Menggunakan Menu Training Untuk Berlatih – Garmin Connect Tutorial

garmin connect tutorial

Dorangadget.com Garmin Connect merupakan aplikasi yang disediakan Garmin untuk mendukung setiap perangkatnya. Dari Jam Garmin sampai GPS Sepeda, bisa menggunakan aplikasi tersebut. Selain bisa memantau kondisi tubuh dan memandu Anda berlatih dengan menu training.

Dalam menu training atau latihan di aplikasi Garmin Connect, terdapat lima sub menu. Yakni Sesi Kegiatan, Rencana Latihan, Rangkaian Kegiatan, Strategi Pacing PacePro dan Segmen. Dalam artikel ini kita akan membahas menu Training atau latihan dalam aplikasi Garmin Connect.

Dalam Garmin Connect Tutorial kali ini kita akan membahas menu training di dalam aplikasi Garmin Connect:

Sesi Kegiatan

Sesi kegiatan adalah tempat dimana Anda akan mendapatkan petunjuk gerakan dalam bentuk video animasi. Untuk melihat berbagai video, Anda tinggal memilih jenis latihannya. Berikut penjelasannya:

  • Klik garis tiga pada pojok kiri atas aplikasi. Sub menu yang pertama dari menu training adalah Sesi Kegiatan.
aplikasi garmin connect tutorialaplikasi garmin connect tutorial
  • Terdapat dua pilihan, Temukan latihan dan Buat Sesi Kegiatan. Pada menu yang pertama, yakni Temukan latihan akan memberikan banyak pilihan latihan untuk Anda ikuti.

aplikasi garmin connect tutorial

  • Pilih yang menurut Anda cocok, klik untuk melihat detailnya.
  • Jika Anda merasa cocok, silahkan klik Simpan ke Latihan Saya dan secara otomatis latihan tersebut akan berada pada menu sesi kegiatan lagi.
aplikasi garmin connect tutorial menu trainingaplikasi garmin connect tutorial menu training
  • Untuk contoh saat ini kita memilih Dumbbell Body Makeover. Klik jenis latihan yang sudah Anda pilih, didalamnya terdapat serangkaian jenis latihan. 
  • Seperti Squat, Barbell Deadlift, Dumbbell Row dan Push Up. Anda tinggal secrol kebawah saja.

Anda bebas memilih salah satu latihan tersebut dan mengikuti setiap instruksi berupa video animasi. Secara tidak langsung Anda memiliki pemandu virtual yang memberi contoh gerakan yang benar dari berbagai sisi.

Sedangkan jika Anda memilih Buat Sesi Kegiatan. Anda akan menemukan berbagai menu untuk beberapa olahraga. Seperti Lari, Bersepeda, Kolam Renang, Kekuatan, Kardio, Yoga, Pilates dan custom.

aplikasi garmin connect tutorialaplikasi garmin connect tutorial menu training

Dalam contoh kali ini akan memilih lari. Anda bisa mengisi Gambaran Umum dengan menambahkan catatan latihan. Lalu dibawahnya terdapat menu Pemanasan, Lari dan Relaksasi. Dibawahnya terdapat menu Tambah Langkah dan Tambahkan Pengulangan. Isi sesuai dengan hasil latihan Anda.

aplikasi garmin connect tutorial menu training

 

Rencana Latihan

Rencana latihan adalah rencana yang bisa Anda susun untuk latihan beberapa waktu kedepan. Terdapat tiga menu didalamnya, yakni Berlari, Bersepeda dan Rencana Selesai. Berikut lebih detailnya.

aplikasi garmin connect tutorial menu training

  • Jika Anda memilih berlari, maka akan ada tiga pilihan menu. Garmin Coach 5K, Garmin Coach 10K dan Garmin Coach Half Marathon.
aplikasi garmin connect tutorial menu trainingaplikasi garmin connect tutorial menu training
  • Garmin Coach 5K untuk pemula dengan durasi latihan 6-20 minggu dan 3-5 kali latihan setiap minggunya.
  • Garmin Coach 10K kesulitan menengah dengan durasi latihan 10-21 minggu dan 3-5 kali latihan per minggu.
  • Garmin Coach Half Marathon  kesulitan menengah dengan durasi latihan 12-26 minggu dan 3-5 kali latihan setiap minggunya.
  • Silahkan pilih salah satu, namun untuk permulaan sebaiknya memilih Garmin Coach 5K saja. Klik Siapkan Rencana. Lalu ikuti instruksinya.
  • Tulis berapa rata-rata jarak lari mingguan Anda untuk menyesuaikan program latihan dan berapa rata-rata kecepatan lari Anda. Klik berikutnya.
aplikasi garmin connect tutorial menu trainingaplikasi garmin connect tutorial menu training
  •  Lalu klik berikutnya dan ikuti petunjuknya.

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan adalah tempat Anda untuk membuat lintasan baik lintasan untuk berbesepeda maupun berlari. Anda bisa membuatnya secara otomatis sesuai jarak yang Anda inginkan atau manual dengan melewati lokasi-lokasi tertentu yang Anda inginkan.

  • Untuk membuat lintasan pertama Anda harus klik logo + pada atas kanan. Disitu terdapat banyak pilihan menu seperti Bersepeda di jalan, di gunung dan di tanah berkerikil. Untuk berlari ada lari biasa dan lari trail.
aplikasi garmin connect tutorial menu trainingaplikasi garmin connect tutorial menu training

Strategi Pacing PacePro

Strategi Pacing PacePro bisa dibilang sebagai latihan atau strategi untuk Anda yang akan mengikuti lomba. Informasi seperti lintasan dan target sangat penting untuk menyesuaikan dengan kecepatan Anda.

  • Klik Buat strategi PacePro. Terdapat dua pilihan menu. Pilih Lintasan dan Pilih Jarak Balapan.
aplikasi garmin connect tutorial menu trainingaplikasi garmin connect tutorial menu training
  • Ketika Anda memilih Pilih Lintasan dan tidak ada lintasan. Maka Anda harus membuat lintasannya terlebih dulu dengan klik Buat Lintasan. Caranya sama dengan pembahasan sebelumnya pada poin Rangkaian Kegiatan.

aplikasi garmin connect tutorial menu training

 

  • Jika Anda memilih Pilih Jarak Balapan. Maka akan terdapat pilihan jarak, yakni 5K, 10K, Setengah Marathon, Marathon dan Lainnya.
  • Pilih jarak yang Anda ingin taklukan, lalu klik berikutnya. Sebagai contoh kita pilih 5K dulu.

aplikasi garmin connect tutorial menu training

 

  • Anda harus mengisi target waktu dan target kecepatan yang harus didapat. Jika sudah klik berikutnya.
  • Anda akan melihat informasi berapa waktu maksimal untuk setiap 1 Km. Jika sudah klik simpan.
aplikasi garmin connect tutorial menu trainingaplikasi garmin connect tutorial menu training

Segmen

Segmen adalah fitur peringkat pada setiap aktivitas dengan rute yang sama agar Anda bisa bersaing dan mengetahui kinerja tubuh. Disini Anda bisa melihat Segmen dari Aplikasi Garmin Connect juga Aplikasi Strava.

Memutar Musik di Garmin

 

Penutup

Kecanggihan teknologi yang ditawarkan Garmin watch memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jika Anda salah satu pemakai Jam tangan Garmin, Anda pasti bisa merasakan berbagai manfaat yang diberikan. Dari penghitung detak jantung, penghitung tingkat stres jadwal menstruasi dan lain sebagainya.