DJI Indonesia Pabrikan drone asal Tiongkok DJI baru saja merilis perangkat audio pertamanya yakni DJI Mic. Dengan mengusung jargon ‘Elevate Your Audio’, perangkat ini menawarkan kemudahan dan kecanggihan tersendiri. Khususnya bagi para konten kreator untuk interview dan aktivitas lainnya. Seperti apa spesifikasi DJI Mic beserta fiturnya? Berikut ulasannya yang telah Doran Gadget rangkum.

Spesifikasi DJI Mic

Spesifikasi dji mic (4)

Bagi Anda yang ingin memiliki perangkat audio terbaru dari DJI ini, ada baiknya untuk mengetahui spesifikasinya terlebih daulu. Beberapa spesifikasi tersebut meliputi spek secara umum, transmitter, charging case, dan receiver berikut ini.

Spesifikasi DJI Mic Secara Umum

 Microphone Directions All Directions

 Frequency Response

 Low Cut Off: 50 Hz – 20 kHz
 Low Cut On: 150 Hz – 20 kHz

 Max Sound Pressure Level (SPL)

 114 dB SPL

 Max Input Level (3.5 mm)

 -17 dBV (THD < 0.1%)

 Equivalent Noise

 23 dBA

 Monitor Interface Output Power

 Max Output [email protected], 32Ω

Transmitter dan Receiver

 Dimensi dan Berat 47.32×30.43×20.01mm, 30 gram (Transmitter)
 47.44×32.21×17.35mm,  24.9 gram (Receiver)
 Mode Wireless GFSK 1 Mbps and 2 Mbps

 Equivalent Isotropic Radiated Power (EIRP)

 <20 dBm
 Frekuensi 2400-2483.5 MHz
 Baterai LiPo 1S 320 mAh, 1.23Wh, 3.85 V
 Temperatur 5 to 45°C (41° to 113° F) – Waktu Pengisian
 -10° to 45°C (14° to 113° F) – Temperatur pengoperasian
 Daya Baterai dan Pengisian 70 menit pengisian, 5.5 jam waktu pengoperasian dan 5 jam untuk penggunaan receiver

Charging Case

 Dimensi dan Berat ASB01, 103.06×61.87×41.50 mm, 162, gram
 Baterai LiPo 1S 2600 mAh, 10Wh, 3.87 V
 Temperatur 5 to 45°C (41° to 113° F) – Pengisian dan Pengoperasian
 Daya Baterai dan Pengisian 2 jam 40 menit waktu pengisian, dan dapat mengisi perangkat hingga tiga perangkat secara simultan untuk 1.8 kali.

Baca juga: 5 Rekomendasi Microphone Wireless yang Bagus Tahun 2022

Fitur DJI Mic

Selain spesifikasi DJI Mic, yang paling penting untuk diketahui bagi para konten kreator mengenai perangkat audio ini adalah fiturnya. Dalam website resmi DJI sendiri, disebutkan beberapa fitur unggulan dari mikrofon tersebut. Berikut di antaranya, mulai dari segi desain hingga fitur lainnya.

1. Dual Channel Recording

Spesifikasi dji mic (1)

DJI Mic dilengkapi dengan dua transmitter yang terpasang mikrofon internal. Kedua transmitter ini pun mendukung untuk keperluan audio omnidirectional. Dengan kualitas audio terbaik dengan high-fidelity yang akurat antar frekuensi.

Perekaman pun bisa dilakukan secara terpisah di tiap saluran dan dapat digabungkan pasca produksi. Transmitter tersebut memiliki penyimpanan internal kurang lebih selama 14 jam untuk menjaga hasil rekaman tetap baik dan terjaga dari masalah lainnya.

2. Transmisi Wireless

Spesifikasi dji mic (8)

Fitur lainnya dari DJI Mic adalah transmisi wireless yang membuat pengguna nyaman mengoperasikannya. DJI menggunakan teknologi enkripsi terbaru, dimana hal itu memungkinkan mikrofon memiliki jarak transmisi maksimal hingga 250 meter tetap jernih.

Koneksi transmisi pun lebih stabil dengan menggunakan pita frekuensi 2.4Ghz. Anda dapat bergerak bebas saat merekam suara. Dengan dukungan anti-interferensi yang kuat, suara yang dihasilkan pun tetap jernih ketika berada di tempat yang ramai sekalipun seperti pusat perbelanjaan, stasiun, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2022

3. Spesifikasi DJI Mic dengan Desain Ergonomis

Spesifikasi dji mic (7)

Spesifikasi DJI Mic dirancang dengan desain yang ergonomis. Bobotnya yang hanya sekitar 30 gram saja sangat nyaman bagi pengguna saat diletakkan di kemeja sekalipun dengan magnet khusus pada perangkat yang berfungsi sebagai klip. Di samping itu juga terdapat adaptor hot-shoe yang bisa dipasangkan pada perangkat kamera. Seperti kamera DSLR, kamera Mirrorless, dan lainnya dengan mudah.

4. Pengisian Baterai yang Mudah

Spesifikasi dji mic (2)

Tak perlu khawatir pengisian daya, dalam paket yang dijual DJI menambahkan case yang dapat dijadikan sebagai charger. Menggunakan charger tersebut dapat menambah masa baterai 5.5 jam dari transmitter dan 5 jam dari penerima. Casing ini dapat bertahan dalam mode standby hingga 15 jam.

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

5. Kompatibel untuk Berbagai Keperluan

Spesifikasi dji mic (5)

Untuk mendukung kompatibilitas di berbagai perangkat, DJI Mic memiliki mode yang bisa disesuaikan. Mulai dari SafetyTrack untuk mencadangkan rekaman dengan volume -6dB, hal itu membantu melindungi kerusakan audio yang disebabkan distorsi dan lainnya. Kemudian, mode Multi-Level Gain Control dengan menyesuaikan sensitivitas input dan output suara di kisaran -12dB hingga 12dB dan temukan pengaturan yang sempurna sesuai lingkungan.

Di samping itu, mikrofon juga mampu merekam suara dengan jernih pada kondisi berangin dan bising sekalipun. Receivernya dapat dihubungkan ke perangkat dengan USB Type-C maupun Lightning maupun kabel audio 3.5mm. Dengan begitu, memungkinkan untuk dihubungkan di smartphone, webcam pada laptop, dan kompatibel dengan DJI OM 5 serta DJI Action 2.

6. Harga DJI Mic

Spesifikasi dji mic (3)

Berbicara mengenai mikrofon DJI ini memang tergolong menengah. Pada laman resminya, mikrofon dibanderol seharga 329US$ atau setara dengan Rp4.7 jutaan. Namun, untuk harga di tanah air nantinya bisa saja berubah. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan mengenai perpajakan dan aturan lainnya. Termasuk harga di distributor resminya.

Baca juga: DJI Osmo Mobile 5 Rilis, Hadirkan Perpaduan Tongsis dan Gimbal

Penutup

Spesifikasi dji mic

Jika melihat fitur dan spesifikasi DJI Mic di atas, dapat disimpulkan bahwa perangkat ini sangat cocok Anda jadikan teman untuk membuat konten. Khususnya konten video dan vlog dengan kualitas terbaik. Lantas, kapan mikrofon ini masuk di tanah air? Kita tunggu saja informasi selanjutnya ya Sobat Doran.

Tak hanya mikrofon, DJI juga memiliki beberapa perangkat untuk bikin konten unggulan selain drone. Misalnya Gimbal Camera dan Gimbal Stabilizer yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget selaku authorized dealer DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Bali, dan DJI Semarang. Produk dapat dibeli di jaringan store kami, marketplace, maupun melalui aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp