DJI IndonesiaDJI baru saja meluncurkan produk drone enterprise DJI Matrcie 350 RTK. Drone ini merupakan generasi penerus dari Matrice 300 RTK dan telah diperbarui dengan berbagai teknologi baru terkini. Drone ini menawarkan peningkatan dalam hal lama terbang di udara, transmisi video, hingga kapasitas payload. Seperti apa spesifikasi DJI Matrice 350 RTK beserta fitur unggulan dan kelebihannya? Simak selengkapnya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Matrice 350 RTK

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (5)
sc: Quadricottero News

Berikut spesifikasi DJI Matrice 350 RTK secara umum yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilansir dari laman resmi DJI Internasional:

Dimensi
  • Tidak dilipat tanpa propeller: 810×670×430 mm
  • Dilipat dengan propeller: 430×420×43 mm
Bobot
  • Tanpa baterai: ± 3.77 kg
  • Dengan dua baterai TB65: ±6.47 kg
Bobot Maksimal Take-off 9.2 kg
Frekuensi Pengoperasian 2.4000-2.4835 GHz
5.150-5.250 GHz (CE: 5.170-5.250 GHz)
5.725-5.850 GHz
Kecepatan Maksimum Horizontal 23 m/s
Sertifikasi Ketahanan IP55
Lama Terbang 55 menit
Jarak Terbang Maksimum
  • 5000 m: saat menggunakan propeller 2110 dengan bobot take-off ≤ 7.4 kg
  • 7000 m:saat menggunakan propeller 2112 High-Altitude Low-Noise Propellers dengan bobot take-off ≤ 7.2 kg
Temperatur Pengoperasian -20° hingga 50° Celcius
Sistem Navigasi GPS + GLONASS + BeiDou + Galileo
Controller DJ RC Plus
Resolusi FPV Kamera 1080p
Sistem Transmisi DJI O3 Enterprise
Model Baterai TB65- 5880 mAh
Lama Pengisian Daya
  • Dengan suplai daya 220V dapat mengisi ulang dua baterai TB65 hingga penuh selama sekitar 60 menit, dan memerlukan waktu sekitar 30 menit dari pengisian 20% hingga 90%.
  • Dengan suplai daya 110V dapat mengisi ulang dua baterai TB65 hingga penuh selama sekitar 70 menit, dan memerlukan waktu sekitar 40 menit dari pengisian 20% hingga 90%.

Baca juga: 10 Merk Drone Terbaik di Dunia Sejauh Ini

Fitur dan Keunggulan DJI Matrice 350 RTK

Sebagai drone industrial, DJI Matrice 350 RTK dirancang lebih baik untuk membuat inspeksi lebih efisien dan aman. Selain lebih aman dan efisien, berikut beberapa keunggulan dan fitur DJI Matrice 350 RTK yang perlu diketahui. Khususnya bagi para pelaku industrial dan perusahaan besar.

1. Lebih Efisien

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (3)
sc: Videomaker

Keunggulan pertama dari DJI Matrice 350 RTK adalah dari dari segi efisiensi dan keamanan saat terbang. Termasuk dioperasikan untuk penerbangan maksimum pada ketinggian sekitar 7.000 meter. Drone dilengkapi dengan enam directional binocular vision dan infrared positioning serta sensor rintangan. Adanya FPV kamera yang disempurnakan, juga dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan terbang saat malam hari.

DJI Matrice 350 RTK dapat diinstal dengan radar CMS untuk membantu mendeteksi rintangan di depannya pada jarak 30 meter dengan jangkauan 360°. Selain itu juga ada fitur pintar lainnya yang membantu penerbangan lebih aman. Khususnya untuk inspeksi maupun pemetaan pada area yang luas dan ekstrem. Beberapa di antaranya adalah Waypoint, Mapping, Oblique, Linear Flight, Terrain Follow, Smart Oblique, PinPoint, Live Mission Recording, dan AI Spot-Check.

Baca juga: Apa Itu RTK untuk Drone Pemetaan? Ini Penjelasannya!

2. Transmisi Video hingga 20 Kilometer

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (6)
sc: DJI

DJI Matrcie 350 RTK didukung dengan teknologi transmisi DJI O3 Enterprise. Teknologi ini memungkinkan untuk transmisi video dan mendukung live feed dengan resolusi HD 1080p dalam tiga saluran. Bahkan, disebut-sebut transmisi videonya mampu hingga jarak 20 kilometer dari drone ke controller DJI RC Plus.

Baik pesawat drone maupun controller terhubung dengan transceiver empat antena. Berkat desain tersebut memungkinkan sistem secara otomatis mengoperasikan dua antena dengan kekuatan sinyal terbaik sebagai transmisinya. Di sisi lain, keempat antena ini secara aktif menerima transmisi.

Perlu diketahui, controller yang digunakan memiliki ukuran layar 7 inci dengan lama pengoperasian hingga 6 jam dan tahan di berbagai kondisi. Termasuk ketahanan air dan suhu -20° hingga 50° Celcius  dengan sertifikasi IP54.

3. Payload yang Bisa Disesuaikan

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (2)
sc: Notebook Check

Keunggulan DJI Matrice 350 RTK yang lainnya terletak pada payload. Dalam hal ini, DJI mengembangkan inovasi yakni hingga tiga modul payload sekaligus dalam satu drone dengan bobot total hingga 2.7 kilogram. Adapun beberapa modul yang kompatibel untuk DJI Matrice 350 RTK, di antaranya sebagai berikut:

  • Zenmuse H20 Series: kamera dengan empat sensor pembesaran, termasuk untuk wide camera, thermal camera, dan lase rangefinder yang bekerja secara bersamaan. Didukung dengan algoritma pintar untuk meningkatkan performa dalam pemetaan.
  • Zenmuse H20N: terintegrasi dengan dukungan sensor starlight ke dalam sistem zoom dan kamera dengan wide angle. Kamera ini memiliki dual zoom thermal dan laser rangefinder. Pengguna bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.
  • Zenmuse P1: kamera yang terintegrasi dengan sensor full-frame dengan lensa fokus yang bisa diubah pada gimbal tiga sumbu. Biasa digunakan untuk fotogrametri dan pemetaan lebih akurat.
  • Zenmuse L1: kamera yang terintegrasi dengan modul Livox Lidar dan IMU dengan tingkat akurasi tinggi serta kamera untuk pemetaan. Saat digunakan, ketiganya menjadi solusi pemetaan 3D secara efisien. Termasuk pada struktur yang komplek dengan akurat.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drone RTK untuk Pemetaan Lebih Akurat

4. Spesifikasi DJI Matrice 350 RTK – Baterai

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK
sc: Gizmodo

Sektor baterai juga jadi hal penting dalam pembaruan drone DJI Matrice 350 RTK. Dimana drone ini menggunakan intelligent flight battery dengan model TB65 berkapasitas 5880 mAh. Dengan begitu dapat meningkatkan penggunaan, ditambah lagi memiliki fitur hot-swappable untuk mencegah terjadinya downtime maupun baterai cepat panas ketika digunakan. Di samping itu, baterai dapat digunakan hingga 400 kali siklus pengisian daya dan mampu terbang hingga 55 menit.

Penggunaan untuk industri pun semakin nyaman berkat adanya dukungan intelligent battery station model BS65. Perangkat pengisian daya ini mendukung untuk beberapa mode seperti Mode Storage untuk pengisian daya baterai hingga 50% jika baterai tidak digunakan dalam waktu lama. Atau memilih mode Ready to Flight untuk pengisian beberapa set baterai hingga 90% yang dapat menghemat waktu pengisian dan lebih praktis.

5. Harga DJI Matrice 350 RTK

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (4)
sc: Carrot Ink

Terakhir adalah mengenai harga DJI Matrice 350 RTK. Dalam setiap penjualannya, drone dibanderol berbeda-beda tergantung pada paket penjualan yang ditawarkan oleh pihak pabrikan maupun distributor resmi DJI Enterprise. Untuk harga drone ini dengan baterai eksternal diprediksi akan dijual dengan harga 12.670US$ atau setara dengan Rp189 jutaan.

Harga tersebut bisa saja berubah pada tingkat distributor. Ini berkaitan dengan bundling paket yang ditawarkan, Termasuk dipengaruhi oleh kebijakan fiskal maupun pajak atas barang impor yang masuk ke Indonesia. Informasi seputar harga, Anda juga berkonsultasi dan hubungi kami di sini.

Baca juga: DJI Matrice 300 RTK: Harga dan Spesifikasi

Penutup

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (1)
sc: YouTube/DJI

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika spesifikasi DJI Matrice 350 RTK mendukung untuk inspeksi perusahaan secara menyeluruh dengan lebih efisien, aman, dan nyaman diterbangkan oleh pilot drone. Hal itu dapat meningkatkan performa dan hasil pemetaan maupun survei yang lebih baik dan akurat.

Miliki segera drone untuk solusi inspeksi, pemetaan, dan survei di perusahaan Anda di Doran Gadget. Sebagai official DJI Enterprise di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Segera konsultasikan dengan tim kami dan untuk mengetahui informasi tentang DJI Enterprise lebih lanjut, silakan klik di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×