DJI IndonesiaDJI baru saja merilis seri Pro yakni DJI Inspire 3. Drone ini difokuskan untuk videomaker dan filmaker profesional. Seri terbaru ini pun menjadi generasi penerus dari Inspire 2 yang rilis pada tahun 2016 lalu. Apa saja pembaruannya dan beragam fitur canggih dari spesifikasi DJI Inpsire 3? Simak ulasannya lebih lengkap dalam artikel yang dihimpun tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi DJI Inspire 3

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3
sc: DP Review

Berikut ulasan singkat mengenai spesifikasi DJI Inspire 3 secara umum yang perlu diketahui sebelum Anda memilihnya untuk membuat film dan sinematografi terbaik:

Bobot Drone Sekitar 3.995 gram (termasuk gimbal kamera, dua baterai, lensa, PROSSD, dan propeler)
Gimbal Kamera Full-frame sensor
Dual- Native EI 800/4000 atau EI 200- 4600
Spek Video Maksimum 8K/75p ProRes RAW
8K/25p CinemaDNG
Maksimum Gimbal Tilt +100º (+80° obstruction – free tilt at 50mm, 75° at 35mm, 70° at 24mm, 65° at 18mm)
Kamera FPV Type 1/1.8 CMOS sensor 161º FOV
Akurasi Posisi Centimeter level (RTK on)
Sistem Sensor 9 sensor dengan 6 sensor rintangan yang bisa dikustomisasi
Lama penerbangan Hingga 28 menit
Intelligent Flight Modes Waypoint Pro: Repeatable Routes
Waypoint Pro: 3D Dolly, Spotlight Pro
Jarak Maksimum Sekitar 15 km (dengan transmisi O3 Pro)
Penyimpanan PROSSD 1TB

Baca juga: 10+ Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2023

Fitur dan Keunggulan

Setelah Anda mengetahui spesifikasi DJI Inspire 3 secara umum, ketahui pula berbagai keunggulan yang dimiliki oleh drone untuk profesional ini. Mulai dari sektor desain, kamera, mode pintar, ketahanan baterai, hingga harga yang dipasarkan. Berikut di antaranya yang perlu diketahui.

1. Desain

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3 (5)
sc: DJI

Pertama adalah dari segi desain. Jika dilihat kembali, DJI Inspire 3 diklaim 20% lebih aerodinamis jika dibanding seri sebelumnya. Kemudian, drone juga dilengkapi dengan konfigurasi dual aircraft frame Till Boost dan Pan 360°. Gimbal kamera drone mendukung untuk pengambilan gambar sudut ke atas tanpa halangan hingga 80° dalam menghasilkan perspektif yang luar biasa.

Dengan bobot yang ringan dan ergonomis tersebut, membuat manuver drone dengan kecepatan tinggi di udara. Bahkan, drone mampu terbang hingga kecepatan 94km/jam. Tentu, ini juga dapat merekam gambar yang bergerak dengan baik dan mengikuti objek dengan cepat.

Baca juga: 5 Tips Pengambilan Video Menggunakan Drone DJI

2. Spesifikasi DJI Inspire 3 – Kamera

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3 (3)
sc: DP Review

Berikutnya adalah sektor kamera DJI Inspire 3. Drone ini dilengkapi dengan sensor kamera 1/1.8 CMOS dan 161° FOV. Kamera full-frame yang disematkan pun menjadi yang sangat ringan diproduksi sampai saat ini yakni X9-8K Air Gimbal Camera. Dimana fiturnya adalah mampu merekam video 8K hingga 8192 x 4320 dengan aspek rasio 2:1.

Selain itu, juga bisa untuk mengambil foto dengan resolusi 44.7 megapiksel atau 8192 x 5456. Hasil video dan dan foto tersebut nampak jernih berkat dukungan sistem pemrosesan gambar terbaru dari DJI yakni CineCore 3.0. yang didesain untuk lensa DL-Mount yang ringan dari DJI.

Tak hanya di situ saja, untuk perekaman video, drone memiliki dukungan perekaman internal hingga 8K/25p pada CinemaDNG dan 8K/25p dengan Apple ProRes RAW. Sementara untuk mode Slow and Quick, X9-8K Air Gimbal Camera mendukung untuk hasil 4K/120p tanpa pemotongan dalam ProRes RAW untuk urutan gerak lambat atau gerak cepat yang mulus.

Lalu, dari segi kemampuan ISO kamera memiliki sistem dual native. Artinya, ISO dapat diseting sesuai dengan frame rate. Saat menggunakan sensor penuh pada 30p dan dibawahnya, maka ISO-nya adalah 800/4000. Hal itu membuatnya ideal untuk produksi film dengan frame rate standar 24p hingga 25p. Untuk frame rate 30p ke atas, maka ISO-nya adalah 3200/1600.

3. Fitur RTK dan Navigasi

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3 (2)
sc: DJI

Keunggulan lainnya dari spesifikasi DJI Inspire 3 ini adalah dilengkapi sejumlah fitur canggih untuk penggunaan yang lebih baik bagi para profesional. Misalnya saja dipasangkannya fitur Real-Time Kinematic (RTK). Dimana fitur ini mampu memberikan akurasi tinggi hingga level centimeter. Tentu, RTK ini juga sangat diperlukan dalam dunia industri seperti survei dan arsitektur.

Fungsi RTK dapat membuat penerbangan lebih stabil dengan rute yang telah ditentukan. Apabila fungsi RTK dimatikan, Anda bisa beralih ke mode GNSS yang didukung oleh GPS, Galileo, dan BeiDou System. RTK ini bekerja dengan memancarkan sinyal pada antena drone dan terhubung dengan controller.

Baca juga: Apa Itu RTK untuk Drone Pemetaan? Ini Penjelasannya!

4. Sensor Rintangan

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3 (4)
sc: DJI

Hal lainnya yang wajib diketahui dari keunggulan DJI Inpsire 3 ini adalah sensor rintangan dan pendukungnya. Ini bisa kita lihat dengan adanya fitur Waypoint Pro yang membuat rute penerbangan menjadi lebih baik. Selain itu, juga ada fitur pengaturan kecepatan dan sudut gimbal dengan tingkat konsistensi tinggi.

Juga ada fitur 3D Dolly untuk menirukan gerakan crane, cable cam, atau dolly. Ada pula fitur Spotlight Pro untuk proses pelacakan objek tunggal. Ini memungkinkan pilot lebih fokus ketika menerbangkan drone dan gimbal tetap bergerak fokus pada subjek yang sudah ditentukan.

Dari segi sensor rintangan, DJI Inspire 3 memiliki sensor omnidirectional. Di sini, untuk pertama kalinya DJI menyematkan penginderaan rintngan horizontal, ke atas, maupun ke bawah dan bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan untuk setiap arah. Walaupun dinonaktifkan, pengguna masih bisa melihat seberapa jauh dari penghalang melalui layar di remote.

5. Ketahanan Baterai

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3 (1)
sc: DP Review

Sebagai drone dengan kecepatan tinggi dan fitur unggul, sektor baterai memang jadi perhatian para pengguna. DJI Inspire 3 unggul karena mengadopsi sistem dual baterai yakni TB51. Dengan begitu, akan meningkatkan perfoma dan keandalan saat dioperasikan di berbagai kondisi.

Hal itu memang lebih unggul dibanding seri sebelumnya dan membuat drone ini mampu terbang hingga 28 menit di udara. Untuk dapat terisi penuh, hanya perlu mengisi ulang baterai hingga 90 menit saja.

Keunggulan dari baterai TB51 adalah bentuknya yang lebih kecil, ringan, dan mudah dibawa ke mana saja. Kemudian, juga dilengkapi fitur hot swapping, yakni teknologi yang dapat membuat baterai dapat dilepas dan dipasangkan kembali dengan cepat tanpa khawatir kehilangan daya.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Baterai Drone DJI Asli dan Palsu

6. Transmisi dan Remote

Spesifikasi DJI Inspire 3 - (7)
sc: DJI

DJI Inspire 3 didukung dengan transmisi baru yakni O3 Pro Transmission. Dimana transmisi ini mampu digunakan untuk menerbangkan drone dengan jarak hingga 15 kilometer atau sekitar 9.3 mil saat dioperasikan dengan menggunakan satu mode controller.

Sementara, jika menggunakan mode dual-control maka jarak maksimalnya adalah 12 kilometer. DJI Inspire 3 juga kompatibel dengan remote DJI RC Plus. Controller ini memiliki ukuran layar layar 7 inci dengan 1200-nit.

7. Harga DJI Inspire 3

SPESIFIKASI DJI INSPIRE 3 (6)
sc: DJI

Terakhir adalah mengenai haga DJI Inspire 3. Untuk harganya sendiri memang memiliki perbedaan di berbagai negara. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal maupun bea barang impor yang masuk. Ini juga berlaku di tanah air dan berpengaruh pada harga drone.

Adapun harga yang dilepas di pasar Indonesia untuk drone seri pro terbaru DJI ini adalah Rp198 jutaan. Harga tersebut biasanya dapat berubah tergantung pada paket lainnya yang ditawarkan dari DJI seperti aksesoris pendukungnya.

Baca juga: Daftar Harga Drone DJI Terbaru di Tahun 2023

Penutup

spesifikasi DJI INSPIRE 3 - (8)
sc: YouTube/DJI

Itulah ulasan mengenai spesifikasi DJI Inspire 3 dan harganya. Anda dapat mebeli drone ini di tempat terbaik dan terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai salah satu official store DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin,. Kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Nikmati juga berbagai keuntungan lainnya saat berbelanja di kami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan konsultasi produk, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Follow juga Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku dari produk-produk DJI.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait: