Stabilizer Hp Zhiyun Smooth 4 – Terjangkau & Bisa Diandalkan

stabilizer hp gimbal hp zhiyun smooth 4

Doran Gadget Sebagai content creator yang sering membuat video, atau hobi membuat video. Pasti Anda jengkel ketika mendapatkan video goyah dan tidak stabil. Untuk menunjang aktivitas tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan Zhiyun 4 Smooth. Sebuah stabilizer Hp yang akan membantu menstabilkan konten Anda dan membuat klip yang halus.

Dalam dunia fotografi dan videografi, DJI dan Zhiyun adalah nama besar. DJI dikenal memiliki produk premium dan lebih mahal. Sedangkan Zhiyun dikenal karena memiliki harga lebih terjangkau dan pengalaman kelas atas.

Hal-hal yang Tentang Stabilizer Hp Zhiyun Smooth 4

stabilizer hp gimbal hp zhiyun smooth 4

Zhiyun Smooth 4 datang hanya dengan harga Rp 1 jutaan dan tersedia dalam warna hitam. Ini dikenal sebagai gimbal Hp kelas atas yang hanya dapat disaingi oleh beberapa produk seperti DJI Osmo Mobile 3 (OM3) dan DJI Osmo Mobile 4 (OM4).

Harga DJI Osmo Mobile 3 Rp 1.599.000, sedangkan Harga DJI Osmo Mobile 4 Rp 2.650.300 dilihat dari DJI Indonesia. Hal ini membuat DJI Osmo Mobile 3 menjadi pesaing Zhiyun Smooth 4 untuk produk gimbal Hp. Sedangkan DJI OM4 ada di ranah lain, karena mekanisme dudukan magnetnya yang unik.

Stabilizer Hp tiga sumbu Zhiyun memiliki motor yang dapat mengendalikan gerakan yawing, pitching, dan roll. Perangkat ini berukuran 123 x 105 x 328mm dan berat 547g tanpa hp. Ini mendukung perangkat yang beratnya hingga 210g.

Memiliki kapasitas baterai 2.000mAh-nya dikatakan sanggup bertahan 10 jam dengan sekali pengisian daya. Zhiyun smooth 4 ini memiliki port untuk mengisi daya ponsel saat digunakan. Jika Anda perlu mengisi ulang, ini dapat dilakukan melalui USB Type-C dalam waktu sekitar 3,5 jam.

Didalam kotak juga dilengkapi dengan kabel USB-C dan tripod kecil yang disekrup ke ulir standar 3/8 di bagian bawah gimbal. Kotak busa pembelian bisa digunakan untuk menyimpan dan mengangkut stabilizer Zhiyun ini.

Baca: DJI Osmo Mobile 4-Fitur Baru dan Cara Menggunakannya

Kelebihan Gimbal Hp Zhiyun Smooth 4

 

stabilizer hp gimbal hp zhiyun smooth 4

Zhiyun Smooth 4 memiliki banyak kelebihan. Zhiyun Smooth 4 memberikan kualitas build terbaik. Pegangannya terbuat dari plastik, tapi tidak ada yang terasa longgar atau murah. 

Lengan di dudukan smartphone kokoh. Tripod yang disertakan memiliki kaki yang lebih panjang, berukuran sekitar empat inci, yang memastikan peningkatan stabilitas. Kebanyakan tripod stabiliser Hp hanya memiliki kaki berukuran setengahnya saja.

Tombolnya cukup memudahkan sebagai pintasan cepat dan mudah dijangkau. Roda berfungsi ganda sebagai empat tombol pintasan untuk tindakan cepat, dan ada roda besar di samping yang memungkinkan Anda untuk fokus atau zoom secara manual. Tombol pemicu di belakang memungkinkan Anda untuk beralih mode follow dalam keadaan darurat.

Beberapa tombol terasa kurang kokoh, tetapi itu tidak mempengaruhi kinerja. Roda menawarkan ketahanan yang baik dan bersirkulasi dengan lancar juga.

Daya tahan baterai juga luar biasa sekitar 10 jam per pengisian daya, meskipun sedikit kurang dari gimbal DJI. Dalam hal stabilitas, ternyata sangat baik. Video yang dihasilkan sangat mulus saat merekam sambil berjalan. Bahkan saat berlari, goyangan dijaga seminimal mungkin. Belum lagi Anda bisa memanfaatkan panorama, filter, dan fitur-fitur keren lainnya.

Baca: DJI Osmo Mobile 4 VS DJI Osmo Mobile 3: Perbedaan dan Fitur Baru

Kekurangan Stabilizer Hp Zhiyun 4

stabilizer hp gimbal hp zhiyun smooth 4

Tidak ada yang sempurna, dan Zhiyun Smooth 4 tidak terkecuali. Fitur yang sangat penting yang hilang dari Zhiyun Smooth 4 adalah pelacakan objek. DJI OM3 dan DJI OM4, bersama dengan gimbal Zhiyun kelas bawah seperti Smooth X dan Smooth XS, memiliki fitur tersebut.

Fitur selanjutnya yang tidak ada adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan menggunakan joystick. Sebagai gantinya menggunakan Aplikasi Zhiyun Play, yang bisa jadi sedikit membingungkan, dan koneksi ke gimbal juga tidak manual.

Meskipun ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna, pemilik smartphone berukuran besar harus memperhatikan batas muatan 210g. Jika Anda pengguna Samsung Galaxy S21 Ultra yang memiliki bobot 229g atau Hp lain yang lebih besar, melebihi kapasitas. 

Zhiyun Smooth 4 akan bekerja sebentar dan motor akan menyerah begitu saja setelah beberapa menit digunakan. Batasan berat ini bukannya tidak masuk akal, tetapi perlu diingat untuk mencapainya tidak sesulit yang dibayangkan. Semua smartphone yang sangat besar seperti Galaxy S21 Ultra dan iPhone 12 Pro Max memiliki berat lebih dari 210g.

Baca: Review DJI Ronin SC 2 – Sebelum Anda Membelinya

Penutup

Zhiyun Smooth 4 adalah stabilizer Hp dengan banyak fitur untuk membuat rekaman dengan Hp menjadi lebih baik, meskipun menggunakan Hp 2 jutaan. Ini memiliki kualitas build yang sangat bagus dari semua gimbal smartphone, dan dilengkapi dengan tripod mini gimbal yang berguna. Memiliki tombol dan kontrol manual yang bagus juga.

Keputusan akhir untuk membeli tergantung pada apa yang Anda inginkan. Jika pelacakan, gerakan, dan portabilitas adalah prioritas, DJI OM3 atau OM4 mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Namun, Zhiyun Smooth 4 menang di kategori lainnya. Untuk informasi seputar gadget dan promo, join Telegram Channel Dorangadget.com.