6 Makanan Pencegah Kolesterol Tinggi

6 Makanan Pencegah Kolesterol Tinggi

Tubuh manusia pada dasarnya memang membutuhkan kolesterol. Namun, jika angkanya terlalu tinggi tentu dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Demi menjaga kesehatan, seseorang harus mengubah gaya hidupnya termasuk saat mengonsumsi makanan. Daftar makanan berikut dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol:

1. Oat

Oat mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dalam tubuh. Makanlah semangkuk oat setiap hari sebagai langkah mudah untuk menurunkan kolesterol.

2. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol. Orang dewasa dianjurkan mengonsumsi ikan setidaknya 2-3 kali tiap minggu. Jenis ikan yang direkomendasikan, antara lain makerel, tuna, salmon, dan haring.

3. Kedelai

Makanan olahan dari kacang kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai dapat mencegah kolesteroltinggi. Bahan-bahan makanan tersebut mampu mengurangi kadar LDL hingga 5-6 persen.

4. Alpukat

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat setiap hari dapat menurunkan kadar LDL, khususnya pada penderita dengan berat badan berlebih atau obesitas.

5. Kacang-kacangan

Jenis kacang yang dapat menjaga kesehatan jantung adalah almon, kenari, dan lainnya. Cobalah untuk mengonsumsinya sebagai camilan untuk mengurangi kadar LDL.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp