Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 - FI

Garmin IndonesiaSejak diluncurkan pada bulan Agustus 2023 lalu, perbedaan mengenai Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 cukup banyak dicari para pengguna smartwatch. Khususnya para fans Garmin yang menginginkan smartwatch berdesain elegan dengan fitur olahraga dan kesehatan lengkap. Simak perbedaan keduanya yang telah dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2

Berikut perbedaan antara Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 dari segi spesifikasi secara umum yang perlu diketahui:

Spesifikasi Garmin Venu 3 Garmin Venu 2
Dimensi 45 x 45 x 12mm 45.40 x 45.40 x 12.20 mm
Bobot 47 gram 43 gram
Layar AMOLED Touchscreen
1.4 inci
454 x 454 pixel
AMOLED Touchscreen
1.3 inci
416 x 416 pixel
Proteksi Gorilla Glass 3 Gorilla Glass 3
Material Bezel Stainless steel Stainless steel
Material Case Fiber-reinforced polymer case Fiber-reinforced polymer case
Ukuran Strap 22mm /18mm (Quick release) 22mm /18mm (Quick release)
Navigasi GPS, All System GNSS GPS
Konektivitas Bluetooth, ANT+, Wi-Fi, NFC Bluetooth, ANT+, Wi-Fi, NFC
Sensor Garmin Elevate v5, SpO2, altimeter, compass, accelerometer, gyroscope, thermometer, ambient light Garmin Elevate v5, SpO2, altimeter, compass, accelerometer, gyroscope, thermometer, ambient light
Mic dan Speaker  Ya Tidak ada
Penyimpanan Musik 8GB 8GB
Garmin Pay Ya Ya
Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM
Ketahanan Baterai 14 hari 11 hari

Baca juga: Garmin Venu vs Venu 2 vs Venu 2s – Apa Bedanya?

Perbedaan Fitur dan Keunggulan

Hal lain yang bisa dilihat dari perbandingan kedua jam tangan terbaik Garmin ini adalah dari fitur-fitur unggulannya. Baik itu dari segi desain, baterai, fitur kesehatan dan olahraga, serta lainnya. Mengutip dari Trusted Reviews, Pocket Lint, dan Android Central berikut di antaranya:

1. Desain dan Penggunaan

Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 (2)
sc: CNET

Apabila dilihat dari segi desain, memang tidak ada perbedaan yang cukup mencolok. Kedunya memiliki ukuran terkecil untuk pengguna di seri Venu 3S berukuran  41 x 41 x 12mm dengan diameter 110 dan 175mm. Sedangkan dan Venu 2S ukurannya 40.4 x 40.4 x 12.1mm dengan ukuran diameter yang sama.

Material bezelnya terbuat dari stainless steel dan case dari fiber yang diperkuat polimer serta perlindungan dari Gorilla Glass 3. Ketahanan airnya mampu hingga 5ATM (50m). Pemasangan jadi lebih mudah berkat adanya quick release band 22mm untuk varian standar dan ukuran 18mm untuk seri Venu 2S dan Venu 3S.

Hal utama yang menjadi pembeda Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 adalah tombolnya. Pada Venu 3 terdapat tiga buah tombol di sisi kanan yang berfungsi untuk mengaktifkan speaker. Tentu, ini tidak ada pada Venu 2 standar dan hanya tersedia di seri Venu 2 Plus.

Baca juga: Spesifikasi Garmin Venu 3: Fitur, Harga, dan Keunggulan

2. Layar Smartwatch

Spesifikasi Garmin Venu 3 (1)
sc: Vietnam

Sama halnya seperti desain luar, layar jam tangan ini pun tidak memiliki perbedaan berarti. Hanya saja ukuran layarnya lebih besar karena bezel Venu 3 sedikit lebih kecil. Yakni 1.4 inci pada Venu 3 dan 1.3 inci di seri Venu 2. Sementara itu, untuk ukuran terkecil yakni 1.2 inci di Venu 3S dan khusus untuk Venu 2S memiliki ukuran layar 1.1 inci.

Perbedaan layar pada kedua jam tangan pun terlihat pada resolusinya. Garmin Venu 3 memiliki resolusi lebih besar yakni 454 x 454 pixel. Bandingkan dengan Garmin Venu 2 yang berada di angka 416 x 416. Lalu untuk seri yang terkecil atau Venu 3S resolusinya 390 x 390 pixel dan di Venu 2S memiliki resolusi 360 x 360 pixel.

Keduanya menggunakan tipe layar AMOLED yang membuatnya tetap terlihat lebih jernih walaupun berada di bawah terik matahari sekalipun. Termasuk pillihan mode always-on untuk penggunaan sehari-hari. Dengan bezel lebih kecil, dari segi desain Venu 3 terlihat lebih stylish.

3. Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 – Baterai

Spesifikasi Garmin Venu 3 (5)
sc: DC Rainmaker

Faktor lain yang menjadi pertimbangan Anda saat memilih mana yang cocok adalah dari segi baterai. Terlebih lagi jika Anda sering menggunakannya saat beraktivitas di luar ruangan. Adapun perbandingan baterai keduanya adalah sebagai berikut:

Mode Baterai Garmin Venu 3/3S Garmin Venu 2/2S
Mode Smartwacth 14 hari / 10 hari 11 hari / 10 hari
Layar Always-On 5 hari / 5 hari 2 hari / 2 hari
Hemat Daya 26 hari / 26 hari 12 hari / 11 hari
GPS Only 26 jam / 21 jam 22 jam / 19 jam
All System GNSS 20 jam / 15 jam
GPS dengan Musik 13 jam / 10 jam 8 jam / 7 jam
All System GNSS dengan Musik 11 jam / 8 jam

Sebagai catatan, ketahanan baterai jam tangan juga dipengaruhi mode yang Anda aktifkan. Semakin banyak mode yang dijalankan, maka beban kerja baterai ini juga semakin bertambah, sehingga berdampak pada ketahanan baterainya.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Fitur Pendukung

Spesifikasi Garmin Venu 3
sc: Garmin

Bicara mengenai fitur pendukung, terutama pemantau kesehatan dan olahraga hampir sama. Misalnya saja Body Battery, Heart Rate Monitoring, Stress Monitoring, Pemantau Saturasi Oksigen, Hydration Tracking dan lainnya. Termasuk beberapa mode olahraga unggulan seperti lari, berjalan, renang, sepeda, olahraga kebugaran, HIIT, dan masih banyak lagi.

Perbedaan fitur yang terlihat adalah adanya Voice Assistant yang bisa diaktifkan menggunakan tombol. Ini memang tidak ada di seri Venu 2 standar dan hanya ada di Venu 2 Plus. Dimana fitur ini bisa digunakan untuk pangilan, memutar musik, mengirim pesan, bertanya tentang kondisi cuaca dan mengontrol perangkat smarthome.

Lalu, ada update pada fitur pemantau tidur siang yang sebelumnya tidak ada di Venu 2. Begitu juga dengan mode khusus untuk pengguna kursi roda. Fungsinya adalah untuk mengukur dorongan dan memberikan peringatan untuk mengingatkan pengguna agar secara teratur mengubah posisi pengguna serta waktu pemulihan.

5. Harga di Pasaran

Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2
sc: Play Better

Terakhir adalah mengenai harga dari kedua jam tangan yang dipasarkan di Indonesia. Di distributor resminya, harga Garmin Venu 2 dibanderol mulai dari Rp6.4 jutaan. Termasuk untuk seri Garmin Venu 2S dengan harga yang sama.

Sedangkan Melansir dari laman resminya, jam tangan ini dibanderol seharga 449.99US$ atau setara dengan sekitar Rp6.8 jutaan (asumsi per 1US$ setara dengan Rp15.200-an). Harga tersebut sama untuk varian Garmin Venu 3 dan Garmin Venu 3S.

Dari pertimbangan harga ini, selisihnya memang tidak begitu besar. Namun, sekali lagi ini tergantung pada preferensi. Mengingat harga yang semakin tinggi berarti ada pula peningkatan fitur yang dimiliki. Sekadar catatan, harga mungkin saja bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mengecek harganya sebelum membeli.

Baca juga: Spesifikasi Garmin Venu 2 untuk Olahraga Anda

Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2: Mana yang Cocok untuk Anda?

Garmin Venu 3 vs Garmin Venu 2 (1)
sc: DC Rainmaker

Dalam menentukan mana yang cocok untuk Anda, ini memang relatif. Sebab, Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan. Jika memilih desain dengan layar lebih lebar dan baterai lebih lama, maka Garmin Venu 3 bisa Anda pilih. Apalagi di jam tangan ini beberapa fiturnya mengalami pengembangan. Mulai dari pemantau tidur siang, fitur variasi detak jantung (HRV), hingga mendukung bagi pengguna kursi roda.

Namun, jika pertimbangannya dari segi harga maka Garmin Venu 2 masih layak pilih. Walaupun fiturnya tidak begitu sebanyak Venu 3 seperti tidak adanya fitur voice assistant, di sisi lain fitur kesehatan dan olahraganya cukup unggul. Begitu pun baterainya bisa diandalkan untuk aktivitas olahraga.

Baca juga: Tips Memilih Smartwatch Garmin Sesuai Penggunaan

Penutup

Spesifikasi Garmin Venu 3 (3)
sc: Next Apple

Selain membeli sesuai dengan kebutuhan, pastikan Anda membeli di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjadi authorized partner Garmin Indonesia. Sebagai mitra resmi, kami juga dikenal membuka cabang di beberapa kota yakni Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, Garmin Bali, Garmin Manado, Garmin Bandung, dan Garmin Banjarmasin.

Produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menari untuk pembelian offline maupun online. Khusus untuk pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget Anda akan mendapatkan poin bonus yang bisa dikumpulkan ditukarkan dengan aksesoris gadget lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai produk hubungi admin kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

>