DJI IndonesiaSejak pertama kali rilis pada akhir Agustus 2022 lalu, DJI Avata menyita perhatian para pehobi drone. Khususnya pengguna drone first person view yang ingin merasakan pengalaman seperti terbang di udara. Alasannya karena drone ini memiliki desain ergonomis yang dapat dioperasikan di tempat sempit sekalipun.

Tak hanya itu saja, para pecinta drone pun tak sedikit pula yang bertanya-tanya tentang hal lainnya. Misalnya saja mengenai berapa lama terbang DJI Avata di udara. Oleh karena itulah, Doran Gadget merangkumnya untuk Anda di artikel ini.

Spesifikasi Baterai DJI Avata

Sebelum mengetahui berapa lama terbang DJI Avata ini, ada baiknya Anda mengetahui spesifikasi baterai yang digunakan. Hal itu karena baterai memiliki peranan penting dalam menyimpan daya selama drone dioperasikan.

Sekadar catatan, DJI Avata menggunakan Intelligent Flight Battery, dimana ini akan memudahkan pilot dalam mengontrol penggunaan dan melihat daya baterai saat drone diterbangkan. Melansir dari laman resmi DJI, berikut spesifikasi baterainya yang perlu Anda ketahui:

 

 Kapasitas Baterai

 2420 mAh
 Voltase  14.76 V
 Batas Voltase Saat Pengisian Daya  14.76 V
 Tipe Baterai  Li-ion
 Kandungan Kimia Baterai  LiNiMnCoO2
 Energi Daya  35.71 [email protected]
 Discharge Rate  Typical: 7C
 Bobot Baterai  Sekitar 162 gram
 Suhu Saat Pengisian Daya  5° to 40° C (41° to 104° F)

Baca juga: Spesifikasi DJI AVATA yang Perlu Anda Tahu

Lama Terbang DJI Avata

Lantas, berapa lama terbang DJI Avata? Seperti dilansir dari website resmi DJI, drone ini mampu terbang di udara hingga sekitar 18 menit. Waktu tersebut diestimasikan dengan beberapa catatan ketika drone diterbangkan. Misalnya saja kondisi cuaca dan tingkat interferensi sinyal.

Jika kondisi cuaca berangin, maka drone akan bekerja lebih berat dalam menahan laju angin, terlebih jika berlawanan arah. Begitu juga ketika drone diterbangkan di area yang memiliki tingkat interferensi atau potensi gangguan sinyal tinggi. Contohnya di area dengan banyak pepohonan, bangunan tinggi, dan lainnya.Semakin berat kerja drone, maka daya baterai yang digunakan juga semakin tinggi sehingga cepat berkurang dan dayanya melemah.

Dalam hal ini, pengguna DJI Avata cukup diuntungkan. Walaupun memiliki waktu terbang di udara yang cukup singkat bila dibandingkan generasi sebelumnya, seperti DJI FPV dengan 20 menit waktu di udara, ada keunggulan lain dari DJI Avata ini. Salah satunya adalah penggunaan Intelligent Flight Battery. Baterai canggih besutan DJI ini akan memberitahu sisa daya baterai dan muncul pada layar controller. Terlebih lagi, adanya fitur Return to Home (RTH) akan membuat drone kembali ke titik awal penerbangan saat baterai melemah. Tentu, ini akan mengurangi risiko drone terjatuh.

Baca juga: 7 Perbandingan DJI AVATA vs DJI FPV – Siapa Juaranya?

Penutup

Itulah ulasan mengenai lama terbang DJI Avata. Walaupun drone ini memiliki waktu terbang di udara yang singkat, namun di sisi lain memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan drone first person view generasi sebelumnya seperti DJI FPV. Salah satunya pembaruan pada goggle yang digunakan dan desainnya yang ergonomis. Dengan begitu, dapat digunakan pula untuk medan yang sempit maupun di dalam ruangan (indoor).

Kini, Anda bisa mendapatkan drone DJI Avata terbaru hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual produk asli dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi.

Informasi lebih lanjut mengenai produk DJI dan pembelian, Anda daapat hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa untuk follow Instagram Doran Gadget untuk melihat program dan promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp