DJI Osmo Mobile 4-Fitur Baru dan Cara Menggunakannya

dji osmo mobile 4

Dorangadget.comDJI Osmo Mobile adalah perangkat stabilizer khusus smartphone. Berbeda dengan DJI Ronin, stabilizer yang digunakan untuk kamera Mirrorless. Sedangkan Osmo Pocket atau kamera Handheld DJI Pocket, adalah action cam dari DJI yang biasa digunakan membuat vlog atau mendokumentasikan perjalanan.

Pembahasan untuk DJI Pocket sudah sudah pernah kami bahas. Dalam artikel ini, DJI Indonesia akan membahas Osmo terbaru, yakni DJI Osmo Mobile 4.

Apa yang Anda Dapatkan

Ketika Anda membeli DJI Osmo Mobile, Anda akan mendapatkan beberapa alat lain yang sengaja dipisah agar kemasannya menjadi praktis. Beberapa bagian dalam box Osmo Mobile yakni:

dji osmo mobile 4 dji om 4

  • 1 Unit DJI Osmo Mobile 4
  • 1 Grip tripod
  • 1 Magnetic Phone Clamp
  • 1 Magnetic Ring Holder
  • 1 Wrist Strap
  • 1 Kabel Power
  • 1 Kantong/tas kecil

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti Osmo Mobile jatuh. Alangkah baiknya Anda tetap memasang strap dan melingkarkannya pada pergelangan tangan. Sehingga ketika jatuh, tidak langsung jatuh ke tanah, tapi masih tertahan strap.

Desain DJI Osmo Mobile 4

DJI Osmo Mobile adalah stabilizer smartphone terbaru DJI yang memiliki 3 sumbu dengan desain yang mudah digunakan sehari-hari. Bodynya sendiri terbuat dari polycarbonate yang solid dengan lapisan karet sehingga nyaman di genggam.

Ketika Anda menggunakan smartphone dengan ukuran yang besar. Osmo Mobile 4 masih bisa digunakan, namun sebaiknya Anda melepas casenya agar tidak terlalu tebal. Pada bagian depan, akan terlihat tombol untuk pengoperasian.

Jika dilihat dengan seksama, yang paling menonjol adalah bagian magnetic attachment. Yaitu bagian yang membuat smartphone Anda bisa menempel dengan cepat pada osmo mobile karena terdapat magnetic ring.

dji osmo mobile 4

Performa dan Fitur Osmo Mobile 4

Osmo Mobile bisa dihubungkan dengan smartphone menggunakan bluetooth sebagai koneksi. Lalu Anda harus membuka aplikasi DJI Mimo untuk optimasi perangkat. Jika Anda hanya membutuhkan perekaman video yang stabil, Anda tidak perlu aplikasi lain.

Untuk fiturnya, Anda bisa memilih salah satu dari tiga mode saat perekaman video. Untuk memilihnya, tinggal ganti fungsi DJI Osmo Mobile menjadi perekam video. Caranya dengan klik menu pada sebelah kiri atas lalu klik icon timelapse.

  • Fitur Timelapse cocok digunakan dengan tripod. Seperti Osmo Mobile 4 yang sudah dilengkapi tripod. Anda bisa mengatur interval pengambilan visual dan mengatur durasi video.
  • Fitur Hyperlapse mirip dengan Timelapse namun dengan kondisi yang bergerak. Oleh karena itu mode tripod harus dimatikan agar gimbal atau stabilizer bisa bergerak dengan bebas.
  • Fitur Moving Timelapse adalah pengembangan dari fitur Timelapse. Arah kameranya akan bergerak otomatis ke titik yang sudah dipilih sebelumnya. Ketika akan mencoba fitur ini, sebaiknya menggunakan extension rod atau tripod agar gambar tidak buram karena pergerakan yang tidak diinginkan.
  • Fitur DynamicZoom memungkinkan Anda untuk merekam video dengan efek background yang memukau. Dalam ranah perfilman, fitur ini disebut dengan Dolly Zoom.
  • Fitur CloneMe berfungsi membuat foto landscape atau foto pemandangan Anda menjadi semakin indah. Dengan fitur ini. Anda bisa menggabungkan foto-foto secara otomatis hingga menjadi satu foto yang utuh.

Cara Mengisi Baterai DJI Osmo Mobile dan Menggunakannya

Ketika Anda membuka Box DJI Osmo Mobile, Anda harus menahan perasaan untuk langsung mencobanya. Kemungkinan baterainya hanya sisa sedikit atau bahkan kosong. Jadi sebaiknya Anda mengisi dayanya terlebih dulu sampai penuh kurang lebih 3 jam dan akan bertahan sampai 15 jam.

  • Geser tuas pengunci yang berada di bagian bawah DJI Osmo Mobile sampai katupnya terbuka.
  • Masukan baterai dan dorong masuk kedalam sampai mengeluarkan bunyi klik, tanda baterai sudah terpasang sesuai posisi. Lalu tutup kembali dan kunci dengan menggeser tuasnya.
  • Lalu pada colokan kabel pada bagian depan DJI Osmo Mobile dan hubungkan antar USB yang sudah dipersiapkan.

dji osmo mobile 4

Cara Menggunakan Osmo Mobile Dengan DJI Mimo

Persiapkan smartphone Anda seperti daya baterai ponsel Anda penuh dan storage mencukupi. Pastikan juga spesifikasi Smartphone Anda memenuhi syarat sehingga bisa menggunakan seluruh fiturnya. Berikut cara menghubungkan Osmo Mobile dengan DJI Mimo:

  • Pasang smartphone Anda pada holder yang sudah disediakan. Lalu geser holder atau knob kedua pada belakang knob pertama. Fungsinya yakni untuk menyesuaikan keseimbangan.
  • Pada sisi kanan DJI OM, tarik kebawah dan tahan sebentar untuk menghidupkannya. Akan ada lampu menyala sebagai tanda Osmo Mobile hidup dan holder yang bergerak-gerak. Pastika gimbal bisa bergerak bebas saat Anda menghidupkannya agar tidak eror.
  • Hubungkan smartphone dengan DJI Osmo Mobile melalui bluetooth. Caranya yakni dengan membuka menu pengaturan ponsel dan hubungkan bluetooth.
  • Buka aplikasi DJI Mimo dan ikuti petunjuk penggunaannya.

Baca: DJI Osmo Mobile 4 VS DJI Osmo Mobile 3: Perbedaan dan Fitur Baru

Bagian-Bagian DJI Osmo Mobile

Osmo mobile hanya memiliki 4 tombol yang membuatnya sangat praktis untuk digunakan sehari-hari. Berikut tombol tombol dan fungsinya:

dji osmo mobile 4

Baca: DJI Pocket 2 Kamera Untuk Vlogger Beresolusi 4K Kaya Fitur Penunjang

Setting Untuk Mengambil Foto

Setting pada Osmo Mobile bisa dilakukan baik secara manual atau otomatis, Anda tinggal merubahnya. Caranya yakni klik icon kamera dan geser sampai berganti menjadi Manual Adjust. Dengan begitu kamera akan menjadi manual, Anda bisa menyetting seperti WB, shutter speed juga ISO.

dji osmo mobile 4

Sedangkan untuk mengatur fokus, Anda tinggal mengklik target yang diinginkan pada layar smartphone. Untuk menurunkan atau menaikkan kapasitas cahaya, bisa dengan menahan layar sampai muncul icon matahari lalu tinggal diarahkan ke atas atau kebawah.

dji osmo mobile 4

Untuk mengatur timer saat akan berfoto. Klik icon gambar disebelah kiri kedua dari atas lalu pilih menu single kemudian pilih interval pengambilan gambar.

Baca: Perbedaan DJI Osmo Pocket VS DJI Pocket 2 – Mana yang Cocok Untuk Anda?

Penutup

Dari penjelasan diatas, perubahan yang paling mencolok dari DJI OM 4 dari versi sebelumnya adalah magnetic ring yang memudahkan pemasangan. Jika melihat pada desain DJI OM 3, kekurangannya yakni pada clam mount yang pemasangannya cukup sulit.

Dengan banyak peningkatan fitur yang diberikan, DJI OM 4 merupakan media yang tepat untuk meningkatkan skill juga kualitas dalam bidang videography dan fotography Anda. Harga DJI Osmo Mobile 4 sekitar Rp 2 jutaan saja dan di Dorangadget.com Anda masih bisa mendapatkan promo DJI seperti drone Mavic, drone phantom, DJI Pocket 2 dan lain sebagainya.

× Whatsapp