungkinan hasil bidikan kurang maksimal. Misalnya terdapat blur dan lainnya.

Baca juga: 3 Cara Setting Kamera HP Agar Instagramable

2. Terdapat LED Flash

Berikutnya, pastikan kamera atau HP tersebut bisa digunakan LED flash. Fungsi flash adalah untuk memaksimalkan pencahayaan yang ada pada objek. Fitur LED flash dikenal juga dengan istilah dual-tone flash. Dalam kondisi yang minim cahaya, keberadaan LED flash ini tentu bisa diandalkan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Cek Apakah Kamera Punya Fitur HDR?

Ketiga, Anda perlu mengecek apakah HP memiliki fitur HDR. Selain memiliki pencahayaan yang bagus, fungsi HDR adalah membuat foto lebih luas. Dengan mode HDR, pengguna juga bisa menggabungkan foto menjadi satu. Kemudian, bisa mengambil bagian tertentu dari fot terbaik. Akan tetapi, saat diaktifkan Anda memang memerlukan waktu sedikit lebih lama.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2022

4. Dapat Merekam Hingga 4K

Tak hanya fitur HDR saja, cara lainnya adalah pastikan kamera tersebut bisa merekam dalam format 4K. Fitur perekaman hingga 4K ini bisa membuat video menjadi lebih bagus dan jernih. Selain itu, format ini tidak akan blur atau rusak saat dipotong atau diedit sesuai keinginan.

5. Cek Aperture

Cara terakhir dalam memilih kamera yang bagus adalah dengan mengecek aperturenya. Aperture ini adalah lubang kamera dan fungsinya untuk menarik cahaya masuk ke lensa kamera. Jika aperturenya kecil, cahaya yang masuk pun akan semakin besar. Jadi, kualitas fotonya pun lebih bagus. Selain itu, fungsi aperture adalah menambah dimensi foto dan mampu mengambil gambar dengan bagus dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Baca juga: 10+ HP dengan Kamera Selfie Terbaik 2022

Penutup

Nah, itu dia Sobat Doran ulasan mengenai berapa MP kamera yang bagus beserta cara memilihnya. Anda bisa mendapatkan smartphone terbaik dengan kamera bagus hanya di Doran Gadget. Kami menyediakan berbagai smartphone dari brand ternama seperti iPhone, Samsung, dan Xiaomi.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada berbagai promo dan program menarik di waktu tertentu untuk pembelian melalui store, website, dan aplikasi. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Folow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×