Doran GadgetGarmin vs Apple memang menarik untuk disimak. Terlebih lagi keduanya menjadi pemain besar dalam pasar smartwatch di dunia saat ini. Bagi Anda yang masih bingung mana yang terbaik untuk aktivitas sehari-hari, simak panduan keduanya yang telah dirangkum tim Doran Gadget melansir dari laman Android Authority. Khususnya dari segi fitur unggulan yang ditawarkan.

Smartwatch dan Sportwatch: Garmin vs Apple

Sebelum mengetahui perbandingan kedua brand smartwatch ini, ada baiknya ketahui terlebih dahulu deretan seri antara Apple Watch dan Garmin yang ada di pasaran. Berikut beberapa di antaranya.

1. Deretan Seri Apple Watch

harga apple watch series 7

Walaupun fitur olahraga seperti Fitness Tracker tidak terlalu menjadi perhatian, namun Apple Watch menjadi salah satu brand yang cukup diminati di sektor smartwatch. Setidaknya ini berkat fitur olahraga standar dan mendukung untuk aplikasi pihak ketiga, dan yang tak kalah penting adalah memberikan prestise bagi penggunanya. Beberapa line-up Apple Watch ini adalah:

 Seri Keunggulan
 Apple Watch Series 7 Seri ini merupakan yang terbaru di jajaran Apple Watch. Memiliki layar yang cukup besar namun dari segi performa dan baterai sama dengan generasi sebelumnya. Termasuk fitur pemantau Heart Rate.
 Apple Watch Series 6 Seri 6 menawarkan keunggulan dari segi GPS dan pemantau Heart Rate yang cukup akurat. Begitu juga dengan fitur Battery-Life dan display yang cukup menarik.
 Apple Watch SE Apple Watch SE dirancang bagi pengguna yang menginginkan smartwatch harga yang terjangkau. Meski begitu, fitur yang dimilikinya pun cukup baik untuk aktivitas sehari-hari.
 Apple Watch Series 3 Seri ini merupakan generasi lama namun cukup diminati hingga kini. Keunggulannya antara lain memiliki fitur GPS dan altimeter. Bahkan jam tangan ini juga bisa digunakan untuk diving dengan kedalaman tertentu maupun olahraga ari lainnya.

Baca juga: Harga Apple Watch Series 7 – Dari Aluminium Sampai Seri Hermes dan Nike

2. Daftar Seri Smartwatch Garmin

Berbeda dari Apple Watch, Garmin menjadi brand smartwatch yang cukup sering melakukan inovasi dalam seri terbarunya. Khususnya di fitur olahraga, pembaruan layar, baterai, dan fitur lainnya. Line-up Garmin unggulan untuk olahraga dan aktivitas sehari-hari di antaranya adalah:

 Seri Keunggulan
 Garmin Venu 2 Plus Venu 2 Plus merupakan smartwatch dengan fitur cukup lengkap untuk kebugaran dan kesehatan. Selain itu, pengguna bisa melakukan panggilan telepon melalui smartwatch ini dengan fitur voice assistant. Layarnya menggunakan AMOLED dan memiliki penyimpanan musik.
 Garmin Vivoactive 4 dan 4S Walaupun seri ini cukup lama, tapi peminatnya pun cukup banyak sampai kini. Fitur multisportnya menjadi andalan, dan memiliki GPS, serta ketahanan baterai tangguh, dan banyak fitur tambahan lainnya.
 Garmin Venu SQ Venu SQ adalah seri yang lebih terjangkau dibandingkan Venui 2. Denbgan bentuk persegi dan layar LCD membuatnya nyaman dipakai dan terlihat elegan saat digunakan.
 Garmin Vivomove Sport Vivomove adalah smartwatch Garmin yang unik. Yakni memadukan fitur konvensional dan digital. Selain itu memiliki fitur LED tersembunyi yang dapat menampilkan notifikasi dan status kesehatan. Anda pun bisa menyembunyikannya saat tak diaktifkan.
 Garmin Forerunner 55, 245, 645, 745, dan 945 Dirancang bagi para pecinta lari dan terdapat beberapa pilihan. Baik dari segi fitur, harga, dan sebagainya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas lari Anda.
 Garmin Fenix 7 Fenix 7 merupakan seri terbaru smartwatch Garmin untuk olahraga dengan fitur unggulan dan lengkap. Selain itu, juga terdapat seri solar untuk aktivitas olahraga di luar ruangan.
 Garmin Instinct 2 Seri ini dikhususkan bagi para pecinta aktivitas outdoor dan merupakan generasi terbaru dari seri Instinct dengan daya baterai tangguh, beragam warna, fitur unggulan, dan terintegrasi dengan Garmin Connect.
 Garmin Lily Garmin Lily dirancang khusus bagi kenyamanan pengguna wanita dengan pergelangan kecil. Desainnya ergonomis dan memiliki beberapa fitur unggulan termasuk pemantau kesehatan bagi wanita.

Baca juga: 7 Jam Tangan Garmin Terbaik 2022 yang Bisa Anda Pilih

Garmin vs Apple:  Fitur Health Tracking dan Aktivitas Sehari-hari

03. garmin venu 2, apple watch series 6. smartwatch terbaik

Baik Garmin vs Apple, sebenarnya keduanya berfokus pada fitur kesehatan. Keduanya akan menjaga pengguna berada pada jalur saat berpetualang, membakar kalori, dan memantau detak jantung, saturasi oksigen, tingkat stres, hingga kualitas tidur. Perbandingan mendasar jam tangan ini terlihat pada fitur khusus berikut:

  • Apple Watch kecuali seri SE hadir dengan ECG Monitor pada layar, hal inilah yang tak dimiliki Garmin. Meski begitu, Garmin hadir dengan Body Battery untuk memantau energi dalam tubuh pengguna. Dengan begitu dapat memberitahu kapan Anda harus beraktivitas berat dan tidak.
  • Pemantau kualitas tidur Apple Watch sangat standar. Sedangkan Garmin lebih lengkap dan akurat dengan tahapan tidur (light, deep, dan REM) dengan Sleep Score untuk mengetahui tingkat kualitas tidur lebih mudah.
  • Fitur Heart Rate Garmin vs Apple sama-sama baik. Khususnya pada Apple Watch Series 6 yang memiliki sensor yang akurat. Begitu pula dengan Garmin, khususnya di seri Forerunner dan Fenix 7 ketika pengguna berolahraga.
  • Di sektor GPS keduanya pun unggul. Garmin didukung dengan GPS, GLONASS, dan Galileo. Sedangkan Apple Watch mendukung untuk GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan BeiDou. Termasuk juga fitur Emergency Contact, dan pendeteksi insiden.
  • Garmin vs Apple memiliki fitur kesehatan wanita seperti pemantau siklus menstruasi. Apple Watch akan menyimpan data termasuk suhu tubuh pengguna. Lalu, pada Garmin Connect terdapat anjuran untuk aktivitas kesehatan, nutrisi, dan lainnya. Namun, Garmin lebih inovatif dengan fitur pemantau kehamilan. Dimana pengguna dapat mengecek data perkembangan janin, level gula darah, dan lainnya.

Baca juga: Review Smartwatch Terbaik – Garmin Venu 2 vs Apple Watch Series 6

Garmin vs Apple: Fitur Pintar yang Dimiliki

Perbandingan antara smartwatch Garmin vs Apple juga dapat dilihat dari fitur pintar (Smart Feature) yang dimilikinya. Apple Watch dapat menjalankan aplikasi baik pihak pertama maupun ketiga di AppStore, dan ini cukup ringkas. Pengguna juga bisa mengaktifkan navigasi Apple Maps maupun Google Maps di smartwatch. Termasuk menerima pesan dan streaming musik serta menggunakan fitur SIRI.

Jika Anda menggunakan iPhone, maka tak sulit untuk mengintegrasikan ke Apple Watch. Sebab, setting keduanya hampur sama. Inilah yang membuatnya cukup unggul di kalangan pengguna gadget Apple. Namun, jika Anda masih mengandalkan Android, Garmin adalah pilihan tepat.

Bagaimana dengan Garmin? Smartwatch ini juga dapat menggunakan aplikasi pihak pertama maupun ketiga yang bisa diunduh menggunakan aplikasi Connect IQ. Di samping itu, beberapa seri dapat digunakan untuk layanan streaming musik seperti Spotify. Hanya saja, Garmin tak selengkap Apple Watch soal layanan pesan suara, dan ini baru terpasang pada Venu 2 Plus.

Mengenai pembayaran digital, keduanya juga memiliki fitur tersebut. Apple Watch dengan ApplePay dan Garmin dengan GarminPay. Kemudian, Apple Watch cukup unggul di animasi layar dan touchscreen. Namun, soal ketahanan baterai Garmin lebih lebih baik dibanding Apple Watch yang hanya dapat bertahan dalam 1-2 hari sekali pengisian. Terlebih untuk seri dengan pengisian tenaga surya.

Baca juga: Bisa Buat Telepon, Ini Spesifikasi Garmin Venu 2 Plus

Terhubung dengan Aplikasi

Spesifikasi Garmin Instinct 2 (1)

Garmin vs Apple pun terintegrasi dengan aplikasi. Untuk pengguna Garmin bisa menggunakan Garmin Connect dalam mengakses data. Di sini tersedia dalam versi web maupun mobile (aplikasi). Pengguna bisa melihat data aktivitas pada fitur kesehatan dan olahraga. GPS, dan lainnya. Akan tetapi, untuk versi aplikasi sedikut sulit dalam hal navigasi. Garmin juga terhubung dengan Connect IQ untuk mengunduh aplikasi lain dan dapat dioperasikan dalam versi website, Android, maupun iOS.

Apple Watch memiliki beberapa aplikasi unggulan seperti Watch App yang bisa diinsitall di iPhone meskipun Anda tidak memiliki Apple Watch. Fiturnya adalah untuk mengelola data, download, dan mengubah setting notifikasi layakanya di Apple Watch, dan lainnya.

Lalu, terdapat juga aplikasi Apple Fitness dengan fitur mendasar untuk menyimpan data olahraga dan kebugaran maupun aktivitas sehari-hari. Tak ketinggalan, fitur Apple Health yang menyimpan data kesehatan. Misalnya saja nutrisi pengguna, respirasi, kualitas tidur, heart rate, dan lainnya.

Saat membandingkan aplikasi Garmin vs Apple, sebenarnya tak berbeda jauh. Hanya saja, bagi pengguna baru, ketika menggunakan Apple Health dan Garmin Connect mungkin akan memerlukan waktu cukup lama. Garmin Connect dinilai cukup baik dan lengkap dalam menyimpan data termasuk data kalender. Di lain sisi, Apple Health memberikan pengalaman navigasi lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Garmin Connect

Mana yang Tepat untuk Anda?

Smartwatch diving - Apple Watch 3

Bila mengacu pada fitur olahraga dan kesehatan, Garmin vs Apple pun sama-sama unggul. Namun, bila Anda ingin fitur lebih lengkap dan olahraga serius, khususnya para atlet maka Garmin adalah pilihan yang tepat. Begitu juga dengan ketahanan baterai yang bisa diandalkan.

Akan tetapi, jika Anda menginginkan jam tangan yang mudah di kustomisasi, stylish, dan harga yang relatif terjangkau. Terutama bagi Anda yang menggunakan gadget dari Apple, karena mudah diintegrasikan.

Apapun pilihannya, pastikan sesuai kebutuhan dan membeli di tempat terpercaya seperti Doran Gadget selaku distributor resmi Garmin dan Apple. Pembelian dapat dilakukan di jaringan store kami, website, maupun aplikasi. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan ikuti Instagram Doran Gadget untuk melihat promo-promo terbaru yang ditawarkan.

Artikel terkait:

× WhatsApp