Doran GadgetPertanyaan seputar apa itu RTK adalah hal yang cukup sering dilontarkan pengguna drone pemula. Terutama untuk pemetaan maupun survei dalam proyek tertentu. Sistem ini menjadi penting untuk menentukan posisi dari area yang akan dipetakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan RTK dan manfaatnya? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Apa Itu RTK?

RTK adalah singkatan dari Real Time Kinematics. Yakni sebuah sistem dan teknik yang digunakan dalam menentukan posisi satelit. Penentuan ini dilakukan dengan pengukuran data dari satelit terhadap stasiun yang ada di bumi atau Ground Station. Agar pengukuran semakin optimal, terdapat bagian-bagian penting yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Base Station: adalah terminal atau pangkalan RTK GNSS. Biasanya, ditempatkan pada tanah dengan titik koordinat yang sudah ditentukan. Lokasi GPS ini bertentangan dengan drone. Jadi, untuk berfungsi dengan baik, maka drone dengan sistem RTK harus selalu terhubung dengan base
  • RTK Receiver: yakni perangkat keras di drone yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke satelit maupun pilot drone.
  • Controller: pilot drone yang mengendalikan perangkat RTK. Dimana pilot drone inida apt mengirimkan sinyal maupun menampilkan perubahan yang terdapat di titik koordinat.
  • Satelit: Perangkat untuk menerima data penting. Namun, data ini masih harus dikoreksi lagi menggunakan fitur RTK agar lebih akurat.

Baca juga: Mengenal Teknologi LiDAR Drone dan Manfaatnya untuk Inspeksi

Keunggulan dan Manfaat Sistem RTK

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu RTK, ketahui juga keunggulan dan manfaat dari sistem ini dalam pemetaan maupun survei proyek. Disebut-sebut, sistem GPS RTK lebih unggul jika dibandingkan satelit. Hal ini karena RTK dapat mengoreksi ketidaksesuaian dan ketidakakuratan data yang diterima.

Biasanya, koordinat satelit bisa saja berubah karena faktor seperti bangunan tinggi, cuaca, dan lainnya. Inilah yang kemudian dikoreksi RTK yang menggunakan data secara realtime berdasarkan base station drone. Kemudian, untuk manfaat RTK sendiri seperti dilansir dari Halo Robotics meliputi tiga sektor utama yakni:

  • Meningkatkan akurasi saat melakukan pemetaan maupun survei area. Tingkat akurasi ini bahkan sampai skala centimeter. Sehingga data yang ada lebih baik.
  • Dapat mengoreksi data yang dikumpulkan. Misalnya data yang tidak simetris maupun tingkat kemiringan secara otomatis yang dilakukan saat penerbangan telah selesai.
  • Pengukuran lebih cepat dan efisien. Salah satunya dengan menggunakan Ground Control Points atau titik yang ditetapkan pada tanah menggunakan koordinat yang dipakai mengatur ulang data GPS.

Berdasarkan sebuah percobaan yang dilakukan pada drone yang menggunakan RTK dan tidak, yakni DJI Phantom 4 RTK dengan DJI Phantom 4 Pro untuk survei rooftop, hasil drone RTK lebih akurat. Terutama untuk akurasi secara hoizontal dan vertikal dengan penerbangan hingga lebih dari 30 kali.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

Jenis RTK

Dalam penggunaannya, sistem dan metode RTK ini terbagi menjadi dua jenis yakni Single Base RTK (RTK-Radio) dan Network Real Time Kinematic (NRTK). Berikut penjelasan singkatnya yang perlu Anda ketahui:

  • RTK-Radio digunakan untuk mendapatkan posisi akurat dalam waktu yang singkat. Penentuan ini berdasarkan diferensial data code maupun carrier phase. Cara kerjanya adalah dua penerima harus dioperasikan bersamaan. Kemudian, gelombang radio dipakai untuk mengirimkan ke rover. Kedua penerima tersebut kemudian diproses komputer dengan real-time dengan akurasi tinggi. Biasanya, sistem ini digunakan untuk mengukur proyek konstruksi.
  • NRTK merupakan metode maupun sistem menentukan posisi yang relatif berdasarkan GNSS. Kemudian koreski data GPS/GLONASS akan dikoreksi lewat jaringan internet. Data yang ada merupakan mentahan yang digunakan server dan dikoreksi pengguna. Metode ini adalah pengembangan dari RTK-Radio.

Baca juga: DJI Terra: Software Pemetaan Drone untuk Proyek Berskala Besar

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai apa itu RTK, keunggulan, dan jenisnya yang perlu Anda ketahui untuk penggunaan pemetaan maupun survei menggunakan drone. Setidaknya dengan mengetahui dasar-dasar dari sistem ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pemetaan untuk berbagai proyek penting.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone terbaik untuk pemetaan hanya di Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan ketersediaan drone pemetaan terbaik, hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

>