drone dji, cara klaim drone DJI

DJI IndonesiaMerekam dan membuat video dari angkasa untuk menjangkau objek yang terletak cukup jauh saat ini lebih mudah. Dulu, untuk melakukannya seseorang harus menggunakan transportasi udara seperti helikopter dan membawa kamera manual. Cukup merepotkan bukan?

Kini, kita bisa melakukannya hanya dengan menggunakan piranti yang lebih kecil, ringkas, dan tidak memerlukan waktu lama. Salah satunya menggunakan drone DJI. Namun, sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara mengambil video menggunakan drone dengan baik meskipun mengetahui cara menerbangkannya.

Tips Pengambilan Video dengan Drone DJI

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda akan mengambil video dengan menggunakan drone DJI. Mulai dari kondisi cuaca hingga setting kamera drone yang tepat. Berikut penjelasannya yang dihimpun tim Doran Gadget.

1. Perhatikan Kondisi Cuaca

mode quickshots drone dji

Cuaca memang menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Usahakan saat menerbangkan drone ini cuaca dalam kondisi baik. Hindari penerbangan drone pada saat cuaca hujan ringan atau gerimis dan berembun. Sebab, dikhawatirkan air yang masuk dapat merusak komponen drone.

Di sisi lain, kondisi kecepatan angin menjadi faktor penentu. Beberapa drone DJI memang dibekali dengan fitur ketahanan angin. Bila kecepatan angin cukup tinggi dan melampaui batas ketahanan angin drone, ada baiknya jangan memaksakan untuk melakukan penerbangan. Jenis drone pun mengalami ketahanan berbeda seperti:

  • Jangan terbangkanDJI Mavic saat kecepatan angin lebih dari 24 mph.
  • Untuk DJI Spark jangan menerbangkannya pada kecepatan angin 18 mph.
  • Sementara, untuk DJI Phantom 4 Pro sebaiknya jangan menerbangkannya saat angin berada dalam kecepatan 22mph.

Perhatikan pula jam-jam terbaik untuk menerbangkan drone. Misalnya pada sore hari atau pada saat memasuki golden hour untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, juga menghindari drone dari kotoran dan debu yang daat mengganggu komponen utamanya.

2. Pastikan Kondisi Baling-Baling dalam Keadaan Baik

drone dji mavic mini

Berikutnya ialah pastikan baling-baling drone dalam kondisi baik dan layak terbang. Mengapa demikian? Sebab, kerusakan sedikit saja pada baling-baling ini dapat mempengaruhi penerbangan dan manuvernya tidak maksimal. Bahkan, bila dibiarkan dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius.

Oleh karena itu, hindari menerbangkan drone ketika baling-balingnya mengalami masalah. Misalnya saja baling-baling dalam kondisi retak, bengkok, hingga tidak bisa berputar dengan sempurna.

Akan lebih baik lagi bila Anda menggunakan pelindung baling-baling. Beberapa drone DJI seperti seri Mavic Series, DJI Tello, dan sebagainya. Pelindung baling-baling ini dirasa cukup bagus dalam menghindari objek-objek tertentu saat terbang. Sehingga, lebih aman dari kerusakan seperti retak dan sebagainya.

Baca juga: Tutorial Mengganti Baling-Baling DJI Mavic Mini

3. Terbangkan Drone DJI dengan Kecepatan yang Stabil

Drone DJI Mavic 2

Saat menerbangkan drone terkadang seseorang tidak begitu memperhatikan kecepatannya ketika berada di udara. Padahal, hal itu sangat penting. Untuk membuat hasil rekaman video yang baik, maka usahakan drone dalam kecepatan yang stabil. Pengaturan kecepatan ini dapat dilakukan agar area di sekeliling objek dapat terekam dengan baik, idealnya paling tidak adalah 30 mph.

Berbeda halnya ketika Anda membidik objek yang bergerak. Anda pun harus melakukan pengaturan kecepatan agar momen-momen terbaik lewat begitu saja. Untuk hal ini, Anda bisa mengaktifkan mode ‘Sports’ yang dapat terbang dengan kecepatan stabil hingga 60 mph.

4. Manuver yang Baik Juga Penting

Kamera Drone DJI

Menerbangkan drone memang membutuhkan keahlian khusus. Maka dari itu, dalam hal pengambilan video sebaiknya dilakukan oleh para profesional. Ini juga berkaitan dengan manuver yang dilakukan untuk mendapatkan hasil video yang lebih smooth dan optimal serta objek dapat terekam dengan jelas.

Manuver penerbangan drone yang baik sebaiknya manfaatkan dengan baik sudut yang ada. Sebisa mungkin jangan memotret objek dengan gerakan mendatar. Terbangkanlah dengan berbagai manuver seperti ke arah kanan dan kiri, naik dan turun sesuaikan dengan objek bidikan. Meski terbilang sederhana, trik seperti ini membuat hasilnya lebih terkesan sinematik.

Berikutnya, terbangkan drone di area fokus objek yang akan direkam. Untuk lebih mudah, Anda pun dapat mengaktifkan fitur mode ‘Point of Interest’ dari DJI. Terutama mengenai radius cakupan pengambilan gambar, ketinggian, hingga kecepatan mengorbitnya. Atau bisa juga dengan mengaktifkan mode ‘Reveal Shot’ untuk hasil yang lebih sempurna ketika melakukan manuver.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

5. Setting Kamera

drone dji

Terakhir, dalam hal pengambilan video dengan menggunakan drone DJI adalah mengenai setting kameranya. Misalnya mengenai pencahayaan, resolusi yang dipilih, dan filter kamera tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa mengatur shutter speed dua kali untuk mendapatkan hasil video yang lebih halus. Misalnya saja, Anda akan melakukan pengambilan video pada 24 fps, di sini shutter speed yang diperlukan setidaknya1/50 per detik.

Pengaturan shutter speed yang tepat akan menghasilkan kualitas video lebih terlihat natural. Bila tempat atau area pengambilan video terlalu banyak cahaya, gunakanlah filter yang bersifat netral dan turunkanlah kecepatan shutter speed. Beberapa drone DJI juga dilengkapi dengan 3 Axis Gimbal Stabilizer, sehingga dapat membidik objek dengan baik tanpa gangguan dan tetap stabil dalam kecepatan yang disesuaikan.

Fitur D-LOG dapat diaktifkan untuk menjaga kestabilan, berfungsi untuk memberikan rentang dinamis saat drone diterbangkan cukup tinggi. Dengan begitu, area yang tercover pada video juga semakin luas dan lebih detail. Pengaturan editing warnanya pun menjadi lebih sedikit.

Mendapatkan Drone DJI Terbaik

Drone dji

Setidaknya itulah beberapa tips pengambilan video dengan menggunakan drone DJI. Pastikan drone Anda dalam kondisi baik sebelum diterbangkan untuk mengambil video. Terutama kondisi baterai dalam kondisi penuh agar penerbangannya menjadi lebih maksimal dan video yang dihasilkan baik. Jangan lupa untuk selalu membaca buku panduan yang ada.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone tersebut dengan mudah, aman, dan nyaman. Salah satunya adalah melalui authorized dealer DJI Surabaya di Doran Gadget. Di sini barang yang dijual merupakan barang asli. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan harga terbaik saat promo-promo tertentu.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×

WhatsApp Chat

× WhatsApp