DJI IndonesiaBeberapa lalu DJI merilis drone first person view generasi terbarunya DJI Avata. Walaupun bukan pertama kali brand asal Cina ini merilis drone dengan pengalaman terbang orang pertama, disebut-sebut drone ini memiliki sejumlah keunggulan dari generasi sebelumnya yakni DJI FPV.

Lantas, apa saja perbandingan DJI Avata vs DJI FPV? Fitur dan spesifikasi apa yang membuatnya berbeda? Simak ulasannya yang dirangkum tim Doran Gadget berikut.

Spesifikasi Umum DJI AVATA vs DJI FPV

Secara umum perbandingan spesifikasi DJI Avata vs DJI FPV dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

 Spesifikasi  DJI Avata  DJI FPV
 Dimensi dan Bobot  180 x 180 x 180 mm / 408 gram  255 x 312 x 127mm / 795 gram
 Sensor Kamera  1/1.7” CMOS  1/2.3” CMOS
 Resolusi Video  4K @ 60 fps, 2.7K @ 120 fps, 1080p @ 120 fps  4K @ 60 fps, 1080p @ 120 fps
 Derajat View  155°  150°
 ISO  100 – 25600  100 – 12800
 Mode Terbang  Normal, Manual, Sport  Normal, Manual, Sport
 Kapasitas Baterai  2420 mAh  2000 mAh
 Lama Terbang  18 menit  20 menit
 Sensor Rintangan  Bottom  Front and bottom
 Goggle  DJI Goggles 2, DJI FPV Goggles V2  DJI FPV Goggles V2
 Memori  20GB internal  Tidak ada

Baca juga: Perbedaan Drone FPV DJI VS Drone Konvensional

Perbandingan Fitur DJI AVATA vs DJI FPV

Perbedaan fitur antara DJI Avata dengan DJI FPV dapat dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari segi desain, kamera, ketangguhan baterai, hingga sensor dan fitur keselamatan yang dimilikinya. Melansir dari berbagai sumber seperti PilotInstitute dan Digital Trends, berikut perbandingan kedua drone first person view ini.

1. Segi Desain

Pertama adalah dari segi desain, DJI FPV memiliki dimensi 255 x 312 x 127 mm dengan bobot 795 gram. Hal itu membuatnya terlihat cukup besar dan berat di jajaran drone first person view. Baling-balingnya terdiri dari empat unit yang membuatnya cukup responsif. Lalu, terdapat kamera di bagian depannya. Sayangnya, baling-baling ini tidak dilengkapi dengan pelindung.

Hal itu berbeda dengan DJI Avata yang mengadopsi desain CineWhoop. Dengan begitu, baling-baling drone lebih terlindungi saat terbang. Termasuk saat jatuh posisinya tetap aman. Dimensinya memang lebih ringkas dengan ukuran 180 x 180 x 180 dan bobot hanya 408 gram saja. Drone ini pun bisa digunakan indoor dalam ruang yang sempit sekalipun.

Baca juga: Drone DJI FPV – Melihat Teknologi yang Membuatnya Spesial

2. Kamera

Selanjutnya adalah dari segi kamera. DJI FPV memiliki sensor yang ukurannya sama dengan DJI Mini 2. Sedangkan DJI Avata sensornya lebih ditujukan untuk pembuatan film dengan drone. Kamera kedua drone bisa merekan video pada resolusi 4K dan 60 fps. Namun, DJI Avata juga mampu merekam pada resolusi 2.7K/120fps. Termasuk menangkap pandangan dari sudut 150° hingga 155°.

Khusus untuk DJI Avata memiliki ISO range lebih besar. Hal itu mampu membuat video lebih jelas, termasuk dalam menangkap video pada kondisi minim cahaya. Tak hanya itu saja, DJI Avata dibekali dengan memori internal 20GB. Dimana poin ini tidak ada di DJI FPV.

3. Performa Penerbangan DJI AVATA vs DJI FPV

Perbandingan DJI Avata vs DJI FPV ketiga dapat dilihat dari performa penerbangannya. Di sini, kedua drone memiliki tiga mode yang sama yakni Normal, Sport, dan Manual. Termasuk stablilisasi selama penerbangan menggunakan navigasi GPS. Hanya saja perbedaannya pada kecepatan saat drone diterbangkan yakni:

 Mode  DJI Avata  DJI FPV
 Normal  8 m/s  15 m/s
 Sport  14 m/s  27 m/s
 Manual  27 m/s  39 m/s

Dari tabel di atas, bis dilihat jika Anda mengedepankan kecepatan maka DJI FPV lebih unggul. Sementara, apabila lebih cenderung kestabilan penerbangan dan pengambilan gambar dan kecepatan yang sedang, DJI Avata jadi pilihan tepat.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi DJI AVATA

4. Ketahanan Baterai

Keempat mengenai kapasitas dan daya baterai yang dimiliki DJI Avata dan DJI FPV. Untuk DJI FPV kapasitas baterainya adalah 2000 mAh dengan waktu penerbangan maksimal 20 menit. Sedangkan DJI Avata berkapasitas 2420 mAh dan penerbangan maksimalnya sekitar 18 menit saja.

Kedua drone menggunakan baterai standar ‘Intelligent Flight’ yang mana menjadi ciri khas dari DJI. Sebagai catatan, performa dan daya tahan baterai selama penerbangan juga tergantung pada mode yang digunakan dan fitur-fitur lain yang diaktifkan.

5. Motion dan Remote Controller

Beralih ke pengendalian drone, kedua drone kompatibel dengan Motion Controller dalam setiap pengoperasiannya. Hal itu membuat penerbangan drone lebih intuitif dan mudah dikendalikan saat melakukan manuver selama penerbangan. Selain menggunakan Motion Controller, pengendalian dapat dilakukan menggunakan remote controller.

Adpun untuk DJI FPV remote yang kompatibel adalah DJI FPV Remote Controller. Sementara DJI Avata menggunakan DJI Standard Remote Controller. Koneksi dan transmisi drone semakin nyaman berkat dukungan OcuSync 3.0, dengan begitu tingkat latensi menjadi lebih rendah dan penerbangan drone lebih lancar.

Baca juga: 8 Peluang Pekerjaan untuk Pilot Drone FPV

6. Goggle DJI AVATA vs DJI FPV

Goggle untuk drone first person view adalah hal yang utama. DJI FPV hanya kompatibel dengan DJI FPV Goggles V2. Beda halnya dengan DJI Avata, selain kompatibel DJI FPV Goggles V2 juga bisa menggunakan DJI Goggles 2. Disebut-sebut, DJI Goggles 2 memiliki performa yang lebih baik. Khususnya dari segi kenyamanan penggunaan dan pengalaman lebih impresif.

Hal itu karena bobot DJI Goggles 2 hanya sekitar 290 gram. Bandingkan dengan DJI FPV Goggles V2 dengan berat 420 gram. Termasuk daya baterainya yang lebih lama 10 menit dibandingkan DJI FPV Goggle V2 yang hanya 110 menit. Di sini, DJI Goggles 2 mampu hingga 120 menit penggunaan.

7. Fitur Keselamatan

Drone DJI FPV

Terakhir adalah dari segi fitur keamanan dan keselamatan selama drone diterbangkan. Untuk hal ini memang tak diragukan lagi, karena DJI membekali keduanya dengan fitur keamanan terbaik. Khususnya untuk stablisasi GPS dan fitur Return to Home (RTH) saat baterai drone berada pada daya rendah dan kehilangan sinyal.

Untuk sensor rintangan, DJI FPV lebih unggul dengan dua sensor depan dan bawah. Sementara, DJI Avata hanya memiliki sensor di bagian bawah saja. Meski begitu, keduanya dibekali ffitur AirSense dan ADS-B untuk memperingatkan pilot drone ketika ada objek lain mendekat pada drone ketika diterbangkan.

Baca juga: Mau Beli Drone DJI FPV? Ketahui 3 Hal Penting Ini!

Mana yang Tepat untuk Anda?

Lantas, mana yang terbaik dari DJI Avata vs DJI FPV ini? Hal itu memang tergantung pada kebutuhan Anda. Sebenarnya, keduanya memiliki keunggulan memberikan pengalaman first person view yang menakjubkan. Hanya saja, peruntukannya yang berbeda.

 DJI FPV cenderung mengedepankan kecepatan dan manuver, tak heran sering digunakan oleh para profesional termasuk untuk drone racing. Sedangkan DJI Avata menghadirkan pengalaman pengambilan gambar yang stabil dan sinematik. Pengendalian drone ini cukup mudah, bahkan bagi para pemula sekalipun.

Bicara dari segi harga, keduanya juga tidak berbeda jauh. Berada di kisaran mulai dari Rp16 jutaan sampai dengan Rp17 jutaan. Namun, dari segi aspek spesifikasi dan fitur lebih DJI FPV cukup sedikit lebih unggul. Di sisi lain, jika Anda masih pemula dan ingin merasakan sensasi first person view dengan segudang fitur canggih maka, DJI Avata adalah pilihan tepat.

Apapun pilihannya, pastikan Anda mendapatkan drone terbaik di tempat terpercaya seperti Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami memberikan jaminan produk original dan garansi resmi. Hubungi CS kami di sini untuk informasi pembelian produk dan follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp