DJI IndonesiaDrone seri Enterprise atau untuk industrial dan kepentingan publik lainnya selama beberapa tahun belakangan cukup berkembang. Penggunaannya juga banyak dioperasikan untuk berbagai instansi seperti kepolisian, SAR, dan lainnya. Salah satunya adalah DJI Matrice 300 RTK. Seperti apa keunggulan DJI Matrice 300 RTK harga dan spesifikasinya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Matrice 300 RTK

Berikut spesifikasi DJI Matrice 300 RTK secara umum. Terutama dari pesawat drone-nya sebagaimana dilansir dari laman DJI International.

Dimensi 810×670×430 mm (Tidak dilipat dan tanpa baling-baling)
430×420×430 mm (Dilipat dan termasuk baling-baling)
Bobot Sekitar 3.6 kg (tanpa baterai)
Sekitar 6.3 kg (Dengan dua baterai TB60)
Frekuensi Pengoperasian 2.4000-2.4835 GHz
5.725-5.850 GHz
Kecepatan Maksimum S mode: 23 m/s
P mode:17 m/s
Lama Penerbangan 55 Menit
Navigasi GPS, GLONASS, BeiDou, Galileo
Sensor Forward/Backward/Left/Right: 0.7-40m
Upward/Downward: 0.6-30m
Jarak Jangkau Transmisi NCC/FCC: 15 km
CE/MIC: 8 km
SRRC: 8 km

Baca juga: Apa Itu RTK untuk Drone Pemetaan? Ini Penjelasannya!

Fitur DJI Matrice 300 RTK

Selain mengetahui tentang spesifikasi DJI Matrice 300 RTK secara umum, penting pula diketahui mengenai fitur-fitur terbaik yang dimiliki oleh drone ini. Mulai dari desain, baterai, kamera, hingga harga yang dijual di Indonesia. Berikut selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Desain

Pertama adalah dari segi desain, drone ini terlihat kokoh dengan sertifikasi IP45. Hal inilah yang membuatnya dapat diterbangkan dalam kondisi cuaca hujan ringan. Termasuk pada suhu -20° Celcius sampai dengan 50° Celcius. Desain yang kokoh ini pun mampu digunakan untuk payload perangkat lain dalam hal pemetaan dengan bobot maksimum hingga 2.7 kilogram. Seperti Zenmuse L1, Zenmuse P1, Zenmuse H20, Zenmuse H20T, Zenmuse XT S, Zenmuse XT2, dan Zenmuse Z30.

Sementara, bobot drone ini memiliki berat hingga 9 kilogram. Untuk baling-balingnya terdiri dari dua baling- baling di setiap empat titik sudut. Baling-baling ini dapat dengan mudah dipasang dan dilepas ketika tidak digunakan. Secara keseluruhan, desain drone ini memang dikhususkan untuk berbagai kondisi, termasuk dalam medan yang berat sekalipun.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drone RTK untuk Pemetaan Lebih Akurat

2. Kamera dan Vision System

Drone DJI Matrice 300 RTK juga dilengkapi dengan kamera FPV. Dimana kamera ini memiliki resolusi 960p dengan FOV 145° dan frame rate 30fps. Drone memiliki sensorr anti-tabrak seperti Forward, Backward, Left, Right, Upward, dan Downward. Fitur lainnya adalah, drone dapat diandalkan dengan adanya Smart Inspection yang terdiri dari:

  • Live Mission Recording dimana hal ini akan memudahkan pengguna saat melakukan inspeksi.
  • AI Spot-Check yang menangkap objek secara konsisten dalam setiap detik dengan hasil yang optimal.
  • Waypoints 2.0 untuk kenyamanan selama penerbangan dan lebih efisien dalam proyek Anda.
  • PinPoint untuk menentukan posisi dengan menggunakan sensor dan dukungan software seperti DJI FlightHub.
  • SmartTrack yakni sistem yang mengidentifikasi dan mengikuti subjek yang bergerak dengan hasil yang lebih halus.

3. Baterai

Sementara, dari segi baterainya drone ini menggunakan Intelligent Flight Battery dengan kapasitas 5935 mAh. Baterainya bertipe LiPo 12S dan bobotnya sekitar 1.35 kilogram. Pengisian daya baterai bisa dilakukan menggunakan BS60 Intelligent Battery Station. Adapun lama pengisian dayanya adalah selama 60 menit dengan daya input 220V. Sementara, jika menggunakan daya 110V, maka diperlukan waktu 70 menit untuk melakukan pengisian daya secara penuh.

Agar lebih optimal, Anda dapat mengisi ulang baterai dengan suhu -20° Celcius hingga 40° Celcius. Temperatur pengoperasian baterai ini pun mengikuti kapasitas termperatur pada pesawat drone yakni -20° Celcius sampai dengan 50° Celcius. Sedangkan untuk penyimpanan baterai yang aman, adalah pada suhu 22° Celcius sampai dengan 30° Celcius.

Baca juga: Mengenal Teknologi LiDAR Drone dan Manfaatnya untuk Inspeksi

4. Transmisi dan Performa Penerbangan

Beralih ke sektor transmisinya, DJI Matrice 300 RTK menggunakan sistem OcuSync Enterprise dan mendukung untuk tiga saluran video 1080p. Kemudian, memiliki real-time auto-switching antara 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Hal itu membuat drone mampu dioperasikan pada area dengan interferensi cukup tinggi.

Berkat sistem transmisi yang sudah disebutkan, membuatnya mampu hingga jarak jangkau 15 kilometer. Untuk keamanan data transmisi, drone sudah dilengkapi dengan sistem enkripsi AES-256. Soal performa, drone dapat terbang di udara selama 55 menit dengan kecepatan maksimum hingga 23 m/s. Ditambah lagi dilengkapi dengan UAV Health Management System.

5. DJI Matrice 300 RTKHarga

Lal, bagaimana mengenai DJI Matrice 300 RTK harga di Indonesia? Di distributor resmi DJI seperti Doran Gadget, harga untuk drone seri Enterprise ini dibanderol Rp114 jutaan. Harga tersebut mungkin berbeda di berbagai negara. Hal itu dipengaruhi dengan kebijakan fiskal dan kebijakan atas barang impor yang masuk. Dengan begitu, harganya pun menyesuaikan dengan kurs yang ada.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai DJI Matrice 300 RTK harga dan spesifikasinya. Kini, Anda bisa mendapatkan drone terbaik untuk industrial dengan spesifikasi terbaik ini hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lebih lanjut mengenai ketersediaan produk dan pembelian, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×