Tempat Jogging di Semarang - FI

Doran GadgetBerencana mengunjungi Kota Semarang di akhir pekan ini? Jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa spot untuk olahraga di alam terbuka yang sejuk dan panorama pemandangan yang indah. Termasuk untuk lari dan bersepeda. Mana saja tempat jogging di Semarang yang hits dan kekinian? Simak sampai tuntas ulasan kali ini.

Tempat Jogging di Semarang

Berikut beberapa tempat lari di Semarang yang cukup banyak dipilih oleh para pecinta olahraga karena kondisi trek yang mulus dan pemandangan di sekitarnya yang menarik.

1. Banjir Kanal Barat

Tempat Jogging di Semarang - Banjir Kanal Barat
sc: Pendrikan Lor Semarang Kota

Tempat jogging di Semarang yang pertama ada Banjir Kanal Barat. Alamatnya berada di Jalan Gedung Batu Timur, Ngemplak Simongan, Semarang Barat. Sebenarnya, fungsi area ini adalah untuk penanggunlangan banjir. Namun, oleh pemerintah Kota Semarang sekitar area kemudian dipercantik untuk aktivitas olahraga warga.

Di sini Anda dapat lari sembari melihat air yang mengalir dari sungai dan tanaman hijau. Tak heran jika ramai di akhir pekan maupun hari libur. Khususnya di pagi hari dan sore hari. Selain itu, lokasi ini dikenal sebagai objek yang murah meriah.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

2. Lapangan Simpang Lima

Tempat Jogging di Semarang - Lapangan Simpang Lima
sc: Orami

Bicara tentang Semarang, pasti benak kita langsung tertuju pada Simpang Lima yang terkenal. Tak jauh dari lokasi tersebut, Anda bisa menuju Lapangan Simpang Lima Semarang. Tempatnya yang luas membuatnya sering dikunjungi banyak orang maupun komunitas. Biasanya digunakan untuk olahraga seperti aerobik massal dan lainnya.

Anda pun dapat lari mengitari lapangan. Hal ini karena di sisi lapangan terdapat jogging track yang mulus. Apalagi di hari Minggu, kawasan Lapangan Simpang Lima ini cukup ramai karena dijadikan pusat car free day. Terutama mulai pukul 06:00 – 08:00 WIB.

3. Taman Srigunting

Tempat Jogging di Semarang - Taman Srigunting
sc: Trip Advisor

Tidak jauh dari kawasan Kota Lama Semarang, terdapat Taman Srigunting yang juga menjadi tempat lari di Semarang terfavorit. Lokasinya ada di Jalan Letjend Suprapto 32 atau berada di sisi kiri Gereja Bleduk. Dulunya, kawasan ini dikenal sebagai tempat untuk pertunjukan saat zaman Belanda, namun kini telah beralih fungsi jadi ruang terbuka hijau.

Selain olahraga lari, Anda juga dapa bersepeda keliling taman Termasuk melakukan aktivitas olahraga lainnya. Mulai dari senam, lari kecil, aerobik, dan lain sebagainya. Tanamannya yang hijau di sekitar lokasi juga membuatnya nyaman untuk dipandang dan menyegarkan mata.

Baca juga: Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Lari yang Harus Dihindari!

4. Tempat Lari di Semarang – Taman Sampangan

Tempat Jogging di Semarang - Taman Sampangan
sc: Dot Semarang

Taman lainnya yang dapat dituju yakni Taman Sampangan. Walaupun terbilang taman baru karena dibangun tahun 2013 lalu, namun banyak dikunjungi masyarakat saat akhir pekan dan hari libur. Sebelum dijadikan taman, dulunya di sini adalah pasar tradisional dan kemudian dipindahkan oleh pemerintah setempat.

Sebagaimana layaknya taman pada umumnya, di sini terdapat berbagai fasilitas pendukung. Mulai dari area bermain anak, bangku, toilet, hingga akses WiFi. Tak ketinggalan ada trek lari dengan pepohonan yang rimbun di sisi kanan kirinya. Saat haus atau lapar tak perlu bingung, karena banyak penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi.

5. Taman Tugu Muda

Tempat Jogging di Semarang - Taman Tugu Muda
sc: Disperkim Semarang

Selain Simpang Lima, kawasan ikonik di Semarang adalah Tugu Muda. Anda dapat menyusuri kawasan ini terutama di Taman Tugu Muda untuk berolaraga dan jogging. Menemukannya pun tidaklah sulit, karena bersebelahan dengan destinasi wisata unggulan Semarang yakni Muesum Mandala Bhakti dan Lawang Sewu.

Tidak hanya pada pagi dan sore hari saja, Anda dapat melakukan night running di taman ini. Sebab, di area sekitarnya terdapat lampu-lampu yang indah. Jadi, walaupun malam hari masih terlihat indah untuk berolahraga.

Baca juga: 5 Perlengkapan Lari yang Stylish dan Bikin Nyaman

6. Undip Tembalang

Tempat Jogging di Semarang - Undip Tembalang
sc: Undip Initiatives for Sustainability

Universitas Diponegoro (UNDIP) tidak hanya dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia saja, tetapi di sini memiliki area hijau yang cukup luas. Oleh karena itu banyak dijadikan sebagai pilihan trek terbaik untuk lari di akhir pekan maupun hari libur lainnya.

 Lokasinya berada di Kawasan Tembalang. Dimana di sekitarnya terdapat pepohonan yang rimbun dengan jalanan yang mulus. Jadi, selain lari bisa juga digunakan untuk bersepeda bersama-sama. Kemudian, area ini juga terbuka untuk umum dan tidak hanya mahasiswa saja.

7. GOR Tri Lomba Juang

Tempat Jogging di Semarang - Gor Tri Lomba Juang
sc: Tribun Jateng

GOR Tri Lomba Juang berada di kawasan Jalan Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang. Dibangun pada tahun 2017 lalu, fasilitasnya juga sangat lengkap dan memdai. Bahkan, area dalam GOR ini sering digunakan untuk berbagai event olahraga tingkat lokal maupun nasional.

Jika untuk lari atau jogging, Anda bisa mengitari area luar GOR. Bahkan, tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Tentu, Anda dapat berolahraga beramai-ramai saat akhir pekan pagi maupun sore. Baik bersama keluarga maupun teman hingga komunitas.

Baca juga: Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari

8. Taman Indonesia Kaya

Tempat Jogging di Semarang - Taman Indonesia Kaya
sc: Tribun Jateng

Taman lain yang juga jadi tempat jogging di Semarang adalah Taman Indonesia Kaya. Di sini memang dikenal sebagai arena untuk berbagai pertunjukan seni dan budaya. Sebab, terdapat panggung khusus di area taman. Meski begitu, juga sangat cocok dijadikan tempat untuk berolahraga bersama keluarga di akhir pekan.

Hal itu karena memiliki ruang hijau dengan aneka tanaman dan tumbuhan yang asri. Dengan begitu, jika ingin melakukan aktivitas outdoor lainnya pun tidak masalah karena rimbun dan asri. Lokasinya masih berada di daerah Mugassari. Tepatnya di Jalan Menteri Supeno.

9. Taman Pandanaran

Tempat Jogging di Semarang - Taman Sampangan
sc: Dot Semarang

Lokasi untuk lari di Semarang yang terakhir adalah Taman Pandanaran. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan karena berada di lokasi strategis. Ini karena berda di dekat GOR Tri Lomba Juang maupun Simpang Lima. Termasuk dengan beberapa pusat perbelanjaan di Semarang. Alamatnya ada di Jalan Pandanaran, Mugassari, Semarang Selatan, Semarang.

Ciri khas tempat ini adalah adanya patung atau ikon naga. Selain itu, area di sekitarnya sangat rindang dengan beraneka ragam pepohonan. Jadi, tak perlu khawatir kepanasan saat berolahraga atau lari di pagi hari maupun sore hari.

Baca juga: 9 Tips Lari Bagi Pemula yang Harus Diperhatikan

Lari dengan Perangkat Terbaik

spesifikasi Coros Pace 2 (3)
sc: COROS

Itulah beberapa rekomendasi tempat jogging di Semarang yang bisa Anda coba di akhir pekan ini. Jangan lupa, selain menyiapkan fisik Anda perlu siapkan perlengkapannya. Salah satunya adalah smartwatch terbaik untuk lari seperti Coros Pace 2 yang cukup ringan digunakan. Selain itu fitur olahraga dan kesehatannya lengkap dengan harga terjangkau.

Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget Semarang yang juga sebagai authorized partner Coros Indonesia. Kunjungi store kami di Ruko Mataram Plaza, Jl. MT. Haryono No.427-429, Jagalan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Atau membelinya secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Khusus untuk kedua platform ini, kumpulkan poin sebanyak mungkin untuk ditukarkan dengan aksesoris gadget favorit. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp dengan cara klik di sini. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>