Spesifikasi Garmin Venu 3 - FI

Garmin Indonesia Akhir Agustus 2023 Garmin mengeluarkan seri Venu 3. Dimana jam tangan ini adalah generasi penerus dari Venu 2 yang sukses di pasaran sejak dirilis tahun 2021 lalu. Apa saja sejumlah pembaruan fitur untuk seri terbaru ini? Simak ulasan mengenai spesifikasi Garmin Venu 3 secara lengkap yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget.

Spesifikasi Garmin Venu 3 Secara Umum

Spesifikasi Garmin Venu 3 (4)
sc: Garmin

Jam tangan Garmin Venu 3 hadir dalam dua varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna, yakni varian standard dan Venu 3S. Berikut spesifikasinya secara umum:

Spesifikasi Garmin Venu 3 Garmin Venu 3S
Dimensi dan Bobot 45 x 45 x 12mm
22mm band
47 gram
41 x 41 x 12mm
22mm band
40 gram
Tipe Layar 1.34-inch AMOLED, optional always-on 1.2-inch AMOLED, optional always-on
Resolusi Layar 454 x 454 Pixel 390 x 390 Pixel
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 3 Corning Gorilla Glass 3
Layar Berwarna Ya Ya
Material Bezel Stainless Steel Stainless Steel
Material Case Fiber yang diperkuat polimer Fiber yang diperkuat polimer
Material Strap Silikon Silikon
Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM
Ketahanan Baterai Hingga 26 hari Hingga 20 hari
Sensor Garmin Elevate heart rate sensor, GPS, GLONASS, Galileo, Barometric altimeter, Compass, Gyroscope, Accelerometer, Thermometer, Ambient light sensor, Pulse ox blood oxygen saturation monitor Garmin Elevate heart rate sensor, GPS, GLONASS, Galileo, Barometric altimeter, Compass, Gyroscope, Accelerometer, Thermometer, Ambient light sensor, Pulse ox blood oxygen saturation monitor
Konektivitas Bluetooth, ANT+, Wi-Fi Bluetooth, ANT+, Wi-Fi
Kompatibilitas Android, iOS Android, iOS
Garmin Pay Ya Ya
Kapasitas Memori 8GB 8GB
Warna Silver bezel with Whitestone case
Slate bezel with Black case
Soft Gold bezel with French Gray, Dust Rose, or Ivory case
Silver bezel Sage Gray case
Slate bezel with Pebble Gray case

Baca juga: 5+ Tips Memilih Smartwatch Garmin Sesuai Penggunaan

Keunggulan dan Fitur Garmin Venu 3

Spesifikasi Garmin Venu 3 juga bisa dilihat dari fitur-fitur yang dimilikinya. Mulai dari fitur pemantau kesehatan dan olahraga, fitur pendukung lainnya. Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber seperti DC Rainmaker, Android Authority, dan Tech Radar, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Spesifikasi Garmin Venu 3 (2)
sc: Garmin

Pertama adalah di sektor desainnya. Jam tangan ini memang tidaklah jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Yakni memiliki tiga buah tombol untuk pengaturan mode. Di sisi lain, smartwatch memiliki fitur touchscreen yang mulus untuk penggunaan lebih mudah. Baik saat olahraga maupun memantau kesehatan.

Untuk ukurannya, tersedia dalam dua varian yakni 41mm dan 45mm. Model yang lebih kecil memiliki bebeapa pilihan warna stylish seperti bezel Soft Gold dengan casing Ivory, French Gray, atau Dust Rose, bezel Silver dengan casing Sage Gray, atau bezel Slate dengan casing Pebble Gray. Sedangkan untuk ukuran 45mm hadir dalam warna  Silver dengan casing Whitestone atau Slate dengan casing Black.

Beralih ke layarnya, Garmin Venu 3 menggunakan tipe AMOLED. Semakin nyaman lagi berkat adanya perlindungan layar yang menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Case-nya menggunakan bahan stainless steel dan bezelnya terbuat dari bahan fiber yang diperkuat dengan polimer.

Baca juga: Perbandingan Venu 2 Plus vs Venu 2 vs Venu 2S, Apa Saja Perbedaannya?

2. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Spesifikasi Garmin Venu 3
sc: Garmin

Berikutnya adalah dari segi fitur kesehatan dan olahraga yang dimilikinya. Di sini ada sekitar 30 lebih mode olahraga dan akan banyak lagi saat dihubungkan dengan aplikasi Garmin Connect hingga 1.600 latihan. Beberapa yang utama di antaranya adalah olahraga kekuatan, HIIT, pilates, dan yoga. Termasuk untuk olahraga lari dan sepeda.

Garmin juga memperbarui fitur Sleep Coach untuk memantau tidur lebih berkualitas berdasarkan PulseOx dan HRV. Lalu, juga ditambahkan fitur Nap Detection untuk mencatat tidur siang secara otomatis dan memberikan saran mengenai durasi hingga manfaatnya.

Salah satu yang signifikan adalah adanya fitur Wheelchair Mode. Fungsinya adalah untuk memonitor mengenai peringatan perubahan berat badan, aplikasi olahraga dan latihan khusus bagi para pengguna kursi roda. Fitur ini juga dilengkapi dengan algoritma yang telah disesuaikan untuk meningkatkan pengalaman kesehatan dan pemantauan kesehatan terbaik untuk Anda.

3. Spesifikasi Garmin Venu 3 – Ketahanan Baterai

Spesifikasi Garmin Venu 3 (5)
sc: DC Rainmaker

Mengenai baterai memang menjadi pertimbangan bagi para pembeli untuk aktivitas sehari-hari. Meski begitu, kedua varian Garmin Venu 3 ini berbeda mengenai ketahanan baterainya. Di sini Garmin Venu 3 memiliki ketahanan baterai yang lebih unggul dibandingkan Venu 3S. Selengkapnya di tabel bawah ini:

Mode Baterai Garmin Venu 3 Garmin Venu 3S
Smartwatch 14 hari (5 hari dengan mode always-on aktif) 10 hari (5 hari dengan mode always-on aktif)
Hemat Daya Hingga 26 hari Hingga 20 hari
Semua sistem GNSS aktif plus musik Hingga 11 jam Hingga 7 jam

Sebagai catatan, ketahanan baterai ini bisa saja berubah tergantung pada sejauh mana Anda mengaktifkan beberapa fitur atau mode secara bersamaan. Sehingga membuat beban kerja baterai smartphone menjadi lebih besar dan berpengaruh pada lama lama waktu pemakaian.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Fitur Pendukung Lainnya

Spesifikasi Garmin Venu 3 (1)
sc: Vietnam

Keunggulan Garmin Venu 3 lainnya pun cukup beragam. Mulai dari adanya Garmin Pay yang bisa digunakan di beberapa regional, Smart Notification, dan fitur keselamatan. Begitu juga dengan penyimpanan untuk musik. Bahkan, saat Anda menggunakan smartphone Android dapat melihat foto yang dikirim secara langsung di layar smartwatch.

Font tulisan di jam tangan ini bisa dipilih sesuai kebutuhan, baik font dengan ukuran besar maupun kecil untuk memudahkan Anda. Selain itu terhubung dengan Garmin Connect dan Connect IQ Store. Kemudian, dari segi ketahanannya juga unggul berkat ketahanan air 5ATM. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk berenang hingga kedalaman 50 meter sekalipun.

Untuk navigasinya juga cukup unggul. Sebab, Garmin telah menyempurnakannya dengan pembaruan sistem menggunakan multi-GNSS namun belum menggunakan sistem multi-band. Pembaruan ini juga akan berdampak pada tingkat akurasi yang lebih baik. Apalagi didukung dengan sensor Garmin Elevate V5 yang membuat pemantauan olahraga dan kesehatan semakin akurat.

5.  Harga Garmin Venu 3

Spesifikasi Garmin Venu 3 (3)
sc: Next Apple

Terakhir yakni dari segi harga Garmin Venu 3. Melansir dari laman resminya, jam tangan ini dibanderol seharga 449.99US$ atau setara dengan sekitar Rp6.8 jutaan (asumsi per 1US$ setara dengan Rp15.200-an). Harga tersebut sama untuk varian Garmin Venu 3 dan Garmin Venu 3S.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut bisa saja sedikit mengalami perubahan untuk penjualan di tanah air maupun tingkat distributor lokal. Hal itu dikarenakan adanya pajak barang impor yang masuk ke Indonesia sehingga berpengaruh pada harga pasaran. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mengecek harganya sebelum membeli apabila terjadi perubahan sewaktu-waktu.

Baca juga: Bisa Buat Telepon, Ini Spesifikasi Garmin Venu 2 Plus

Beli Jam Garmin Terbaik di Doran Gadget

Spesifikasi Garmin Venu 3 (6)
sc: Garmin

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika Garmin Venu 3 memiliki spesifikasi yang unggul berkat pembaruan yang dimilikinya. Terlebih lagi sangat ramah bagi pengguna dengan kebutuhan khusus untuk memantau kesehatan selama berada di kursi roda. Termasuk ketahanan baterai yang cukup unggul saat digunakan sehari-hari.

Kini, Anda bisa mendapatkan jam tangan Garmin terbaik hanya di Doran Gadget. Sebagai authorized dealer Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin Banjarmasin dan Garmin Manado,  kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu dapatkan  pula promo menarik dan pembelian yang mudah, cepat, dan nyaman untuk pembelian di store, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan konsultasi, hubungi WhatsApp admin kami.

Artikel terkait:

×