headset bluetooth terbaik

Doran GadgetSaat ini kehadiran headset Bluetooth menjadi suatu kebutuhan yang tidak terhindarkan. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan musik, bermain game, hingga berkomunikasi menjadi lebih mudah tanpa terhalang kabel.  Namun, dengan berbagai macam headset Bluetooth yang tersedia di pasaran, bagaimana kita bisa memilih yang terbaik untuk kebutuhan kita? Berikut adalah panduan praktis untuk membantu Anda memilih headset Bluetooth terbaik yang tepat.

Apa Itu Headset Bluetooth?

headset bluetooth terbaik
sc: freepik

Headset adalah perangkat audio yang dirancang untuk dipakai di kepala, umumnya melibatkan speaker atau headphone untuk mendengarkan suara dan mikrofon untuk berbicara. Headset biasanya digunakan dalam berbagai konteks, termasuk untuk mendengarkan musik, bermain game, melakukan panggilan suara atau video, serta berpartisipasi dalam panggilan konferensi atau pertemuan virtual.

Headset dapat terhubung ke perangkat seperti komputer, ponsel, konsol game, atau perangkat lainnya melalui kabel atau teknologi nirkabel. Ada juga headset dengan desain yang berbeda, termasuk over-ear (menutupi seluruh telinga) dan on-ear (menutupi bagian telinga). Perangkat ini telah menjadi aksesori penting dalam dunia digital, menyediakan pengalaman audio yang lebih pribadi dan imersif.

Sementara itu, Headset Bluetooth adalah perangkat audio nirkabel yang dirancang untuk menyediakan pengalaman mendengarkan suara tanpa perlu kabel fisik yang terhubung langsung ke perangkat sumber audio. Headset ini menggunakan teknologi Bluetooth untuk mentransmisikan sinyal suara dari perangkat seperti ponsel cerdas, tablet, atau komputer secara nirkabel. Dengan menggunakan Bluetooth, headset ini memungkinkan pengguna untuk bebas bergerak tanpa terjebak oleh kabel.

Memberikan fleksibilitas yang lebih besar selama penggunaan sehari-hari, terutama saat mendengarkan musik, menjawab panggilan telepon, atau bermain game. Beberapa headset Bluetooth juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti kontrol sentuh, fitur noise cancellation, dan teknologi pengolahan suara canggih untuk meningkatkan kualitas audio. Keunggulan utama headset Bluetooth adalah kenyamanan dan kebebasan bergerak yang diberikannya kepada pengguna.

Baca juga: 7 Rekomendasi Headset Neckband Terbaik

Cara Memilih Headset Bluetooth

headset bluetooth terbaik
sc: freepik

Tidak bisa sembarangan, memilih headset Bluetooth harus disertai pertimbangan yang tepat mengingat harga jualnya yang beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Karena itulah, berikut ini cara memilih headset Bluetooth secara tepat yang bisa Anda coba.

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Pertama-tama, pertimbangkan tujuan penggunaan headset. Apakah Anda akan menggunakannya untuk mendengarkan musik, bermain game, atau melakukan panggilan telepon? Kebutuhan ini akan mempengaruhi jenis headset yang Anda pilih, seperti headset musik dengan kualitas suara yang tinggi, headset gaming untuk delay yang rendah, atau headset untuk komunikasi dengan fitur noise cancellation untuk panggilan yang jernih.

2. Kualitas Suara

Kualitas suara merupakan faktor kunci. Pastikan headset yang Anda pilih menyediakan suara yang jernih dan berkualitas, baik untuk musik maupun panggilan. Beberapa headset memiliki teknologi suara canggih seperti Dolby Atmos atau teknologi pengurangan kebisingan (noise cancellation).

3. Kenali Jenis Headset:

Terdapat berbagai jenis headset, seperti in-ear, on-ear, dan over-ear. Pilihlah yang sesuai dengan preferensi kenyamanan Anda. Headset in-ear umumnya lebih ringkas, sementara over-ear dapat memberikan isolasi suara yang lebih baik.

headset bluetooth terbaik
sc: freepik

4. Kenyamanan dan Desain

Kenyamanan adalah hal yang penting, terutama jika Anda berencana untuk menggunakan headset dalam jangka waktu yang lama. Pastikan headset dapat disesuaikan dengan kepala dan telinga Anda. Selain itu, pertimbangkan desain yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

5. Baterai dan Koneksi 

Perhatikan kapasitas baterai dan durasi penggunaan yang dijanjikan oleh produsen. Headset dengan baterai tahan lama lebih baik untuk penggunaan sehari-hari tanpa harus sering diisi ulang. Periksa teknologi koneksi Bluetooth yang digunakan oleh headset. Versi Bluetooth yang lebih baru cenderung memberikan kualitas suara yang lebih baik dan jangkauan yang lebih luas.

6. Fitur Tambahan dan Review Pengguna

Beberapa headset dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti kontrol sentuh, pemutaran otomatis saat dikenakan, atau bahkan tahan air untuk digunakan saat berolahraga. Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Sebelum membeli, baca ulasan pengguna untuk mendapatkan wawasan dari pengalaman orang lain. Ini dapat membantu Anda memahami kelebihan dan kekurangan headset yang ingin Anda beli.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat dengan lebih bijak memilih headset Bluetooth yang memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat menemukan headset yang sempurna untuk mendampingi aktivitas sehari-hari Anda!

Baca juga: 7 Cara Memilih Headset yang Bagus untuk Pengalaman Mendengar yang Mulus!

Rekomendasi Headset Bluetooth

Berikut adalah dereyam rekomendasi headset Bluetooth terbik yang bisa Anda pilih. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Rexus Thundervox Stream HX28

Nikmati pengalaman audio terbaik dan kenyamanan dengan Thundervox Stream HX28 yang dirancang khusus. Dengan desain earpad berbentuk oval, headset ini memberikan sensasi yang istimewa saat dipakai di telinga. Keunggulan lainnya adalah kombinasi sistem konektivitas kabel dan Bluetooth, memberikan fleksibilitas dalam penggunaan. 

Mikrofonnya yang diklaim jernih dan sensitif menjadikannya pilihan ideal untuk bersantai sambil menikmati musik atau bermain game. Baterainya juga dapat bertahan hingga 200 jam dalam mode siaga, dengan catatan bahwa pengisian daya fast charging tidak digunakan.Dengan spesifikasi teknis yang mencakup versi Bluetooth 5.0, rentang frekuensi 20 Hz–20 kHz, dan impedansi 32 Ohm, Thundervox Stream HX28 menawarkan performa audio yang memukau. 

2. Razer – Barracuda X

Headset dari Razer ini memberikan Anda opsi untuk menggunakan perangkat secara wireless maupun wired dengan keunggulan tiga tipe koneksi yang berbeda. Dilengkapi dengan USB wireless dongle, Bluetooth, dan kabel analog 3,5 mm, Anda dapat dengan mudah menghubungkannya ke berbagai perangkat. Dengan baterai yang diklaim tahan hingga 50 jam, headset ini memberikan kebebasan untuk bermain game atau beraktivitas di luar rumah tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur Smart Switch yang memungkinkan Anda beralih dari satu perangkat ke perangkat lain hanya dengan menekan tombol toggle. Dengan spesifikasi teknis yang mencakup versi Bluetooth 5.2, sensitivitas 96 dB, dan impedansi 32 Ohm, headset Razer ini menawarkan kualitas audio yang memukau. Dengan desain over-ear dan bobot 250 g, headset ini menjanjikan kenyamanan ekstra selama penggunaan yang lama.

3. Fantech Tamago Wireless Bluetooth WHG01

Dengan desain yang menyerupai cangkang telur, headset ini tidak hanya memberikan penampilan elegan tetapi juga menjamin kenyamanan selama penggunaan yang berkepanjangan. Fitur menarik dari headset ini adalah mikrofonnya yang dapat dilepas dengan mudah, memungkinkan Anda untuk menghapusnya saat tidak digunakan dan menjaga aktivitas Anda tetap tidak terganggu. Cocok digunakan untuk berkomunikasi dalam game atau di lingkungan kerja.

Mengenai konektivitas, headset ini dapat terhubung melalui Bluetooth, kabel, atau menggunakan dongle. Dengan versi Bluetooth 5.0, meskipun jangkauan Bluetooth tidak diungkapkan, Anda dapat yakin akan kualitas koneksi yang baik. Baterai headset diklaim tahan hingga 18 jam, memberikan daya tahan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Detail seperti berat, codec, dan profil suara tidak diungkapkan, tetapi bobot headset sekitar 168 g, menjanjikan kenyamanan ekstra selama penggunaan. 

4. Logitech Lightspeed G733

Nikmati sensasi audio gaming terbaik dan kenyamanan tak tertandingi dengan Logitech G733 Lightspeed.Dilengkapi dengan surround sound 7.1 yang memukau, Logitech G733 Lightspeed memungkinkan Anda merasakan setiap detail suara dengan luar biasa.Earcup dari Logitech G733 Lightspeed dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal selama penggunaan.Dengan versi Bluetooth Lightspeed wireless via USB, jangkauan Bluetooth mencapai 20 meter.

Baterainya memiliki daya tahan hingga 29 jam, meskipun waktu pengisian tidak diungkapkan. Spesifikasi lainnya mencakup rentang frekuensi 20 Hz–20 kHz, sensitivitas 87,5 dB, dan impedansi 39 Ohm (pasif) serta 5k Ohm (aktif). Dengan bobot 278 g. Kompatibel dengan PC, PC VR 7.1 surround 4 virtual, PS5, PS4, Nintendo Switch docking mode, Apple, dan mobile phone, headset ini menjadi solusi serbaguna untuk berbagai kebutuhan audio.

5. Fingertime BT029C

Miliki headset dengan desain lucu dan fitur canggih yang memenuhi kebutuhan Anda. Headset ini menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mengutamakan kualitas audio jernih sambil tampil dengan desain yang menggemaskan. Dilengkapi dengan lampu RGB dan cat ear, headset ini menjadi lebih menarik secara visual. Anda dapat mengontrol volume, mengganti lagu, dan mengatur panggilan melalui tombol kontrol yang disediakan.Fitur yang menonjol pada headset ini adalah adjustable size yang memudahkan penyesuaian dengan ukuran kepala Anda.

Bukan hanya itu, kenyamanan juga dijamin melalui earpad yang lembut. Koneksi dapat dilakukan melalui Bluetooth atau kabel, memberikan fleksibilitas penggunaan. Dengan versi Bluetooth 5.1, jangkauan Bluetooth mencapai 10 meter. Baterainya memiliki daya tahan antara 6 hingga 15 jam, dengan waktu pengisian sekitar 2 jam. Headset ini kompatibel dengan mobile phone, PC, dan laptop, memberikan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari. Dengan desain on-ear yang unik, headset ini menjadi pilihan terbaik untuk menemani aktivitas Anda. 

Baca juga: Headset Olahraga Lari: Kelebihan dan Tips Memilih ala Atlet Robi Syianturi

6. Razer BlackShark V2 Pro

Dengan fitur-fitur canggih, seperti mikrofon super wideband yang menghasilkan suara vokal yang jernih dan kaya, serta baterai yang diklaim tahan hingga 24 jam, headset ini memberikan pengalaman gaming yang luar biasa. THX Spatial Audio menjadi nilai tambah pada Blackshark V2 Pro, menghadirkan efek surround sound melalui aplikasi khususnya. Direkomendasikan bagi mereka yang menginginkan kualitas suara terbaik dan kebebasan tanpa kabel saat bermain game.

Dengan rentang frekuensi 12 Hz-28 kHz, sensitivitas -42 ± 3 dB, dan impedansi 32 Ohm, headset ini menawarkan performa audio yang mumpuni. Bobotnya sekitar 320 gram, memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan kualitas. Fitur tambahan seperti advanced passive noise cancellation dan HyperClear supercardioid mic membuat Razer Blackshark V2 Pro menjadi pilihan terdepan di kelasnya.

7. Gamen Shadow Gaming 

Mikrofon yang jernih pada headset ini memastikan komunikasi tim yang lancar selama sesi bermain game. Bluetooth versi 5.1 yang sudah terintegrasi memungkinkan Anda mendengarkan musik atau bermain game tanpa delay. Tak hanya itu, earcup dari headset ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal selama penggunaan yang berkepanjangan.

Spesifikasi lain seperti daya tahan baterai antara 17 hingga 40 jam, rentang frekuensi, sensitivitas, dan impedansi tidak diungkapkan. Meskipun bobot dan beberapa fitur lainnya tidak diketahui, headset ini menjadi pilihan yang serbaguna dengan koneksi Bluetooth dan kompatibilitas dengan kabel audio 3,5 mm, PC, ponsel, PS4, XBOX, PSP, dan perangkat lainnya. Dengan desain over ear yang tidak hanya stylish tetapi juga ergonomis, headset ini menghadirkan kombinasi yang sempurna antara gaya dan kinerja audio yang superior.

8. Logitech Pro X 

Logitech Pro X adalah pilihan yang ideal jika Anda sedang mencari headset dengan kualitas suara yang jernih dan dirancang khusus untuk kebutuhan gaming. Keunggulannya terletak pada mikrofon berteknologi BLUE VO!CE, memberikan opsi filter suara real-time untuk mengurangi kebisingan dan memastikan suara pengguna terdengar lebih kaya, bersih, dan profesional.  Koneksi dapat dilakukan melalui Bluetooth atau kabel, memberikan fleksibilitas penggunaan, sementara itu daya tahan baterainya hingga 20 jam.

Dengan spesifikasi tambahan seperti Lightspeed wireless technology, blue voice advanced mic, dan Pro-G 50 mm drivers, headset ini memberikan pengalaman audio gaming yang superior.Spesifikasi lain termasuk rentang frekuensi 20 Hz–20 kHz, sensitivitas 91,7 dB, dan impedansi 32 Ohm. Dengan bobot sekitar 370 g, headset ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal selama penggunaan yang berkepanjangan. Kompatibel dengan PC dan Windows 7 atau versi terbaru. 

9. Headset Bluetooth Stereo Jabra Evolve 75 UC

rekomendasi headset bluetooth terbaik headphone bluetooth earphone bluetooth earbuds terbaik

Jika Anda mencari headset Bluetooth terbaik untuk panggilan telepon, maka Jabra adalah merek yang perlu Anda perhatikan. Seri Jabra Evolve, khususnya, sangat bagus untuk terhubung secara nirkabel dengan perangkat seluler dan komputer Anda. Headset nirkabel ini tidak hanya menyajikan konektivitas yang andal, tetapi juga dilengkapi dengan mikrofon kuat yang memiliki fitur peredam bising.

Ketika Anda sedang dalam panggilan, indikator yang menyala pada headset ini akan memberitahu rekan kerja Anda bahwa Anda sedang sibuk, memberikan informasi yang jelas kepada mereka. Keunggulan lainnya adalah daya tahan baterainya yang mencapai 15 jam waktu bicara sebelum perlu diisi ulang. Dengan desain yang ramping dan performa yang mengesankan, Jabra Evolve menjadi pilihan headset Bluetooth terbaik yang tidak hanya nyaman, tetapi juga membantu meningkatkan produktivitas Anda.

10.  Logitech G535 Lightspeed

Logitech G535 Lightspeed Wireless Gaming Headset menjadi pilihan unggul bagi para gamers profesional dengan desain praktis, bantalan busa memory foam yang nyaman, dan suspensi kepala yang disesuaikan. Dengan teknologi LIGHTSPEED, headset ini memiliki latensi rendah dan baterai tahan hingga 33 jam.

Mikrofon yang dapat diputar ke atas untuk membisukan suara dan driver neodymium 40mm memberikan pengalaman audio terbaik. Kompatibel dengan berbagai perangkat gaming seperti laptop, PC, Xbox, PlayStation, dan Nintendo Switch, dengan mode plug and play yang memudahkan penggunaan.

Baca juga: Review Headset Olahraga: JETE OPENBEATS vs SHOKZ OPENFIT

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi headset terbaik bluetooth yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan dan budget. Dengan begitu, komunikasi di zaman yang serba online dan serba cepat ini akan semakin mudah. JETE dan Logitech menyajikan berbagai headset bluetooth terbaik untuk segala aktivitas Anda. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

>