Doran GadgetSalah satu aspek penting dalam memilih drone adalah jarak terbangnya. Sebab, beda spesifikasi drone beda pula jarak maksimum yang bisa dicapai. Begitu pun dengan drone DJI Mini 3 Pro yang cukup banyak dipilih para pecinta drone untuk fotografi maupun videografi. Lantas, berapa jarak terbang DJI Mini 3 Pro ini? Simak ulasannya yang sudah dihimpun tim Doran Gadget.

Jarak Terbang DJI Mini 3 Pro

Jarak terbang DJI Mini 3 Pro memang berbeda-beda berdasarkan regulasi dimana drone tersebut akan diterbangkan di masing-masing regional. Mulai dari regional di Amerika Serikat, Eropa, Uni Eropa, Cina, dan lain sebagainya. Berikut ulasan mengenai regulasi tersebut.

1. FCC

FCC merupakan singkatan dari Federal Communication Commission (FCC), yakni agensi di Amerika Serikat yang mengatur sinyal dan transmisi elektromagnetik untuk perangkat tertentu. Termasuk drone DJI harus mengantingi izin sertifikasi ini agar bisa diterbangkan di wilayah hukum Amerika Serikat. Berdasarkan sertifikasi FCC jarak terbang DJI Mini 3 Pro memiliki batasan hingga 7.4 mil atau sekitar 12 kilometer.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengubah Mode Sinyal CE ke FCC Drone DJI?

2. Jarak Terbang DJI Mini 3 Pro – CE

Berikutnya adalah sertifikasi atau label CE yang berlaku di kawasan Uni Eropa. Sebenarnya, fungsinya tidak jauh beda dengan FCC yakni mengatur sinyal dan transmisi di udara. Jadi, perangkat seperti drone harus mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan, dan perlindungan lingkungan berdasarkan standar Uni Eropa. Anda bisa menerbangkan DJI Mini 3 Pro di negara yang menerapkan CE dengan jarak maksimum hingga 4.9 mil atau 8 kilometer.

3. Standar MIC

Sementara itu, MIC adalah label atau sertifikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang. Walaupun dibuat dengan standar Jepang, namun label MIC juga berlaku di negara-negara Asia. Adapun jarak terbang maksimum sama dengan CE yakni 4.9 mil atau 8 kilometer.

4. Standar SRCC

Regulasi SRCC atau State Radio Monitoring and Testing Center berlaku secara spesifik untuk penerbangan drone secara lokal di Cina. Validitas sertifikasi ini adalah 5 tahun, dan aspek sertifikasinya meliputi frekuensi, transmisi, dan toleransi frekuensi. Dengan begitu, jarak terbang drone DJI Mini 3 Pro berdasarkan SRCC adalah 8 kilometer atau 4.9 mil.

Baca juga: Cara Update Firmware DJI Mini 3 Pro Terbaru

Faktor yang Mempengaruhi Jarak Terbang

Jarak terbang DJI Mini 3 Pro selain dipengaruhi oleh regulasi yang telah disebutkan sebelumnya, juga dipengaruhi oleh berbagai faktor internal. Mulai dari kondisi baterai saat drone diterbangkan, transmisi, controller, hingga kondisi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, pastikanlah kondisi-kondisi tersebut sudah Anda pertimbangkan.

1. Kondisi Baterai

Kondsi baterai menjadi faktor signifikan yang berkaitan dengan jarak terbang drone. Baterai yang memiliki daya kurang, tentu akan berpengaruh dalam mencapai jarak terbang tidak maksimal. Di sini, pilot drone harus mengetahui jika daya baterai yang ada, mampu digunakan untuk menjangkau jarak maksimal hingga sampai kembali ke poin lepas-landas.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

2. Transmisi Video

Kedua, perhatikanlah mengenai transmisi video yang disematkan. DJI menggunakan sistem transmisi yang dikenal dengan OcuSync. Adapun transmisi DJI yang cukup sering digunakan adalah OcuSync 2.0. Namun, kini DJI mengembangkan OcuSync 3.0. Dimana sistem tersebut mampu memberikan jarak terbang maksimal drone hingga 7.4 mil atau 12 kolometer. Selain itu, pada jarak tersebut drone mampu untuk membuat video berkualitas 1080p 30 FPS.

3. Remote Controller

Faktor yang ketiga yang berpengaruh pada jarak terbang DJI Mini 3 Pro adalah controller. Salah satu controller yang kompatibel adalah DJI RC-N1, dimana controller ini digunakan pula untuk DJI Mini 2. Namun penggunaan pada DJI Mini 3 Pro tergantung pada sistem pada drone. Ditambah lagi kini DJI RC-N1 dibekali dengan OcuSync dengan sistem terbaru yang membuat jarak jangkaunya lebih optimal.

4. Kondisi Lingkungan

Terakhir jarak terbang juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar drone diterbangkan. Kondisi lingkungan ini dibedakan menjadi tiga kriteria dalam mendapatkan sinyal terbaik ketika drone diterbangkan, yakni interferensi tinggi, interferensi medium, dan interferensi rendah. Interferensi ini adalah hal yang bisa menghalangi sinyal dan transmisi seperti bangunan, tebing, pepohonan, dan lainnya. Semakin rendah tingkat interferensinya, maka drone akan bekerja lebih optimal hingga jarak terbang optimal.

Baca juga: Cara Menghubungkan DJI Mini 3 Pro ke Controller

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai jarak terbang DJI Mini 3 Pro. Kini, Anda bisa mendapatkan drone DJI terbaik beserta aksesoris tersebut hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Raih juga kesempatan mendaptkan harga terbaik di promo dan program tertentu. Terutama untuk pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo dan program yang berlaku.

Artikel terkait: