DJI Indonesia Drone DJI Mini 2 SE resmi dirilis tanggal 9 Februari 2023 di Cina. Kehadiran drone ini melengkapi seri DJI Mini 2 dan menjadi generasi penerus dari DJI Mini SE yang dirilis terlebih dahulu pada tahun 2021 lalu.

Spesifikasi DJI Mini 2 SE memang lebih ringkas, bahkan hanya seukuran telapak tangan. Termasuk pengoperasian yang mudah bagi pemula sekalipun. Seperti apa berbagai fitur unggulan yang dimilikinya? Simak ulasannya di artikel yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi DJI Mini 2 SE

Berikut spesifikasi DJI Mini 2 SE secara umum yang perlu diketahui. Terutama bagi Anda yang menginginkan fitur terbaik DJI Mini 2 dengan harga yang relatif terjangkau sebagaimana disebutkan di laman resmi DJI International.

Dimensi Dilipat (tanpa baling-baling): 138×81×58 mm
Tidak dilipat (dengan baling-baling): 245×289×56 mm
Bobot 246 gram
Kecepatan Maksimal Naik 5 m/detik
Kecepatan Maksimal Turun 3.5 m/detik
Kecepatan Horizontal 16 m/detik
Lama Penerbangan 31 menit
Suhu Saat Pengoperasian 0° to 40° C (32° to 104° F)
Navigasi GPS, GLONASS, Galileo
Penyimpanan Internal Tidak Tersedia

Baca juga: Panduan Menerbangkan Drone DJI Mini 2 Bagi Pemula

Fitur DJI Mini 2 SE

Hal menarik lainnya yang cukup menjadi perhatian dari drone terbaru ini adalah fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Tak hanya dari segi desainnya saja, melainkan dari sektor kamera, baterai, maupun mode dan fitur pendukung lainnya selama penerbangan.

1. Desain dan Bobot

Bila dilihat spesifikasi DJI Mini 2 SE dari segi desain dan bobotnya, bisa dibilang drone ini sangat ergonomis. Itu artinya, Anda dapat membawanya kapan saja dan ke mana saja saat traveling. Terlebih lagi ketika drone dilipat tanpa baling-baling, dimensinya semakin ringkas. Jadi, Anda bisa memasukkannya di tas kecil khusus maupun di kantong saku jaket.

Kemudian, dari segi bobotnya drone ini  memiliki berat kurang dari 249 gram. Hal itu memang direkomendasikan dalam peraturan drone komersil dan untuk hobi di berbagai negara. Dengan desain yang ringkas inilah akan meningkatkan performa drone ketika diterbangkan di udara. Meskipun ringkas, drone ini mampu dioperasikan pada kondisi lingkungan dengan suhu 0° hingga 40° C.

Baca juga: Drone DJI Mana yang Cocok untuk Anda? Ini Panduan Memilihnya!

2. Kamera Drone

Berikutnya adalah dari sektor kamera yang menjadi hal penting dalam memilih drone untuk fotografi maupun videografi. Spesifikasi DJI Mini 2 SE untuk kameranya di antaranya adalah:

Sensor Kamera 1/2.3-inch CMOS
Effective Pixels: 12 MP
Lensa FOV: 83°
Format Equivalent: 24 mm
Aperture: f/2.8
Focus: 1 m to ∞
ISO Range Video: 100-3200
Photo: 100-3200
Shutter Speed Electronic Shutter: 4-1/8000 s
Ukuran Gambar Maksimal 4000×3000
Mode Fotografi Single Shot: 12 MP
Timed: 12 MP
JPEG: 2/3/5/7/10/15/20/30/60 s
JPEG + RAW: 5/7/10/15/20/30/60 s
Automatic Exposure Bracketing (AEB): 12 MP, 3 frames at 2/3 EV step
Panorama: Sphere, 180°, and Wide Angle
Format Foto JPEG/DNG (RAW)
Resolusi dan Format Video 2.7K: 2720×[email protected]/25/30 fps
FHD: 1920×[email protected]/25/30/48/50/60 fps
MP4 (MPEG-4 AVC/H.264)
Bitrate Video Maksimum 40 Mbps
Dukungan File System FAT32 (≤ 32 GB)
exFAT (> 32 GB)
Digital Zoom 2.7K: 3×
FHD: 4×
Mode Quickshot Dronie, Helix, Rocket, Circle, and Boomerang

Berkat dukungan sensor 1/ 2.3 inci CMOS, pengguna dapat mengambil foto hingga resolusi 12MP dan video hingga 2.7K. Dengan adanya pembesaran 4X zoom membuat hasil foto tidak pecah dan buram dalam format HD.

Bagi pemula, bisa mengaktifkan fitur LightCut dengan berbagai template otomatis saat mengambil video dalam berbagai mode yang berbeda. Termasuk untuk musik latar dan efek suara yang menakjubkan tanpa waktu lama.

3. Spesifikasi DJI Mini 2 SE – Baterai

Mencegah baterai drone kembung (1)

Performa drone juga dipengaruhi oleh daya baterai yang dimilikinya. DJI Mini 2 SE dibekali dengan baterai berkapasitas 2.250 mAh dan bobotnya hanya 82.5 gram saja. Baterai ini memiliki daya sebesar 7.7 volt dengan voltase daya pengisian maksimal hingga 8.8 volt. Temperatur saat pengisian daya adalah 5° hingga 40° C.

Berkat kapasitas tersebut, membuat drone dapat diterbangkan di udara selama sekitar 31 menit. Sebagai catatan, pengaktifan berbagai fitur dan mode terkadang berpengaruh pula terhadap masa pakai atau kondisi baterai saat diterbangkan. Oleh karena itu, pastikan baterai memiliki daya yang cukup jika ingin mengaktifkan fitur-fitur unggulan selama penerbangan.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

4. Mode dan Fitur Lainnya

Untuk dukungan penggunaan dan hasil yang optimal, DJI Mini 2 SE juga dilengkapi dengan fitur lainnya. Termasuk gimbal, sensor drone, hingga sistem transmisi dan controller untuk manuver drone seperti yang tertera pada tabel berikut:

Stabilizer Gimbal 3-axis mechanical gimbal (tilt, roll, and pan)
Sensor Tabrak Downward
Sistem Transmisi DJI O2
Jarak Transmisi Maksimal FCC: 10 km
CE: 6 km
SRRC: 6 km
MIC: 6 km
Tingkat Latensi Sekitar 200 ms
Fitur RTH Ya
Controller DJI RC-N1 Remote Controller
Kompatibilitas Aplikasi DJI App

Berkat dukungan gimbal kamera tiga poros yang dimilikinya, akan membuat penerbangan drone semakin stabil. Termasuk dengan adanya sensor tabrak drone saat menghindari rintangan, manuver pun semakin nyaman dan aman.

Di samping itu, sistem transmisinya juga bisa menjangkau dengan area yang cukup jauh. Dengan catatan, transmisi dapat bekerja optimal ketika tingkat interfernsinya tinggi. Seperti tidak ada halangan seperti gedung tinggi, pepohonan, bukit, dan lainnya.

Kemudian, ada pula fitur Return to Home yang membuat drone akan kembali ke tempat awal penerbangan pada saat daya baterai mulai menurun. Termasuk pula ketika sinyal di area penerbangan tidak stabil. Sehingga, ini meminimalisir risiko drone jatuh saat terbangkan.

5. Harga DJI Mini 2 SE

Terakhir adalah berapa harga yang dipasarkan untuk drone terbaru ini. Dalam penjualannya, terdapat dua varian yang dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhan. Yakni paket Basic dan Fly More Combo, dengan masing-masing harga:

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim Garansi Drone DJI yang Perlu Anda Tahu

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai spesifikasi DJI Mini 2 SE yang baru dirilis di bulan Februari 2023 ini. Secara umum, dari segi desain memang tidak beda jauh dengan seri DJI Mini 2. Hanya saja, dari segi kamera memang terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Hal tersebutlah yang berpengaruh pula pada harga pasaran.

Kini, Anda bisa memesan produk DJI Mini 2 SE di Doran Gadget. Sebagai official store  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI Bali, dan DJI Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi mengenai ketersediaan produk dan pemesanan, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp