DJI IndonesiaSebagai salah satu drone pertanian terbaik, spesifikasi DJI Agras T10 cukup banyak dicari oleh sebagian besar penggunanya. Terutama untuk proyek di sektor agraria. Keunggulan menggunakan drone dalam proyek pertanian adalah dapat menghemat waktu. Khususnya untuk penyemprotan di area yang cukup luas. Seperti apa spesifikasi dan keunggulannya? Simak dalam ulasan kali ini yang sudah dihimpun tim Doran Gadget.

Spesifikasi DJI Agras T10

Adapun spesifikasi DJI Agras T10 secara umum bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini. Data spesifikasi ini melansir dari laman DJI International:

 Bobot Drone  13 kg
 Bobot Maksimal Saat Take Off  24.8 kg
 Presisi di Udara  Fitur D-RTK aktif: ±10 cm (horizontal) and ±10 cm (vertical)
 Fitur D-RTK dinonaktifkan: ±0.6m (horizontal) and ±0.3m (vertical) (dengan fungsi radar yang diaktifkan: ±0.1 m)
 RTK/GNSS Frequency Bands  RTK: GPS L1/L2, GLONASS F1/F2, BeiDou B1/B2, dan Galileo E1/E5
 GNSS: GPS L1, GLONASS F1, dan Galileo E1
 Lama Penerbangan  17 menit (@9,500 mAh & bobot saat takeoff 16 kg)
 9 menit (@9,500 mAh & bobot saat takeoff 24.8 kg)
 Daya yang Diperlukan  3,700 W (konsumsi daya maksimum)
 3,200 W (konsumsi daya saat penerbangan)
 Kamera  FOV: Horizontal: 129°, vertical:82°
 Resolusi: 1,280×720 15-30 fps
 Maximum light intensity: 13.2 lux @ 5-meter direct light
 Baterai  BAX501-9500mAh-51.8V
 9,500 mAh
 Radar  RD2414U
 Frekuensi:
 SRRC/NCC/FCC: 24.05 to 24.25 GHz
 MIC/KCC/CE:24.05 to 24.25 GHz
 Suhu untuk Pengoperasian Drone  0℃ to 45℃

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone Pertanian DJI untuk Aktivitas Agraria

Fitur dan Keunggulan DJI Agras T10

Drone pertanian DJI Agras T10 memiliki beberapa fitur unggulan untuk menunjang pengoperasiannya. Seperti apa fitur yang dimiliki dan keunggulannya? Berikut ulasan singkatnya dari segi desain maupun fitur-fitur lainnya.

1. Kapasitas Tangki Penyemprotan

Fitur penting dari spesifikasi DJI Agras T10 yang wajib diketahui adalah dari segi kapasitas tangki dan penyemprotannya. Drone ini memiliki kapasitas tangki 8 liter dan dilengkapi empat buah pressure nozzles. Dengan begitu drone mampu hingga jarak semprot 5.5 meter.

Selain itu dilengkapi sistem Spreader System 3.0 untuk mendukung penyemprotan menggunakan pupuk maupun pellets. Kecepatan terbangnya mampu hingga 10m/s dan bisa melakukan penyemprotan per jamnya hingga 6.67 hektar dengan laju semprot maksimalnya hingga 3l/m.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Drone DJI yang Bisa Anda Lakukan

2. Fitur Kamera dan Controller

Kedua, DJI Agras T10 juga dilengkapi dengan dual kamera FPV. Fungsi kamera ini adalah untuk menghadirkan tampilan dari depan dan belakang secara jelas. Hal itu akan memudahkan pilot dalam memeriksa status penerbangan tanpa harus memutar pesawat drone. Kemudian, terdapat pula lampu khusus untuk pengoperasian di malam hari. Pengoperasian drone menggunakan controller yang mendukung transmisi pengambilan gambar yang stabil hingga jarak 5 kilometer.

 Controller ini memiliki layar 5.5 inci yang memiliki visual yang baik dan dapat digunakan untuk mengoperasikan beberapa drone sekaigus. Selain itu, juga terdapat fungsi D-RTK untuk perencanaan posisi tingkat centimeter yang akurat secara real-time. Termasuk integrasinya dengan aplikasi DJI Agriculture  maupun platform Smart Agriculture berbasis cloud.

3. Spesifikasi DJI Agras T10 – Baterai

Ketiga yakni dari segi baterai. Terdapat dua baterai dan pengisi daya untuk pengoperasian di areal pertanian menengah. Tak perlu waktu lama untuk melakukan pengisian daya, hanya dengan 10 menit saja. DJI Agras T10 menggunakan baterai dengan jenis Intelligent Flight Battery.

Adapun kapasitasnya sekitar 9.500 mAh dengan ketahanan penggunaan hingga 4 jam. Terdapat pula garansi hingga 1.000 siklus penggunaan. Baterai ini dilengkapi dengan fitur keamanan baik dari segi komponen maupun desain luarnya. Hal itu bisa dilihat dari adanya IP54 yang tahan air dan melindungi dari korosi.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

4. Sistem Radar dan Fitur Unggulan Lain

Drone pertanian ini juga memiliki sistem Spherical Radar yang bersifat omnidirectional. Dimana radar ini dapat mendeteksi kondisi lingkungan, cuaca, sudut pandang, dan lainnya. Termasuk dalam mendeteksi rintangan secara otomatis. Hal itu akan membuat drone semakin aman selama penerbangan.

Radar omnidirectional ini juga memiliki kemampuan lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya untuk terbang dengan mengikuti bentuk kontur areal pertanian. Spesifikasi DJI Agras T10 keempat inilah yang jadi bahan pertimbangan mengapa harus memilihnya untuk lahan pertanian yang tidak terlalu luas sampai menengah.

5. Harga DJI Agras T10

Harga DJI Agras T10 mungkin untuk setiap negara berbeda-beda. Termasuk di Indonesia sendiri, sebab hal itu berkaitan dengan kebijakan fiskal dan barang impor. Untuk pasaran di tanah air DJI Agras T10 dijual di kisaran Rp125 jutaan. Dimana dalam setiap penjualannya termasuk pesawat atau drone, Smart Controller, Intelligent Flight Battery, dan Intelligent Flight Battery Station.

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

Penutup

Itu dia Sobat Doran, ulasan mengenai spesifikasi DJI Agras T10 yang perlu Anda ketahui. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika drone ini sangat cocok untuk proyek perkebunan dan agraria. Terutama dengan skala besar dan bidang tanah berskala menengah. Kini, Anda bisa mendapatkan drone pertanian hanya di Doran Gadget.

Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Hubungi CS kami untuk informasi pengadaan drone dan ketersediaanya via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram dan download aplikasi Doran Gadget dari smartphone sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam berbelanja.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>