Garmin Venu vs Venu 2 vs Venu 2s – Apa Bedanya?

garmin venu, harga jam garmin, smartwatch garmin, garmin watch (5)

Garmin WatchGarmin Venu akhirnya punya penerus. Tidak tanggung-tanggung, Garmin merilis 2 smartwatch baru sekaligus yaitu Venu 2 dan Venu 2S. Sekilas ketiganya terlihat sangat mirip, namun setelah fitur-fiturnya dilihat lebih dalam, ada beberapa perbedaan spesifik yang mungkin membuat Anda bingung harus pilih yang mana.

Artikel ini akan membedah fitur-fitur dan spesifikasi dari Garmin watch Venu, Venu 2, dan Venu 2S. Baca terus untuk menemukan pilihan terbaik buat Anda!

Harga

Sebelum membahas lebih jauh tentang spesifikasi ketiga smartwatch ini, Anda pasti ingin tahu berapa harga jam Garmin seri Venu, Venu 2, dan Venu 2S. Versi pertama Venu dirilis pada September 2019 dan dijual di Doran Gadget seharga Rp 6 jutaan.

Sedangkan harga jam garmin Venu 2 dan 2s yang baru saja diluncurkan pada April 2021 dibanderol dengan harga Rp 6 jutaan juga.

Spesifikasi Garmin Venu vs Venu 2 vs Venu 2S

Ini dia spesifikasi smartwatch garmin seri Venu, Venu 2, dan Venu 2S yang kayak masuk ke jajaran smartwatch terbaik di tahun 2021 ini.

SpesifikasiGarmin VenuGarmin Venu 2Garmin Venu 2S
Dimensi43.2 x 43.2 x 12.4mm45.4×45.4×12.2mm40.4×40.4×12.1mm
Berat46.3g49g38.2g
Layar
Layar 1.3″ AMOLED
390 x 390 piksel
Layar 1.3″ AMOLED
416 x 416 piksel
Layar 1.3″ AMOLED
360 x 360 piksel
SensorGPS, GLONASS, Galileo, pemantauan detak jantung Garmin Elevate, altimeter, kompas, giroskop, Pulse Ox, akselerometer, termometerGPS, GLONASS, Galileo, pemantauan detak jantung Garmin Elevate, altimeter, kompas, giroskop, Pulse Ox, akselerometer, termometer, ambient light sensorGPS, GLONASS, Galileo, pemantauan detak jantung Garmin Elevate, altimeter, kompas, giroskop, Pulse Ox, akselerometer, termometer, ambient light sensor
BateraiMode smartwatch: 5 hari
GPS dengan musik: 6 jam
GPS tanpa musik: 20 jam
Mode smartwatch: 11 hari
Mode hemat daya: 12 hari
GPS dengan musik: 8 jam
GPS tanpa musik: 22 jam
Mode smartwatch: 10 hari
Mode hemat daya: 11 hari
GPS dengan musik: 7 jam
GPS tanpa musik: 19 jam
KonektivitasBluetooth, ANT+, Wi-FiBluetooth, ANT+, Wi-FiBluetooth, ANT+, Wi-Fi
Water resistant5 ATM5 ATM5 ATM
NotifikasiAdaAdaAda
Garmin PayTidak AdaAdaAda
Penyimpanan Musik500 lagu2000 lagu650 lagu
On-Screen WorkoutTidak AdaAdaAda

Desain

garmin venu, harga jam garmin, smartwatch garmin, garmin watch (5)

Dari segi desain, Garmin Venu, Venu 2, dan Venu 2S memang sama persis. Bahan pembuatnya pun juga sama, hanya saja ukurannya jauh berbeda. Jika Venu hanya tersedia dalam 1 ukuran saja, maka Venu 2 tersedia dalam 2 ukuran yaitu 45mm dan 40mm. Versi ukuran yang lebih kecil inilah yang disebut Venu 2S. Perbedaan ukuran casing ini juga mempengaruhi beratnya, dimana semakin besar diameter case maka semakin besar pula beratnya.

Casing ketiga smartwatch ini terbuat dari polimer yang diperkuat serat dengan bezel pintar berbahan stainless steel. Strap standar jam tangan ini terbuat dari bahan silikon, namun jika Anda ingin mengganti band jam Garmin ini dengan model lain, tersedia strap yang dijual terpisah.

Ketiganya sudah dibekali dengan layar sentuh dan 2 tombol fisik di bagian sisinya untuk navigasi menu dan penggunaan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Layar

Sebagai produk Garmin watch premium, ketiga jam ini sudah dibekali dengan layar AMOLED beresolusi tinggi. Namun hanya Venu 2 saja yang memiliki mode always-on untuk menampilkan informasi penting seperti persentase baterai.

Kepadatan pikselnya juga tidak jauh berbeda antara ketiga jam Venu ini. Yang membedakan hanya variasi data dan informasi yang bisa ditampilkan sekaligus karena disesuaikan dengan luas layar.

Ketahanan Baterai

Salah satu peningkatan terbesar pada Garmin Venu 2 dan 2S dibandingkan seri sebelumnya adalah ketahanan baterai. Terutama Venu 2 yang daya tahan baterainya paling tinggi dibandingkan dengan dua seri yang lain.

Selain itu, Venu 2 dan 2S memiliki fitur mode hemat daya yang tidak ada pada seri Venu lama. Pada mode smartwatch biasa, Venu 2 bisa bertahan selama 11 hari sedangkan Venu 2S hanya berbeda sedikit saja, yaitu 10 hari. Ini meningkat 2 kali lipat dari seri Venu yang hanya bisa bertahan selama 5 hari saja.

Fitur Smartwatch

Semua seri Garmin watch kompatibel dengan perangkat iOS dan Android, tidak terkecuali ketiga seri Venu ini. Anda juga bisa mengunduh aplikasi tambahan lain melalui Garmin Connect IQ.

Smartwatch ini juga bisa menerima notifikasi pesan dan panggilan dari ponsel Anda. pengguna Android bahkan bisa mengirimkan pesan balasan dan menolak panggilan dengan pesan.

Baik Venu, Venu 2, atau Venu 2S sama-sama dibekali dengan penyimpanan musik, namun kapasitasnya jauh berbeda. Venu bisa menyimpan hingga 500 lagu, Venu 2S 650 lagu, dan Venu 2 paling unggul dengan 2000 lagu. 

Anda bisa mengontrol pemutaran musik di smartphone melalui jam ini juga streaming melalui Amazon Music dan Deezer yang bisa diunduh melalui Garmin Connect IQ.

Pelacakan Kesehatan

garmin venu, harga jam garmin, smartwatch garmin, garmin watch (5)

Seri Garmin Venu dikenal memiliki pelacakan kesehatan yang mumpuni. Ketiga jam Venu ini menyediakan mode olahraga yang hampir sama, namun Venu 2 memiliki fitur tambahan yaitu hiking, hill climbing, dan bouldering yang tidak ditemukan di Venu dan Venu 2S. Fitur Body Battery jam Garmin bisa Anda temukan semua seri Venu ini.

Venu 2 juga dilengkapi dengan “muscle maps” yang dapat menunjukkan kelompok otot mana yang sedang dilatih dan membantu Anda untuk merencanakan sesi latihan berikutnya dengan lebih detail. Anda juga bisa melakukan kustomisasi pada olahraga Anda.

Kompatibilitas ANT+ juga ada di ketiga smartwatch ini sehingga Anda bisa mensinkronisasi data dengan sensor eksternal seperti pemantauan detak jantung dan power meter sepeda. Jika Anda memasang aplikasi Garmin Golf pada ketiga jam ini, Anda bisa mengaktifkan mode golf juga.

Pilih yang Mana? Smartwatch Garmin Venu, Venu 2 , atau Venu 2S?

Dengan tampilan yang sangat mirip dan fitur-fitur yang hampir sama, tidak mengherankan kalau Anda bingung harus pilih yang mana. Apalagi harga jam Garmin seri Venu ini juga tidak jauh berbeda. 

Namun jika melihat ukurannya, mungkin Anda bisa menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. diameter Venu 2 adalah yang terbesar di antara ketiga jam ini, sementara ukuran Venu 2S yang lebih kecil diperuntukkan bagi wanita yang punya pergelangan tangan kecil juga.

Masalah fitur seperti kapasitas penyimpanan lagu dan ketahanan baterai juga harus diperhatikan. Jika Anda menggunakan smartwatch Garmin ini secara intens di luar ruangan, maka seri Venu 2 dan Venu 2S yang punya ketahanan baterai tangguh ini bisa jadi pilihan tepat buat Anda.

Mau tahu informasi lebih lengkap soal seri Garmin Venu dan info lain seputar gadget atau promo yang sedang berlangsung? Join sekarang juga di channel Telegram Doran Gadget!