garmin venu 2, apple watch series 6, smartwatch terbaik

Doran GadgetSmartwatch saat ini tidak hanya sekadar untuk gaya dan penampilan saja. Lebih dari itu, smartwatch terbaik banyak dipilih karena fungsi dan fiturnya untuk berbagai aktivitas. Misalnya saja jam tangan Garmin Venu 2 dan Apple Watch Series 6. Lalu, manakah yang terbaik dari keduanya? Doran Gadget telah merangkumnya untuk Anda.

Persamaan Garmin Venu 2 vs Apple Watch Series 6

03. garmin venu 2, apple watch series 6. smartwatch terbaik

Kedua smartwatch terbaik ini sebenarnya memiliki persamaan tertentu.Khususnya fitur yang ditawarkan kepada para pengguna. Mulai fitur kesehatan, pelacakan lokasi, fitur hiburan atau musik, serta ketahanannya saat digunakan di dalam air.

1. Fitur Pemantau Kesehatan dan Lokasi

Persamaan yang pertama adalah, keduanya dibekali dengan fitur kesehatan dan kebugaran serta pemantau lokasi seperti GPS. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk aktivitas outdoor seperti mengukur ketinggian, memantau langkah dan sebagainya.

Lalu, yang paling utama adalah fitur pemantau detak jantung dan oximeter pemantau oksigen dalam darah serta pemantau kualitas tidur. Namun, khusus untuk Garmin Venu 2 fitur ini sudah upgrade menggunakan Garmin Elevate Sensor generasi terbaru.

2. Smart Notification dan Koneksi Wifi Garmin Venu 2 vs Apple Watch Series 6

Persamaan berikutnya adalah mengenai fitur smart  notification dan koneksi WiFi Maupun Bluetooth. Untuk Garmin Venu 2 memiliki teknologi ANT+ dalam penggunaan fitur tersebut. Sementara, Apple Watch Series 6 mengandalkan fitur opsional yakni LTE. Keduanya pun sama-sama kompeten saat digunakan.

3. Fitur Musik

Saat ini, beberapa smartwatch memang dibekali dengan fitur hiburan untuk menemani aktivitas olahraga. Salah satunya adalah fitur pemutar musik. Pada Garmin Venu 2 dapat menyimpan hingga 650 lagu. Sementara, untuk Apple Watch Series 6 dilengkapi dengan fitur penyimpanan ruang dari Apple dengan memori berukuran 32GB.

4. Ketahanan Terhadap Air

Selain fitur dan tampilan yang stylish, hal yang menjadi daya tarik utama dari smartwatch terbaik adalah kemampuannya yang tahan di dalam air saat digunakan. Baik Garmin Venu 2 maupun Apple Watch Series 6 tangguh di air dengan water rating 5ATM. Itu artinya, Anda dapat menggunakannya saat berenang dan mampu digunakan dalam air hingga kedalaman 50 meter.

Baca juga: Garmin Venu vs Venu 2 vs Venu 2s – Apa Bedanya?

Perbedaan Garmin Venu 2 vs Apple Watch Series 6

04. garmin venu 2, apple watch series 6. smartwatch terbaik

Meski memiliki beberapa persamaan, tetap saja kedua smartwatch terbaik ini memiliki perbedaan-perbedaan tertentu. Dari segi desain, jelas sudah berbeda. Lalu, apa saja perbedaan keduanya yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda untuk memilihnya nanti? Berikut di antaranya.

Spesifikasi Garmin Venu 2 Apple Watch Series 6
Dimensi 45.4 x 45.4 x 12.2mm
40.4 x 40.4 x 12.1mm
40 x 34 x 10.7mm
44 x 38 x 10.74mm
Display Layar 1.3″ AMOLED, 416×416
1.1″ AMOLED, 360×360
1.78″ Retina display, 368×448
1.57″ Retina display, 324×394
Sensor dan Fitur Kesehatan HRM, accelerometer, altimeter, compass, gyroscope, Pulse Ox, thermometer, ambient light sensor HRM, accelerometer, always-on altimeter, compass, gyroscope, SpO2, ECG, ambient light sensor
Daya Baterai 10 – 11 Hari 18 Jam
Kompatibilitas Android dan iOS Hanya iOS
Harga Rp7,4 jutaan Rp8,5 jutaan

Mana yang Terbaik untuk Anda?

01. garmin venu 2, apple watch series 6. smartwatch terbaik

Setelah mengetahui spesifikasi mengenai persamaan dan perbedaan kedua smartwatch terbaik masing-masing pabrikan ini, mana yang paling baik untuk Anda? Hal ini dapat dilihat dari segi mana dahulu. Baik itu segi fitur kesehatan yag dimilikinya, perangkat dan teknologi yang digunakan, ketahanan, maupun segi tampilannya. Hasilnya adalah sebagai berikut.

1.  Fitur Kesehatan dan Kebugaran?

Dilihat dari segi fitur kesehatan dan kebugaran, Garmin Venu 2 cukup lengkap dengan berbagai ragam teknologi dan modenya. Misalnya saja sistem pengukuran langkah, detak jantung, tingkat stres dan lainnya. Selain itu, dapat digunakan dalam 25 mode untuk olahraga lari, bersepeda, golf, yoga, hingga bersepeda. Kemudian, dapat terintegrasi dengan fitur lain seperti HIIT, Garin Coach,dan terdapat grafis yang memudahkan pengguna memantau hasil.

Sementara, untuk Apple Watch Series 5 memiliki metrik treking secara basic yakni menghitung langkah, jarak, dan lainnya. Adanya GPS juga memudahkan saat bersepeda, dan untuk platform kebugaran Anda bisa memanfaatkan fitur Apple Fitness+ pada layar untuk melihat bagaimana perkembangan Anda dalam berolahraga dan bisa Anda gunakan secara gratis selama 3 bulan.

2. Smartwatch Terbaik dari Segi Software

Berikutnya adalah dari segi software yang dimiliki, kedua smartwatch ini sebenarnya dibekali fitur perangkat lunak terbaik dari masing-masing brand. Apple disini memang sedikit lebih unggul. Namun, itu kembali pada preferensi Anda menggunakannya.

Bila preferensi mengenai soal kompatibilitas, Garmin Venu 2 memang lebih baik karena bisa dioperasikan di Android maupun iOS. Begitu juga dengan fitur pemutar musiknya hingga 650 lagu. Lalu, ditambah dengan software keseheatan termasuk Health Snapshot, Age Fitness, dan Firstbeat Analytics.

Di sisi lain, bukan berarti Apple Watch buruk, setidaknya koneksi LTE dapat membantu Anda memperoleh performa terbaik saat beraktivitas. Terutama untuk koneksi yang terhubung dengan smartphone Apple Anda, tentu ini menjadi pendukung terbaik.

Baca juga: 10 Rekomendasi Smartwatch Garmin Terbaik Untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

3. Daya Tahan Baterai yang Tangguh Garmin Venu 2 vs Apple Watch Series 6

Berbicara mengenai daya tahan dan penggunaan baterai, Garmin Venu 2 lebih unggul bila dibandingkan Apple Watch Series 6 yang hanya 18 jam. Hal ini karena pada smartwatch Garmin mode baterai terbagi menjadi empat yakni:

  • Mode smartwatch dapat bertahan 10-11 hari (10 jam untuk Venu 2S)
  • Mode penghematan daya dapat bertahan hingga 12 hari (11 jam untuk Venu 2S)
  • Penggunaan mode GPS dengan musik dapat bertahan hingga 8 jam (7 jam untuk Venu 2S)
  • Mode GPS saja bertahan hingga 22 jam (19 jam untuk Venu 2S4.

4. Dari Segi Tampilan

Terakhir adalah dari segi tampilannya. Sebagian orang menyukai desain dan tampilan Garmin Venu 2 karena lebih elegan dan futuristik. Terutama dari segi kegunaannya. Mulai dari untuk penggunaan kasual, profesional, maupun olahraga. Sehingga layak untuk dipilih.

Di sisi lain, Apple Watch Series menawarkan desain yang tak kalah keren dan menarik. Terutama bagi Anda yang mementingkan estetika dalam penggunaan berbagai aktivitas. Hal ini karena smartwatch Apple ini memiliki warna beragam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Penutup

garmin venu, harga jam garmin, smartwatch garmin, garmin watch (5)

Nah, itulah perbandingan smartwatch terbaik antara Garmin Venu 2 dengan Apple Watch Series 6. Dari ulasan di atas, memang smartwatch Garmin cenderung lebih unggul di beberapa segi.Namun, apapun pilihan Anda tergantung pada kebutuhannya. Di sini yang paling penting ditekankan juga adalah, di mana Anda membeli smartwatch tersebut.

Sebaiknya, belilah di distributor resmi yang ada di Indonesia seperti Doran Gadget yang merupakan mitra resmi Garmin di Indonesia. Selain barang yang dijual asli, ada pula garansi khusus kepada pembeli. Anda juga berkesempatan mendapatkan harga terbaik saat promo tertentu. Informasi lebih lanjut dan up to date, silakan join di channel Telegram Doran Gadget dari smartphone Anda.

Artikel terkait:

×